Jenis Pekerjaan Part Time yang Wajib Kamu Coba, Berminat?

jenis part time

Lagi BU atau memang sedang mencari tambahan untuk menabung? Nah part-time bisa jadi solusi untuk kamu nih! Nggak heran kalau pekerjaan part-time banyak banget peminatnya. Jenis pekerjaan part-time atau kerja paruh waktu ini membuat kamu tidak perlu bekerja secara full seperti pekerja pada umumnya. Kamu hanya perlu bekerja beberapa jam atau sesuai dengan waktu yang telah disepakati.

Salah satu keunggulan bekerja part-time adalah fleksibilitas waktu yang tinggi. Dengan begitu kamu bisa menjalankan tugas utamamu yang lain, seperti berkuliah atau bekerja full-time.

Nah, jika kamu berniat untuk bekerja part-time namun bingung menemukan jenis pekerjaan yang cocok, berikut EKRUTES.ID akan berikan kamu informasi jenis-jenis part-time yang bisa kamu pilih. Yuk, di simak!

Apa saja jenis pekerjaan part-time?

Ketika kamu memilih pekerjaan part-time, berikut beberapa jenis part-time yang bisa kamu lakukan:

1. Desain

Jika kamu tertarik dengan dunia desain atau tengah belajar pada jurusan tersebut, kamu bisa mencoba untuk memulai pekerjaan sebagai desainer part-time.

Kamu bisa mulai dengan membuka jasa desain logo, gambar animasi, CV ataupun website untuk bisnis. Agar kemampuanmu bisa dipercayai oleh calon klien, cobalah untuk membuat portofolio hasil karya desainmu.

Setelah portofolio desainmu siap, kamu bisa dengan mudah untuk langsung mencari lowongan part time di media sosial. Tak hanya itu, kamu juga bisa menawarkan portofoliomu secara langsung kepada calon klien.

2. Freelance writer

Perkembangan media sosial untuk bisnis perusahaan saat ini, turut membuka banyak peluang bagi kamu yang suka menulis untuk website perusahaan ataupun caption media sosial.

Kamu bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bekerja part-time atau menjadi seorang freelance writer. Namun, penting bagi kamu untuk menyusun hasil tulisanmu sebagai portofolio sebelum kamu menerima sebuah projek.

Jika kamu telah mantap untuk menjadi seorang freelance writer, kamu dapat mencari berbagai informasi pekerjaan tersebut dari website khusus freelancer atau melalui lowongan pekerjaan di EKRUTES.ID.

3. Barista

Fenomena coffe shop tengah hits di berbagai daerah. Tak heran jika lowongan pekerjaan sebagai barista tengah banyak diminati oleh para anak muda. Kamu dapat memilih untuk mendaftarkan diri sebagai seorang part-timer atau full-time barista.

Jika kamu tertarik untuk  bekerja part-time sebagai barista, kamu dapat mencoba untuk bertanya langsung ke pada pegawai coffe shop tersebut, apakah tersedia lowongan barista part-time atau tidak.

Selain itu, kamu juga dapat mencari info lowongan part-time melalui media sosial coffe shop tersebut atau cek di aplikasi EKRUTES.ID. Karena akan banyak lowongan pekerjaan yang bisa kamu dapatkan dari berbagai perusahaan ternama.

4. Fotografer

Fotografer merupakan salah satu pekerjaan part-time yang bisa kamu pilih. Terlebih jika kamu memiliki alat yang mendukung pekerjaan ini, tentunya akan semakin mudah bagi kamu untuk mendapatkan penawaran pekerjaan sebagai fotografer.

Kamu dapat memulai dengan projek-projek fotografer di acara keluarga atau kerabat terdekat. Hasil dari projekmu tersebut, bisa kamu jadikan portofoliomu untuk diberikan ke pada calon klien.

Dunia fotografer saat ini memang begitu menjanjikan, hal ini karena saat ini banyak orang yang senang membagikan momen bahagianya di media sosial pribadi. Sehingga, kamu bisa lebih mudah untuk mendapatkan banyak klien.

5. Translator

Pekerjaan part-time sebagai translator tengah menjadi hits belakangan ini. Sehingga, membuka peluang bagi para mahasiswa bahasa asing untuk membuka jasa translator.

Kamu dapat memulai jasamu dengan bekerja sama dengan teman atau dosen yang membutuhkan jasa penerjemahan.

Biasanya, para translator hanya menerjemahkan file berupa dokumen. Namun, tidak menutup kemungkinan jika kamu diminta untuk menjadi translator pembicara, ketika terdapat pertemuan dengan tamu atau klien asing perusahaan.

Kamu bisa mencari calon klien secara online atau di beberapa situs khusus untuk menawarkan jasa freelancer. Jika kamu tertarik menjadi seorang translator, penting bagi kamu menjadi anggota Himpunan Penerjemah Indonesia.

Nah, itulah jenis pekerjaan part-time yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan uang tambahan. Jika kamu tertarik dengan salah satu bidang di atas, pikirkan secara bijak terkait pekerjaan part-time yang akan kamu jalani.

Salah satunya mengenai pendapatan yang akan di dapatkan. Hal ini karena pendapatan yang akan kamu dapatkan dari bekerja part-time pastinya berbeda dengan full-time. Pendapatan dari pekerja part-time dihitung dari jam ia bekerja atau beberapa klien yang kamu dapatkan.

Yuk, download aplikasi EKRUTES.ID untuk mendapatkan berbagai informasi terbaru terkait lowongan pekerjaan part-time, full-time, atau internship dari berbagai perusahaan ternama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *