Kamu Gen Z? Berikut 5 Tips Ketika Ingin Memulai Karier

gen z

Gen Z adalah sebutan yang biasa digunakan untuk anak muda yang lahir di tahun 1997–2000-an. Gen Z sering dianggap sebagai generasi muda yang tidak dapat lepas dari gadget dan internet, banyak yang berpendapat bahwa Gen Z menyukai cara instan untuk sukses dan tidak sabar untuk melalui sebuah proses terutama di dunia karier. Tenang, artikel ini akan membahas tips karier untuk Gen Z yang mudah untuk dipraktekkan.

Saat ini banyak loh Gen Z yang telah memasuki dunia kerja, karena dianggap masih muda terkadang beberapa hal seperti pandangan, ide, skill, bahkan masukan yang diberikan oleh mereka untuk perusahaan juga masih sering dianggap sebelah mata.

Terlepas dari hal tersebut, Gen Z sendiri merupakan generasi penerus jika terjadi proses regenerasi pada perusahaan. Oleh karena itu, para Gen Z tentunya akan memiliki ide-ide baru yang fresh dan kreatif untuk menjadi masukan bagi perusahaan dalam menjalankan bisnis yang lebih maju lagi. Sehingga perlu untuk para generasi sebelumnya menghilangkan stigma buruk mengenai Gen Z terutama dalam bekerja.

Nah bagi kamu yang merupakan Gen Z, berikut EKRUTES.ID akan berikan kamu lima tips karier untuk Gen Z yang bisa dilakukan sebelum memulai karir. Yuk, disimak bersama!

5 Tips karier untuk Gen Z yang mudah dipraktekkan

Sebelum memulai sebuah karier, seorang Gen Z tentu memiliki karakter tersendiri ketika memulai karir. Sehingga mereka juga memiliki kesempatan yang sama untuk menciptakan ide atau kegiatan yang positif bagi masa depan perusahaan. Dilansir dari halaman Forbes, berikut tips karier untuk Gen Z agar meraih karier yang cemerlang.

1. Melakukan evaluasi

Tips karier untuk Gen Z yang pertama adalah evaluasi. Penting bagi para Gen Z untuk melakukan evaluasi terkait tujuan dalam berkarir. Hal ini karena para Gen Z memiliki kekhawatiran yang lebih besar akan masa depan, khususnya mengenai dunia kerja. Kekhawatiran ini yang sering membuat Gen Z lebih cepat untuk berubah pikiran dalam mencari pekerjaan lain atau pada berpindah bidang lain. Sehingga, generasi ini sering dianggap kurang loyal kepada perusahaan dan dianggap remeh.

Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk melakukan evaluasi mengenai hal apa yang kalian ingin capai dalam berkarier. Selain itu, tentukan kebahagian yang ingin dirasakan sesuai dengan tujuan karier yang akan dilakukan ke depan. Mulailah dengan belajar memperdalam skill pada posisi yang diinginkan agar mengetahui minat dan meningkatkan rasa percaya diri.

2. Belajar berkomunikasi

Dalam dunia kerja, kamu tidak mungkin bekerja sendiri, akan ada banyak orang yang menjadi rekan kerjamu. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk belajar berkomunikasi dengan baik dengan orang baru. Hal ini berguna untuk kamu dalam menjalin relasi dengan rekan kerja dan membangun keakraban untuk kerjasama tim.

Selain itu, hal yang memiliki pengaruh besar bagi Gen Z adalah budaya kerja perusahaan. Tak sedikit Gen Z yang resign bahkan ketika baru bekerja dalam sebuah perusahaan karena merasa tak cocok dengan lingkungan kerja tersebut. Sehingga penting bagi para Gen Z untuk memikirkan lingkungan kerja seperti apa yang akan dihadapi, sehingga dapat menyiapkan diri lebih baik lagi. Komunikasi adalah tips karier untuk Gen Z yang penting kamu implementasikan.

3. Memperdalam skill

Para Gen Z khususnya yang merupakan fresh graduate, pasti sering merasa bingung terkait bidang apa yang ingin diperdalam. Hal ini karena kebanyakan generasi muda belum mempersiapkan diri dengan baik, sebelum memutuskan ingin bekerja di bidang mana. Oleh karena itu, cobalah untuk mulai memperdalam skill sebelum benar-benar memantapkan diri untuk memulai karier.

Kalian bisa mengikuti berbagai kelas pelatihan kerja yang saat ini banyak dibuka oleh berbagai Lembaga Course. Kamu juga dapat memilih ingin mengikuti kelas gratis atau kelas berbayar, biasanya di kelas tersebut kamu akan diberikan praktek yang dapat kamu gunakan sebagai portofolio untuk melamar pekerjaan ke depannya.

4. Bersikap terbuka pada rekan kerja

Saat bekerja di sebuah perusahaan, mulailah untuk bersikap terbuka dengan rekan kerja. Kamu dapat mulai untuk bersikap terbuka untuk menerima berbagai jenis kelompok dari berbagai generasi. Dengan bersikap terbuka, kamu akan lebih mudah untuk berkenalan dan menjalin relasi baik dengan orang-orang yang berada di perusahaan tersebut.

Ketika kamu menunjukan sikap terbuka dengan rekan kantor, mereka bisa saja memberikan masukan dan nasihat yang baik untukmu mengenai dunia kerja. Sehingga kamu akan mendapatkan insight baru dan memiliki kesempatan untuk bekerjasama pada suatu projek dalam perusahaan. Dengan begitu kamu juga dapat membangun sebuah tim yang solid dalam bekerjasama.

5. Berani menerima kritik

Bagi para Gen Z, pasti terkadang sulit untuk menerima kritik terlebih bagi para fresh graduate yang baru memasuki dunia kerja. Sehingga, tak jarang para Gen Z sering dipanggil menjadi generasi yang mudah tersinggung dengan kritikan. Padahal kritikan merupakan saran yang dapat membangun bagi kariermu di masa yang akan mendatang.

Oleh karena itu, mulailah untuk memiliki sikap lapang dada ketika kamu mendapatkan kritikan jika kamu melakukan kesalahan saat bekerja. Mulailah untuk berpikir, bahwa kamu sedang menerima nasihat untuk menjadi bahan evaluasi dalam bekerja. Setelah itu, lakukan evaluasi tersebut agar tidak melakukan kesalahan yang sama kedua kalinya.

Perlu untuk diingat oleh para Gen Z bahwa tak masalah untuk salah ketika melakukan pekerjaan, namun bersikaplah lapang dada ketika kamu menerima kritikan terkait kinerjamu dalam perusahaan dan lakukan evaluasi terkait hal tersebut untuk ke depannya.

Nah, itulah lima tips karier untuk Gen Z yang ingin memulai kareir. Bagi kalian para Gen Z yang tengah bersiap membangun karir, mulailah untuk megevaluasi hal apa saja yang diperlukan sebelum masuk dalam dunia kerja ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *