Tanda – tanda Kamu Bakal Keterima Kerja

Seringkali kita merasa di ghosting oleh Human Resources (HR) setelah proses rekrutmen. Banyak sekali pertanyaan yang muncul mengapa mereka sangat terlihat antusias didepan, namun ujung-ujungnya justru mengirimkan surat penolakan. Adakah tanda-tanda yang memperlihatkan bahwa HR tertarik dengan kita?

Baca Juga : Ini Cara Menceritakan Pengalaman Kerja Saat Interview

Sebenarnya ketika HR memulai rangkaian tes rekrutmen, mereka akan berusaha menampilkan respon yang netral untuk semua kandidat. Hal ini bertujuan agar semua kandidat merasa nyaman ketika mengikuti seluruh rangkaian proses rekrutmen tanpa perlu memikirkan judgement dari HR. Namun, bagaimanapun HR juga manusia. Mereka terkadang tanpa sengaja juga bisa menunjukkan ketertarikannya terhadap kandidat. Nah… jika kamu melihat tanda-tanda ini, bisa jadi kamu memang sedang dilirik oleh HR loh!

unsplash.com
1. Durasi Interview Cukup Lama

Hal ini merupakan tanda yang paling mudah kamu lihat. Jika HR tertarik dengan kamu biasanya mereka akan cenderung berusaha menggali banyak informasi tentang kamu. Mereka akan mengajakmu untuk ngobrol dan diskusi tentang latar belakangmu, pengalaman, dan pribadimu. Antusiasme ini yang membuat durasi interview menjadi cukup lama dari biasanya. Kamu bisa memperhatikan bagaimana perbedaan durasi waktu interview kandidat lain dengan kamu.

2. Dinamika Interview

Terkadang interview kerja di setting dalam keadaan yang formal, kaku, dan terarah. Hal ini memang wajar. Namun, jika HR tertarik denganmu biasanya mereka akan membawa dinamika interview menjadi lebih santai. Mereka justru akan melemparkan beberapa studi kasus dilapangan yang menunjukkan keterbukaan mereka akan persoalan dilapangan dan mengharapkan diskusi denganmu.

3. Memuji Profilmu

Tanda-tanda lain bahwa HR tertarik denganmu adalah mereka memuji profilmu seperti latar belakang, pengalaman, atau prestasimu. Pujian yang mereka sampaikan berarti profilmu cocok dengan kebutuhan yang sedang mereka cari. Nah… kalau sudah begini, kamu harus bisa menyampaikan profilmu secara jelas dan komprehensif agar mereka juga menjadi lebih yakin. Sampaikan bagaimana kamu bisa mendapatkan pengalaman tersebut dan bagaimana perjuanganmu untuk mencapai target atau goalsmu.

unsplash.com
4. Menjelaskan Proses Interview

Mungkin semua kandidat akan diinfokan oleh HR terkait proses rekrutmen apa saja yang akan mereka lalui. Namun, apabila HR tertarik denganmu biasanya mereka akan menjelaskan secara detail rangkaian proses interview yang akan kamu lalui. Mereka juga menanyakan kapan kamu dapat bergabung dengan mereka secepatnya. Bahkan mereka tidak segan untuk memberikan informasi terkait profil yang akan memproses kamu ditahap selanjutnya.

5. Diskusi Gaji dan Benefit

Tahap diskusi seputar gaji adalah hal yang umum, namun apabila pada tahap interview tersebut sudah sampai tahap negosiasi gaji bisa jadi itu tanda kamu bakalan diterima loh! Selain itu, pada tahap awal interview  biasanya jarang sekali membuka obrolan seputar benefit, tapi kalau HR justru memberikan info benefit terlebih dahulu ke kamu maka tandanya mereka tertarik denganmu. Mereka memberikan info benefit ini juga semacam daya jual buat kandidat agar mau bergabung di perusahaan.

Kurang lebih seperti itulah tanda-tanda ketika HR mulai tertarik denganmu saat proses rekrutmen. Intinya persiapkan diri secara maksimal untuk proses rekrutmen karena semua usaha dan doa akan membawamu ke tempat kerja paling baik.

Info seputar lowongan kerja terbaru, tips pengembangan diri dan psikotes online gratis kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.