Mau Bekerja di Startup? ini 5 Tips yang Wajib Kamu Ketahui!

Bekerja di startup

Bekerja di startup menjadi pilihan bagi para jobseeker, terutama jika kamu adalah fresh graduate atau lulusan baru yang ingin mencari pengalaman kerja. Sehingga bekerja di startup dapat menjadi pilihan untuk mengembangkan skill yang kamu miliki, khususnya dalam dunia kerja.

Berbagai tantangan dapat kamu temukan ketika bekerja di startup, salah satunya terkait job desc yang harus kamu jalani sehari-hari. Selain itu, bekerja di startup juga dapat membuat kamu memberikan ide baru untuk keberlangsungan perusahaan ke depan agar semakin maju.

Tetapi, ternyata masih banyak dari kalian para jobseeker yang kurang mengetahui apa itu startup. Oleh karena itu, EKRUTES.ID akan memberikan kamu informasi seputar startup dan tips sukses bekerja di startup. Yuk, di simak!

Apa sih startup?

Dikutip melalui Investopedia, startup merupakan istilah untuk perusahaan yang tengah berada pada tahap awal perintisannya. Biasanya, startup dirintis oleh para wirausahawan yang memiliki modal untuk mengembangkan suatu produk atau layanan yang memiliki nilai jual unik atau berbeda dari produk lainnya di pasaran.

Perusahaan startup biasanya dimulai dengan biaya yang tinggi, namun memiliki pendapatan yang terbatas. Sehingga, perusahaan biasanya akan mencari dana dari berbagai investor untuk menjadi modal utama dalam menjalankan bisnis tersebut. Investor pendanaan ini biasanya dapat dari beberapa pihak terdekat founder startup seperti keluarga, teman, serta investor perusahaan inti.

Biasanya, perusahaan yang berstatus startup akan menggunakan modal awal yang dimilikinya untuk membuat investasi penelitian dan mengembangkan rencana bisnis ke depannya. Perusahaan startup juga wajib melakukan riset pasar untuk menentukan permintaan produk yang dibutuhkan oleh pasar.

Hal ini berguna sebagai rencana bisnis yang komperhensif untuk menguraikan visi, misi, dan tujuan perusahaan. Sehingga riset pasar tersebut dapat menjadi strategi manajemen untuk perusahaan dalam melakukan pemasaran produk.

Tips yang harus kamu lakukan untuk sukses di startup

Untuk dapat berkarir sukses di startup, kamu bisa lakukan 5 tips ini berikut:

1. Mampu bekerja lebih dari satu job desc

Ketika kamu bekerja di startup, penting bagi kamu untuk menjadi pekerja yang multitasking dalam menjalani profesi. Oleh karena itu, wajib bagi kamu untuk dapat merangkap job desc sebuah pekerjaan. Misalkan kamu menjabat sebagai graphic desaigner, tapi kamu juga perlu menjalani job desc sebagai admin media sosial perusahaan.

Jika dilihat memang melelahkan, namun ketika kamu menjalaninya dengan baik maka hal tersebut dapat menjadi pengalaman baru untuk kamu. Selain itu, kamu juga akan mendapat pengalaman kerja baru untuk modal karir ke depannya.

2. Berpikir kreatif

Dalam dunia startup, memiliki pemikiran yang kreatif penting untuk dimiliki. Hal ini karena ketika kamu bekerja di startup, kamu harus mampu untuk memberikan ide-ide baru yang berguna untuk kemajuan perusahaan.

Oleh karena itu, jika kamu menginginkan karir yang mulus di perusahaan startup mulailah dengan melatih pemikiran kreatif. Terutama jika kamu bekerja pada bagian kreatif pada bidang industri, jangan ragu untuk memberikan ide-ide baru yang kreatif.

3. Bangun networking yang luas

Suksesnya perusahaan ditentukan dari luasnya koneksi yang dimiliki oleh karyawannya. Oleh karena itu, bangunlah networking seluas mungkin dengan pihak yang akan memberikan keuntungan pada keberlangsungan perusahaan.

Penting bagi kamu ketahui, membangun koneksi dengan sosok besar seperti investor akan berguna bagi kesuksesan startup khususnya dalam pendanaan. Semakin banyak investor yang kamu dapatkan, maka kamu tidak perlu khawatir dengan posisimu dalam perusahaan semakin aman.

4. Peka dengan data

Data merupakan hal penting yang berkaitan dengan operasional pekerjaan, sehingga penting bagi kamu untuk detail pada data yang berkaitan dengan oprasional perusahaan. Seperti data yang berkaitan dengan saham perusahaan.

Selain itu, ketika bekerja di startup kamu juga penting melihat data yang berhubungan dengan administrasi perusahaan, khusunya dalam pengaturan keuangan, montly report, dan data lainnya.

5. Terus belajar

Ketika kamu bekerja di segala jenis perusahaan, teruslah belajar hal baru. Hal ini berguna untuk perkembangan diri kamu ke depannya. Belajar sendiri bukan hanya bisa kamu lakukan ketika berada di pendidikan formal, kamu dapat belajar pada perusahaan tempat kamu bekerja dengan mengumulkan informasi yang berkaitan dnegan posisi kerjamu.

Dengan memiliki wawasan yang luas, tentu dapat membantu kamu agar dapat berkembang dan memberikan kemampuan yang terbaik ketika kamu bekerja di startup atau di perusahaan lainnya.

Nah, itu dia 5 tips yang dapat kamu lakukan ketika bekerja di startup. Jika kamu tertarik bekerja di startup, yuk mulai dengan memberikan skill dan ide kreatif  terbaik yang kamu miliki agar karirmu semakin cerah ke depannya. Bagi kamu yang ingin bekerja, yuk ikutan Virtual Online Job Fair EKRUTES.ID, akan banyak perusahaan dengan berbagai posisi yang dapat kamu lamar. Jangan sampai kelewatan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *