Manfaat Work From Anywhere

Maraknya slogan adaptasi baru setelah pandemi covid-19 melanda, kini banyak sekali perusahaan yang juga menerapkan adaptasi baru terkait dengan peraturan ataupun budaya perusahaan. Salah satu inovasi perusahaan dalam adaptasi baru ini adalah menerapkan sistem kerja Work From Anywhere (WFA).

Baca Juga : Ini Tandanya Kalau Kamu Keterima Kerja

Work Form Anywhere merupakan sistem kerja yang bisa dilakukan dari mana saja. Dengan begitu, karyawan dapat bekerja remote tanpa wajib datang ke kantor. Perusahaan yang menerapkan sistem ini membebaskan karyawan untuk bisa bekerja dari rumah, workspace, kafe, dll. Lalu, jika sistem bekerja perusahaan berubah menjadi WFA, adakah manfaat yang bisa didapatkan?

unsplash.com
1. Hemat Biaya

Percaya nggak kalau sistem WFA mampu menekan pengeluaran biaya bagi perusahaan maupun karyawan? Jika perusahaan menerapkan WFA maka, mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk fasilitas kerja seperti WiFi dan catering makan siang. Selain itu, jika kamu sebagai karyawan menerapkan WFA maka, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi atau bensin untuk ke kantor. Lumayan menekan pengeluaran biaya bulanan kan?

2. Kerja Fleksibel

Dengan adanya sistem WFA, kamu sebagai karyawan memiliki keleluasaan dalam mengatur produktivitas dan jam kerja. Ketika bekerja dari kantor, kamu harus bekerja dari jam 8 hingga jam 5 sore dan istirahat di jam 12 siang. Sedangkan ketika WFA, kamu bisa leluasa memulai dan mengakhiri jam kerjamu tergantung banyak atau sedikitnya kerjaan kamu saat itu. Bisa jadi kerjaan kamu dapat diselesaikan hanya dalam waktu 5 jam, maka sisa waktu yang ada dapat kamu gunakan untuk keperluan pribadimu seperti berkumpul bersama keluarga, melakukan hobi, dll.

unsplash.com
3. Meningkatkan Kepuasan Kerja

Dilansir dari artikel Harvard Business Review yang berjudul “Our Work From Anywhere Future” sistem Work From Home atau Work From Anywhere terbukti dapat meningkatkan produktivitas sebesar 22%. Meningkatnya produktivitas pekerja berarti meningkat juga kepuasan kerja karena mampu menyelesaikan pekerjaan lebih baik dan lebih cepat.

4. Koordinasi Mudah Dilakukan

Kata siapa WFA membuat koordinasi department menjadi sulit dilakukan? Justru dengan sistem WFA, koordinasi menjadi lebih mudah dilakukan. Kamu dan tim bisa mengatur waktu meeting yang disesuaikan dengan jadwal kalian masing – masing. Bahkan, kamu juga bisa meeting darimana saja bersama dengan tim. Nggak harus di kantor, nggak harus tatap muka. Memudahkan banget.

unsplash.com
5. Work Life Balance

Ini adalah cita-cita semua orang. Bekerja dengan sistem WFA membantu kamu mencapai work life balance. Ketika bekerja dengan sistem WFA, kamu bisa mengatur jam kerja dan produktivitas kinerjamu. Kamu juga bisa bekerja sembari melakukan beberapa hal seperti menjaga anak dirumah, berkumpul bersama keluarga, atau melakukan hobimu. Nggak perlu lagi memikirkan berapa jam waktu tempuh untuk bisa segera sampai rumah, dll.

Tentu ketika perusahaan menerapkan sistem Work From Anywhere (WFA) maka mereka sudah mempertimbangkan banyak faktor. Tidak semua perusahaan atau posisi dapat menerapkan sistem ini. Tetapi apapun sistemnya, usahakan untuk menjaga keproduktivitasan kerja ya.

Info seputar lowongan kerja terbaru, tips pengembangan diri dan psikotes online gratis kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.