Pernah Merasakan 8 Tanda-Tanda ini? Segera Ajukan Resign!

8 tanda resign

Jika kamu merupakan seorang pekerja, pasti sering merasa ingin resign dari kantor tempat kita bekerja. Terlebih jika kamu sudah merasa tidak cocok dengan lingkungan atau tugas pekerjaan, dan mulai merasakan keinginan untuk resign. Namun, kamu masih merasa ragu untuk mengajukan permintaan tersebut kepada perusahaan.

Hal ini biasanya terjadi karena seorang pekerja belum mendapatkan pekerjaan baru, sehingga merasa ragu untuk meninggalkan kantor lamanya. Namun, jika kamu sudah merasakan 6 tanda-tanda yang akan EKRUTES.ID informasikan berikut ini, artinya kalian sudah harus benar-benar mulai memikirkan untuk resign. Apa saja tandanya? Yuk, di simak.

6 Tanda-tanda karyawan harus resign

1. Mulai menunda pekerjaan

Jika kamu pekerja yang mulai merasa ingin menunda pekerjaan padahal tengah menumpuk, itu mungkin salah satu tanda jika kalian tengah merasa burnout dengan pekerjaan kalian sehari-hari. Burnout mungkin merupakan hal yang lumrah terjadi kepada pekerja, namun jika hal ini terus-menerus terjadi bisa jadi hal tersebut merupakan tanda bahwa kamu sudah tidak menyukai pekerjaan itu lagi.

Sehingga, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda kamu harus segera meninggalkan kantormu dan mulai mencari pekerjaan baru. Namun, ada baiknya sebelum menentukan keputusan tersebut, kalian bisa memikirkannya terlebih dahulu.

2. Tidak memiliki motivasi kerja

Motivasi untuk bekerja penting dimiliki setiap karyawan perusahaan, hal ini agar pekerja semangat dalam menjalani tugas pekerjaan sehari-hari. Namun, bagaimana jika pekerja telah kehilangan motivasi kerja? tentunya hal ini akan berdampak buruk untuk karir pekerja ke depannya. Biasanya jika pekerja merasa mulai kehilangan motivasi, hal tersebut juga akan berdampak besar pada tugas yang harus dikerjakan.

Biasanya karyawan yang kehilangan motivasi bekerja, dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Merasa tidak memiliki jenjang karir
  • Tidak mendapat bonus tahunan atau tunjangan kerja
  • Tugas pekerjaan yang monoton, sehingga merasa bosan
  • Tidak mendapat kenaikan gaji setelah bekerja lama
  • Lingkungan kerja yang toxic
  • Kurang sesuai dengan bidang yang diminati

Jika kamu pekerja yang telah mulai merasakan tanda tersebut dan merasa tak mampu untuk bertahan lagi, segera untuk mencari pekerjaan baru dan mengajukan resign kepada atasan di kantor ya.

3. Budaya kerja yang tidak cocok

Dalam setiap perusahaan, tentu terdapat budaya kerja yang harus dijalankan oleh setiap karyawannya. Budaya kerja ini biasanya berkaitan dengan jam kerja, peraturan, ataupun kebiasaan yang dilakukan pekerja di kantor.

Jika kalian merasa budaya dalam kantor tersebut tidak sesuai atau bahkan merugikan diri kalian, itu bisa jadi salah satu tanda kalian harus segera mengajukan resign. Pasalnya, budaya kantor dengan pekerja merupakan hal yang perlu kecocokan satu sama lain. Karena jika pekerja telah merasa tak cocok dengan budaya kerja perusahaan, tentunya dapat membuat pekerja merasa tidak nyaman untuk bekerja.

4. Kemampuan tidak dihargai

Seringkali dalam dunia kerja banyak rekan atau atasan yang tidak pernah memberikan apresiasi, bahkan terkesan menyepelekan dan menjatuhkan. Padahal pekerja tersebut telah memberikan kemampuan yang terbaik untuk perusahaan.

Hal ini tentu membuat pekerja merasa tidak dihargai atas pekerjaan yang dilakukan, sehingga membuat pekerja merasa tidak nyaman dan memutuskan untuk resign dari perusahaan.

5. Sering sakit

Stres akibat tekanan atasan atau pekerjaan dapat berdampak burukĀ  bagi kesehatan pekerja. Bukan hanya kesehatan mental, stres juga dapat berdampak bagi kesehatan fisik seorang pekerja. Pekerja akan lebih mudah lelah dan tidak memiliki motivasi untuk bekerja. Selain itu, faktor jarak kantor dan tempat tinggal juga berpengaruh pada kesehatan karyawan. Jika tempat tinggal karyawan tersebut terlalu jauh, tentu pekerja tersebut dapat merasa lelah di jalan sebelum memulai pekerjaan.

Jika kamu mulai mengalami hal tersebut dan tidak dapat mengatasinya lagi, ini bisa jadi tanda kamu harus resign dari kantor kalian. Meski pekerjaan merupakan hal yang penting, namun kamu harus tetap menjaga kesehatan fisik dan mental. Kamu dapat mencari pekerjaan baru yang sesuai dengan kapasitas kemampuan kalian.

6. Tidak nyaman dengan rekan kerja

Kamu tentu akan menemui berbagai macam karakter rekan kerja yang saat bekerja di sebuah perusahaan. Namun, jika perbedaan karakter ini ternyata sering menjadi penyebab cekcok di kantor dan mempengaruhi performa kerja, bisa jadi ini tanda bahwa kalian memang harus resign dari pekerjaan saat ini.

Hal ini karena perbedaan pendapat yang tidak dapat diselesaikan dengan rekan kerja, dapat menimbulkan konflik internal yang dapat menghancurkan performa tim. Sehingga penting untuk menjaga hubungan dan relasi dengan rekan kerja, agar tim tersebut dapat menyelesaikan tugas pekerjaan dengan baik.

Itu dia 6 tanda-tanda bahwa kalian harus resign dari perusahaan. Jika kalian telah merasakannya, namun masih merasa ragu untuk resign kalian dapat mengkonsultasikan hal tersebut kepada atasan atau rekan kerja kalian. Nah, bagi kalian yang berniat resign dan ingin mencari pekerjaan baru, yuk ikuti Virtual Job Fair yang akan dilaksanakan EKRUTES.ID tanggal 20-21 Juli 2023, akan ada puluhan perusahaan ternama yang bisa kamu lamar, dan pastinya gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *