JURUSAN PSIKOLOGI BISA KERJA APA?

Siapa nih disini yang tertarik masuk kuliah ke jurusan psikologi? Atau justru saat ini kamu sedang berkuliah di jurusan psikologi? Nah… tapi apakah kamu sudah tahu kesempatan kerja dari lulusan sarjana psikologi?

Jurusan psikologi merupakan salah satu bidang keilmuan yang mempelajari tentang manusia. Pembelajaran tentang pemahaman manusia yang dilihat dari pola perilaku, kepribadian, kejiwaan yang dapat mempengaruhi individu dalam mengambil tindakan. Seperti bagaimana seseorang berinteraksi di lingkungan sosialnya atau bagaimana seseorang mengambil keputusan terkait dengan posisinya di sebuah perusahaan. Dalam jurusan psikologi, keilmuan psikologi dibagi menjadi 3 yaitu, psikologi klinis, psikologi industri, dan psikologi sosial.

Baca Juga : Jenis Pekerjaan Fleksibel Tapi Menjanjikan Banget

Pertanyaan yang paling umum sering ditanyakan adalah kira-kira lulusan dari jurusan psikologi dapat berkarir di posisi apa dong?

1. Human Resources Department (HRD)

Siapa sih yang nggak tahu posisi HRD? Setiap perusahaan pasti memiliki department ini untuk mengurus terkait dengan dinamika sumber daya manusia di perusahaan seperti rekrutmen, training, ataupun pengurusan absensi dan mutasi. Dalam sebuah perusahaan, untuk posisi HRD mayoritas memang diisi oleh orang-orang dengan latar pendidikan jurusan psikologi.

2. Bimbingan Konseling

Kuliah di jurusan psikologi tapi memiliki minat untuk bekerja di bidang pendidikan. Nggak harus jadi guru matematika atau guru bahasa inggris, kamu yang kuliah di jurusan psikologi juga memungkinkan untuk dapat bekerja sebagai guru BK (Bimbingan Konseling). Sebagai seorang guru BK, kamu memiliki tugas untuk melakukan konseling bagi peserta didik. Guru BK sebenarnya sangat dibutuhkan untuk bidang pendidikan dari level pendidikan pra-sekolah hingga Sekolah Menengah Atas. Layanan konseling yang diberikan guru BK dapat terkait dengan kemampuan belajar siswa, permasalahan bersosialisasi, dll.

unsplash.com
3. Assessor

Jika kamu lulusan sarjana psikologi, kamu mungkin dapat bekerja di biro konsultan psikologi. Disini kamu dapat bekerja sebagai tester untuk memberikan instruksi tes psikologi, membantu proses skoring alat tes atau bertugas untuk membuat laporan dibawah supervisi dari seorang psikolog. Pilihan pekerjaan sebagai assessor sangat cocok untuk kamu yang memang ingin bekerja yang berkaitan dengan psikologi. Hasil belajar kamu selama di psikologi jelas sangat terpakai sih!

4. Psikolog

Nah… profesi psikolog menjadi profesi yang juga banyak diminati oleh anak-anak jurusan psikologi. Setelah kamu selesai menempuh pendidikan S1, kamu bisa melanjutkan pendidikan S2 untuk bisa mendapatkan gelar psikolog. Profesi ini merupakan profesi untuk mengatasi dan membantu seseorang terkait dengan kesehatan mental. Ketika kamu berprofesi sebagai psikolog, maka sangat mungkin kamu dapat bekerja di rumah sakit, klinik, dan puskesmas. Bahkan kamu sangat mungkin untuk bisa membuka izin praktek mandiri.

5. Research and Development (RnD)

Peluang kerja sarjana psikologi lainnya adalah bekerja sebagai research and development (RnD). Profesi ini memiliki tugas untuk melakukan riset terkait dengan pengembangan produk. Contoh pekerjaan seorang sarjana psikologi yang bekerja sebagai RnD adalah melakukan riset perilaku konsumtif dari target market, melakukan analisis kepuasan, hingga efek dari penggunaan produk. Profesi ini tentu menjadi peranan penting dalam sebuah industri.

Pekerjaan-pekerjaan diatas menjadi contoh beberapa pekerjaan yang dapat dipilih oleh kamu yang saat ini sedang menjalani pendidikan di jurusan psikologi. Buat kamu yang mungkin masih bingung terhadap kemampuan dan minat bekerja, kamu bisa langsung cek saja di ekrutes.id untuk bisa mendapatkan informasi seputar gambaran diri kamu sendiri secara cepat dan akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *