Bekerja Fleksibel Tapi Sangat Menjanjikan. Profesi Apa Itu?

Setelah lulus kuliah, pasti kamu berpikir untuk langsung mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kamu. Bekerja sesuai dengan jurusan, bekerja di perusahaan besar dan ternama, atau bekerja dari jam 8 pagi hingga jam 5 pagi. Nyatanya, ketika kamu mulai terjun ke dunia industri kamu akan mengalami dilema. Apakah kamu tetap menginginkan mendapatkan pekerjaan yang ideal atau berani mencoba menekuni hal baru selama ada kesempatan?

Baca Juga : Intip Pekerjaan Favorit di Tahun 2022

Pilihan tersebut memang kamu yang tentukan. Namun, perlu kamu tahu bahwa di era digital ini terdapat pergeseran dari variasi pekerjaan dan juga budaya bekerja. Nah… buat kamu yang fresh graduate dan sedang mencari pekerjaan, mungkin beberapa profesi yang fleksibel ini bisa kamu coba,

1. IT/Programmer/Web Developer

Jika kamu mengira bekerja dari rumah dan jam kerja fleksibel itu merupakan pekerjaan yang kurang menjanjikan, sepertinya kamu salah. Profesi sebagai IT/Programmer/Web Developer yang dapat bekerja remote dan jam kerja fleksibel, justru dapat mengahasilkan banyak pendapatan loh! Terlebih di era sekarang yang serba digital, profesi ini lagi banyak sekali dicari oleh industri.

unsplash.com
2. Content Writer

Kamu punya hobi menulis? Nggak ada salahnya kamu memilih profesi yang sesuai dengan hobi kamu. Maraknya selebgram hingga startup yang bergerak di bidang digital marketing membuat profesi content writer banyak dicari loh! Berprofesi sebagai content writer bertugas untuk membuat kata-kata, kalimat untuk kepentingan caption, pembuatan tagline, ataupun pembuatan artikel. Ketika berprofesi sebagai content writer kamu bisa bekerja dari mana saja. Jangan salah, pendapatan yang dihasilkan sebagai content writer juga cukup menjanjikan loh!

3. Marketing

Nggak salah, ketika dengar kata marketing pasti yang ada dipikiran kamu pasti jualan. Sebenarnya inti dari profesi marketing adalah untuk meningkatkan penjualan. Hanya saja sebagai marketing, kamu justru berfokus pada pembuatan rencana dan analisis. Nah…saat ini profesi marketing bertambah luas lagi dengan adanya profesi digital marketing. Profesi ini memungkinkan kamu untuk tidak harus langsung berhadapan dengan customer. Ketika menjadi seorang marketing, sangat mungkin kamu bisa bekerja dari kantor, rumah, workingspace, coffeeshop, dll.

4. Social Media Specialist

Jika kamu sangat paham mengenai dunia social media, aktif posting, dan memahami algoritma social media, mungkin profesi ini cocok untukmu. Sebagai social media specialist, kamu dituntut untuk selalu up date mengenai apapun yang sedang hits dan viral, komunikatif, dan kreatif. Sebagai social media specialist, kamu nggak perlu datang ke kantor, cukup mengandalkan jaringan wifi sepertinya sudah sangat cukup untuk kamu bisa produktif bekerja.

5. Graphic Designer

Buat kamu yang suka gambar dan memahami aplikasi desain, yuk terjun ke profesi graphic designer! Menjadi seorang graphic designer, kamu bisa bekerja dibawah instansi tertentu atau membuka jasa graphic design mandiri. Asalkan brief dari customer jelas, kamu bisa mengerjakan dari mana saja, bahkan bisa sambil tiduran/makan/ngopi. Terkadang pasti ada yang mengira kamu seperti pengangguran, padahal pendapatan kamu luar biasa.

Intinya, tidak ada salahnya bekerja sesuai hobi. Tidak ada salahnya juga jika kamu tidak bekerja di perusahaan besar. Paling penting adalah bagaimana kamu dapat melihat kesempatan yang ada, bertanggung jawab atas pekerjaan kamu, dan nikmati pekerjaan kamu. Lagi-lagi pilihan ada di tangan kamu. Apakah kamu berminat untuk menggeluti profesi diatas?

Hi, I’m Ekrutes Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *