Cara Bijak Menggunakan Tunjangan Hari Raya (THR)

Cara Gunakan Tunjangan Hari Raya

Menjelang Hari Raya Lebaran, pasti kamu sudah fokus memikirkan kesenangan yang akan dilakukan bersama dengan keluarga di kampung halaman. Terlebih kesenangan kamu bertambah karena adanya Tunjangan Hari Raya (THR). Setelah mendapatkan THR pasti kamu sudah memikirkan barang-barang apa saja yang akan kamu beli. Tapi, sebelum menghabiskan uang THR untuk beli segala barang-barang yang kamu inginkan, ada baiknya mempertimbangkannya terlebih dahulu.

Baca Juga : Konseling Dengan Psikolog, Ngapain Aja?

Berikut beberapa aspek yang perlu kamu pertimbangkan sebelum menggunakan uang THR kamu;

1. Prioritaskan Untuk Hari Raya

Sesuai dengan namanya, berarti tunjangan ini diberikan oleh perusahaan untuk keperluan kamu dalam menyambut hari raya seperti untuk membeli tiket mudik, mempersiapkan masakan khas lebaran, menyiapkan THR untuk saudara, dan lain-lain. Walaupun tunjangan diberikan untuk hal tersebut, tapi nggak ada salahnya kamu juga harus mengendalikan diri untuk tidak boros dan mengeluarkan uang secara bijak.

unsplash.com
2. Sisihkan Untuk Tabungan

Masalah utama kamu sulit menabung adalah karena kamu nggak punya uang untuk ditabung. Karena biasanya uang gajian kamu habis begitu saja, THR ini menjadi kesempatan kamu untuk mendapatkan tambahan dana yang bisa kamu tabung. Hindari penggunaan THR untuk kesenangan saja dan berujung hanya digunakan satu kali saja. Uang THR bisa kamu gunakan untuk keperluan jangka panjang, sisihkan kira-kira 20 persen dari dari total uang THR untuk kamu tabung.

unsplash.com
3. Berbagilah Dengan Yang Membutuhkan

Menjelang hari raya, tidak melulu memikirkan belanja baju baru atau liburan. Kewajiban sebagai umat manusia adalah berbagi dengan sesama. Bukalah matamu untuk melihat orang-orang di sekitarmu. Banyak orang-orang yang masih membutuhkan bantuanmu untuk menyambung hidup mereka. Sisihkan dana 2,5 persen untuk berbagai ke orang-orang yang membutuhkan. Dengan berbagi, kamu akan merasakan kebahagiaan karena THR-mu bisa menjadi berkat bagi banyak orang, tidak hanya untukmu.

unsplash.com
4. Pakai Untuk Bayar Hutang

Yuk coba diingat-ingat, apakah kamu masih punya hutang yang belum terbayarkan? Selama kamu punya rezeki lebih, maka utamakan untuk membayar hutangmu terlebih dahulu. Mempunyai hutang yang berlarut justru akan semakin memberatkan finansial kamu. Untuk keperluan memnbayar hutang atau untuk dana darurat, kamu bisa menyisihkan 15 persen dari total THR yang kamu terima.

Tidak ada salahnya bersenang-senang menggunakan uang THR, namun kamu perlu pengelolaan uang THR secara bijak. Hal ini membantu kamu untuk tidak mudah gegabah dalam mengeluarkan uang. Sedih banget nggak sih kalau uang THR yang kamu dapatkan tidak bersisa sedikitpun? Hindari menyesal di akhir ya.

Informasi seputar lowongan kerja terbaru, tips karir dan pengembangan diri, serta psikotes online gratis, kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *