Apakah Offering Letter Bisa Dibatalkan? ini Alasannya

Offering letter

Udah dapet offering letter tapi tiba-tiba dibatalkan? Nggak cuma kecewa, kamu juga pasti akan merasa putus asa dan menyalahkan diri sendiri karena tidak mendapat pekerjaan tersebut. Pembatalan penawaran pekerjaan bisa terjadi karena perusahaan memiliki kebijakan tersendiri untuk meng-hold atau membatalkan proses rekrutmen yang berjalan. Sehingga, perusahaan akan menunda atau membatalkan kandidat yang telah mendapatkan offering letter untuk bergabung.

Selain itu, apa saja alasan yang menyebabkan perusahaan membatalkan offering letter? Berikut EKRUTES.ID telah menyipkan informasinya untuk kamu. Yuk, di simak!

Alasan pembatalan offering letter

Dikutip dari Top Resume, ada dua kemungkinan yang menjadi alasan offering letter-mu dibatakan secara tiba-tiba. Kedua kemungkinan tersebut antara lain, karena permasalahan internal perusahaan atau terdapat sesuatu hal yang dilakukan kandidat.

Berikut penjelasan lengkapnya:

Alasan perusahaan

Biasanya, pembatalan offering letter dari perusahaan terjadi karena permasalahan internal. Seperti posisi yang dibutuhkan telah terisi oleh orang lain, restrukturisasi organisasi perusahaan, atau kondisi keuangan perusahaan yang memburuk.

Sehingga perusahaan harus menunda atau membatalkan proses rekrutmen yang berjalan. Jika alasan ini benar terjadi, maka pembatalan tawaran pekerjaan tersebut bukan kesalahanmu.

Alasan karena kandidat

Selain alasan internal perusahaan, pembatalan offering letter juga bisa terjadi karena kesalahan kandidat yang dianggap fatal oleh perusahaan.

Lantas, apa saja kesalahan yang menyebabkan kandidat kehilangan tawaran pekerjaan? Berikut alasannya:

1. Negosisasi setelah offering diberikan

Negosiasi gaji memang hal yang biasa terjadi dalam proses rekrutmen. Negosiasi berguna agar kamu mendapatkan benefit yang sesuai dengan kinerjamu dalam perusahaan, sehingga proses ini biasanya dilakukan pada saat sesi interview.

Oleh karena itu, hindarilah negosiasi ulang ketika kamu telah mendatangani offering letter, terlebih jika kamu membawa perbandingan gaji yang ditawarkan perusaah lain.

Selain tidak profesional, hal tersebut juga bisa membuat perusahaan merasa tidak dihargai dan memilih untuk membatalkan tawaran yang diberikan ke padamu.

2. Lama menandatangani offering letter

Seringkali kandidat menunda untuk menadatangani offering letter karena menunggu penawaran dari perusahaan yang lebih baik.

Padahal ketika kamu menunda untuk mendatangi offering letter, pihak perusahaan akan berpikir bahwa kamu tidak tertarik untuk bergabung dalam perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, ketika kamu ingin menunda untuk menandatangani offering letter, pastikan bahwa kamu telah menghubungi pihak perusahaan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

3. Melakukan tindakan tidak profesional

Bagi kandidat calon karyawan, mendapatkan offering letter dari perusahaan pastinya akan membuatmu merasa aman, bukan? Sehingga kandidat tersebut seringkali melakukan masalah yang tidak profesional seenaknya.

Padahal jika masalah tersebut sampai diketahui oleh perusahaan, bukan tidak mungkin penawaran tersebut akan dibatalkan.

Perusahaan tentunya tidak ingin mengambil resiko dengan kandidat yang memiliki masalah, karena akan mencemarkan nama baik perusahaan. Oleh karena itu, bijaklah dalam berkata-kata atau melakukan suatu hal baik di dunia nyata dan sosial media.

Apa yang Harus Dilakukan?

Ketika pembatalan offering letter terjadi ke padamu, lantas apa yang harus kamu lakukan?

Pertama, penting untuk kamu mencari tahu alasan mengapa penawaran kerja tersebut dibatalkan secara tiba-tiba. Jadi jangan takut untuk meminta penjelasan ke pada pihak perusahaan, ya.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, pembatalan bisa terjadi karena alasan internal perushaaan. Sehingga penting untuk kamu mengetahui alasan yang mendasari, dengan menghubungi pihak perusahaan secara langsung.

Oleh karena itu, jangan merasa putus asa atau menyalahkan dirimu sendiri ketika perusahaan membatalkan offering letter yang diberikan.

Nah, itulah alasan mengapa offering letter dibatalkan secara tiba-tiba dan cara mengatasi kondisi tersebut. Jangan takut untuk make sure pada pihak perusahaan jika offering letter yang diberikan ke padamu dibatalkan secara sepihak.

Sebab, penjelasan pihak perusahaan tersebut merupakan hak yang penting untuk kamu dapatkan. Jika kamu ingin mencari lowongan pekerjaan lain, download aplikasi EKRUTES.ID dan dapatkan informasi lowongan pekerjaan menarik dari berbagai perusahaan ternama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *