Tips Membuat Cover Letter untuk Melamar Pekerjaan

tips membuat cover letter

Bagaimana cara membuat cover letter yang baik? Ini dia beberapa tips yang bisa kamu perhatikan dalam membuat cover letter untuk melamar pekerjaan.

Untuk memperoleh pekerjaan yang kita impikan, tentu harus ditunjang oleh beberapa hal.

Sebelum membahas skill serta performa saat interview, hal pertama yang perlu diperhatikan ialah cover letter, resume dan juga CV (Curriculum Vitae).

Sayangnya, tidak semua orang paham akan perbedaan antara ketiganya.

Tidak heran jika banyak orang berpikiran jika melamar kerja hanya diperlukan surat lamaran beserta CV saja. Agar lebih jelas, yuk kita simak penjelasan berikut.

Pengertian Cover Letter

Selain resume dan juga CV yang lengkap serta selalu update, dalam melamar pekerjaan juga diperlukan peran cover letter.

Keberadaannya adalah untuk menunjukkan profesionalitas dan lebih meyakinkan pihak perusahaan.

Definisi dari cover letter adalah surat lamaran pengantar yang ditujukan kepada organisasi, instansi, perusahaan atau perorangan yang tengah membuka lowongan pekerjaan.

Fungsi pengantar tersebut adalah untuk memperkenalkan dirimu kepada pihak pembuka lowongan kerja.

Di sana bisa dicantumkan motivasi juga alasan kenapa kamu cocok untuk lowongan tersebut  dengan harapan dapat menarik minat pihak perusahaan untuk melihat resume juga CV hingga akhirnya melakukan interview.

Singkatnya, cover letter menjadi gambaran singkat terkait kualifikasi yang kamu miliki, serta alasan melamar pekerjaan tersebut.

Dengan demikian akan memudahkan recruiter untuk menyeleksi pelamar dan menentukan siapa yang sesuai untuk lanjut diwawancarai.

Perbedaan Cover Letter, Resume, dan CV

cara membuat cover letter

Pada saat melamar kerja, biasanya pelamar akan fokus pada CV atau daftar riwayat hidupnya.

Bahkan menganggap jika resume, CV dan juga surat pengantar lamaran adalah berkas yang sama.

Padahal cover letter atau pengantar lamaran, resume, dan juga CV adalah tiga hal berbeda dengan fungsi yang berbeda.

Perbedaannya ada pada detail isinya.

Resume lebih kepada informasi singkat tentang pengalaman, keahlian juga wawasan yang kamu miliki dan relevan dengan lowongan yang tersedia.

Sementara CV berisikan kronologis perjalanan latar belakang pendidikan, prestasi akademis maupun dalam bekerja, pengalaman kerja dan juga identitas diri yang lebih lengkap.

Apabila kamu menyertakan ketiga dokumen tersebut saat melamar pekerjaan, akan lebih terlihat lebih profesional dan memiliki antusiasme yang besar.

Dengan catatan, pembuatan surat pengantarnya benar, yaitu melengkapi informasi dan bukan merupakan  pengulangan dari isi resume maupun CV.

Baca juga: Noted! Inilah Perbedaan CV dan Resume yang Perlu Kamu Ketahui!

Jenis-Jenis Cover Letter

Ada beberapa jenis surat pengantar lamaran yang umum digunakan untuk melamar kerja dan memiliki fungsi yang berbeda.

Adapun ketiga jenis tersebut diantaranya adalah:

  1. Application letter, yaitu surat pengantar lamaran yang dibuat untuk menanggapi informasi lowongan kerja
  2. Inquiry letter, surat yang berisi pertanyaan atas ketersediaan lowongan kerja di sebuah instansi atau perusahaan. Bisa juga disebut sebagai surat permintaan kerja
  3. Lamaran via rujukan atau referensi dari koneksi yang ada pada sebuah organisasi, instansi atau perusahaan. Bisa juga dari hubungan mutual lainnya yang memberikan rekomendasi atas sebuah posisi lowongan kerja

Cover letter sendiri ada yang menggunakan Bahasa Indonesia, pun juga ada cover letter dalam Bahasa Inggris tergantung pada perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan.

Untuk kamu yang fresh graduate, tidak perlu bingung karena ada banyak contoh cover letter fresh graduate yang bisa kamu jadikan referensi.

Baca juga: 6 Tips Mencari Kerja untuk Fresh Graduate Paling Ampuh

Tips Membuat Cover Letter yang Baik dan Menarik

Dalam membuat cover letter berbahasa Indonesia, Anda harus lebih teliti mengenai ejaan dan juga kesalahan dalam penulisan atau typo.

Agar lebih meyakinkan dan menarik minat recruiter, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1. Format Surat Bisnis

Umumnya hingga saat ini format yang digunakan dalam penulisan surat lamaran ialah format full block style.

Tidak ada alinea yang menjorok ke dalam di awal paragraf, melainkan rata bagian kiri secara keseluruhan.

2. Tidak Banjir Serangan “Saya”

Meskipun surat lamaran bertujuan menggambarkan diri kamu secara singkat, bukan berarti kata ganti orang yang kamu gunakan berfokus pada “saya”.

Usahakan tidak ada pengulangan lebih dari dua kali.

Kamu bisa mengubah struktur kalimatnya, sehingga bisa mengubah kata ganti orangnya menjadi “Anda”. Dengan begitu akan lebih efektif dan mudah dipahami.

3. Variasi Tulisan

Merujuk pada fungsinya yang menjadi gambaran singkat dirimu, buatlah surat lamaran yang menarik untuk dibaca.

Imbangi kalimat yang panjang dengan yang lebih pendek.

Gunakan lebih banyak kalimat aktif daripada pasif, untuk menyampaikan kualifikasi yang kamu miliki.

Buatlah frasa yang memudahkan recruiter menangkap dan memahami ide-ide yang kamu miliki.

4. Periksa Ulang

Setelah semua selesai, jangan lupa untuk membaca ulang surat lamaran yang kamu buat.

Hal ini bertujuan memeriksa dan memperbaiki kesalahan yang ada seperti ejaan, typo atau fakta yang belum dicantumkan.

kamu bisa meminta bantuan orang lain untuk membaca ulang juga memeriksa surat lamaran tersebut.

Apabila diperlukan, kamu bisa juga memanfaatkan situs KBBI atau situs terkait lainnya guna memperbaiki ejaan juga tata bahasa yang digunakan.

Langkah Membuat Cover Letter

Sebagaimana definisinya yaitu gambaran singkat mengenai dirimu maka jangan membuatnya terlalu panjang.

Cukup tiga sampai dengan lima paragraf pendek saja.

Apabila surat lamaran tersebut akan kamu kirim via POS, maka usahakan tidak lebih dari satu halaman kertas ukuran A4.

Sementara jika kamu mengirim lewat email, tuliskan di badan email dengan jumlah kata tidak lebih dari 250 kata.

Hindari mengirimkan surat lamaran dalam bentuk lampiran bersama dengan CV juga resume.

Sebab hal itu berisiko membuat emailmu terindikasi sebagai spam.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengikuti panduan pembuatan surat lamaran di bawah ini:

  1. Pembuka

Penting sekali bagi pelamar kerja untuk tahu dengan jelas kepada siapa lamarannya akan ditujukan.

Umumnya iklan lowongan kerja akan mencantumkan contact person yang bertanggung jawab untuk perekrutan karyawan.

Apabila tidak ada contact person yang jelas dan tercantum, kamu bisa mencari melalui akun Google ataupun situs lainnya.

Hal ini akan menjadi poin plus tersendiri karena bentuk inisiatifmu.

Jika memang tidak ada informasi terkait perekrut, kamu bisa menggunakan sapaan yang bersifat general atau umum.

  1. Isi

Buatlah isi yang tidak bertele-tele. Di paragraf pertama sampaikan tujuan kamu menulis lamaran dan posisi yang kamu inginkan.

Pada paragraf kedua, sampaikan motivasi kamu melamar di perusahaan tersebut dan untuk posisi yang kamu inginkan.

Jelaskan juga bentuk kontribusi yang bisa kamu berikan nantinya.

Di paragraf ketiga, kemukakan keahlianmu yang relevan dengan posisi tersebut serta keunggulan yang akan menguntungkan perusahaan jika kamu diterima.

Untuk paragraf keempat lebih kepada kesimpulan atas keseluruhan kualifikasi yang kamu miliki dan juga kapabilitas untuk mengisi lowongan tersebut.

  1. Penutup

Jangan lupakan penutup untuk surat lamaran yang kamu buat. Sampaikan rasa terima kasih atas waktu recruiter juga harapan untuk bisa diterima bergabung di sana.

Kesimpulan

Sudah paham tips atau bagaimana cara membuat cover letter yang benar dan efektif untuk melamar pekerjaan?

Nah, sekarang saatnya kamu mengejar karir impianmu melalui Ekrutes.

Ekrutes.id adalah aplikasi pencarian kerja yang cerdas dan memudahkanmu untuk bisa terhubung dengan perusahaan pembuka lowongan juga karir impian.

Ekrutes.id menggunakan sistem algoritma yang canggih untuk bisa merekomendasikan pekerjaan yang sesuai dengan profil juga kemampuanmu.

Platform ini juga menyediakan fitur psikotes secara online, untuk bisa menyimpulkan karakteristik, tipe kepribadian juga wawasan dan keahlian kamu.

Oleh sebab itu, akan lebih mudah mengklasifikasikan jenis pekerjaan yang dianggap sesuai dengan apa yang kamu impikan.

Jangan ragu lagi untuk bergabung bersama Ekrutesid,  aplikasi cerdas yang memberimu peluang karir tanpa batas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *