Ternyata ini Alasan Mengapa Orang Mencari Kerja di Jakarta

alasan kerja di Jakarta

Jakarta merupakan kota yang menjadi incaran bagi para pencari kerja, Jakarta dianggap memiliki berbagai kemudahan dan keuntungan. Tak heran, jika mencari kerja di Jakarta menjadi opsi utama orang yang diinginkan oleh banyak orang. Hal ini karena masih banyak orang di berbagai daerah yang berpikir bahwa terdapat banyak lowongan pekerjaan di Jakarta. Sehingga Jakarta dianggap menjadi tempat impian para jobseeker.

Oleh karena itu, banyak orang yang rela ke Jakarta dengan harapan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Selain hal tersebut, ternyata terdapat beberapa alasan mengapa banyak orang mencari pekerjaan di Jakarta. Berikut EKRUTES.ID telah rangkumkan untuk kalian. Yuk, di simak!

Alasan mengapa orang mencari pekerjaan di Jakarta

1. UMR yang tinggi

Gaji merupakan hal utama yang menjadi pertimbangan seorang jobseeker dalam mencari pekerjaan.  Sehingga, tak sedikit jobseeker yang sering menolak tawaran pekerjaan karena gaji yang diberikan tak sesuai dengan yang diharapkan. Sementara itu, Jakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki upah minimum regional (UMR) yang tinggi dibandingkan dengan kota lain.

Di tahun 2023 sendiri, UMR kota DKI Jakarta telah mencapai angka sebesar Rp. 4.901.798. Meski tak semua perusahaan memberikan gaji sesuai dengan UMR daerah, namun banyak pencari kerja yang tetap datang ke ibu kota, untuk mencari pekerjaan dengan harapan mendapat gaji sesuai.

2. Lowongan kerja bervariatif

Jakarta yang merupakan pusat dari bisnis dan juga industri, maka tak heran jika terdapat berbagai lowongan pekerjaan dengan posisi yang bervariatif. Posisi yang bervariatif ini, tentunya membuka peluang yang lebih besar bagi para pencari kerja.

Hal ini yang menjadi pertimbangan para pencari kerja dari berbagai daerah mencoba peruntugan di Jakarta. Tak hanya itu, bagi para lulusan perguruan tinggi lebih terdapat lebih banyak lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan mereka.

3. Networking luas

Sebagai pusat bisnis dan industri, tak heran jika pencari kerja akan lebih mudah menjalin relasi dengan orang-orang baru yang memiliki pengaruh penting dalam sebuah instansi. Dalam menjalin koneksi, kamu bisa mulai dengan mengikuti akun media sosial orang tersebut.

Namun, pastikan untuk menjalin relasi pada platform profesional seperti LinkedIn untuk memperluas relasi pekerjaan kalian, dengan orang yang bekerja di perusahaan di Jakarta.

4. Mudah dalam mengembangkan skill baru

Banyaknya komunitas di Jakarta yang dapat kamu ikuti, dapat membantu kamu untuk mengembangakan skill baru. Skill ini berguna untuk mengembangkan kemampuan kamu, di luar bidang pekerjaan kamu saat ini.

Dengan mengikuti berbagai komunitas di Jakarta, kamu dapat mengasah kemampuan komunikasi serta mengembangkan relasi kamu lebih luas. Dengan luasnya relasi kerja yang kalian miliki, tentu akan memudahkan kamu untuk menemukan pekerjaan baru.

5. Akses transportasi yang mudah

Selain banyaknya lowongan pekerjaan, Jakarta yang menjadi pusat bisnis juga tentunya ditunjang dengan kemudahan transportasi umumnya. Terdapat berbagai moda transportasi umum yang dapat dipilih ketika pergi bekerja. Selain itu, beberapa transportasi umum masih memiliki harga yang terjangkau. Seperti commuter line, MRT, LRT, bus transjakarta dan angkutan umum lainnya.

Dengan mudahnya tranportasi umum untuk digunakan, tentunya akan memudahkan para pekerja untuk mencari pekerjaan ataupun pergi ke kantor yang dituju dengan ongkos yang terjangkau.

6. Lebih berwibawa

Bekerja di ibu kota sering dianggap lebih memiliki wibawa tersendiri atau yang sering juga disebut dengan prestise. Hal ini karena kebanyakan orang yang tinggal di Jakarta, bekerja pada gedung perkantoran tinggi. Terlebih jika orang tersebut bekerja di kawasan elit seperti Sudirman atau yang dikenal dengan SCBD.

Namun, biasanya untuk bekerja di perkantoran dengan skala internasional, para pelamarnya penting untuk memiliki kemampuan Bahasa Inggris. Hal ini karena kebanyakan klien dari perusahaan sekelas internasional, tentu berasal dari luar negeri.

Itulah alasan mengapa orang banyak pergi ke Jakarta untuk mencari pekerjaan baru. Jika kalian juga memiliki keinginan untuk bekerja di Jakarta, akan lebih baik untuk memikirkan berbagai pertimbangan terlebih dahulu terutama soal biaya. Seperti biaya tempat tinggal, biaya transportasi, biaya makan, dan biaya kebutuhan lainnya. Jangan sampai mengambil langkah yang salah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *