5 Hal Yang Bisa Dilakukan Anak SMK Setelah Lulus

Kamu sudah lulus sekolah? Tapi masih bingung apa yang harus dilakukan setelah lulus SMK?

Jika kamu sebagai lulusan SMK merasa minder karena kalah saing dan kalah banyak jumlahnya daripada mereka-mereka yang lulusan sarjana, sebaiknya kamu cari informasi dulu deh! Tahukah kamu bahwa di Indonesia pada periode 2020/2021 jumlah lulusan SMK mencapai angka 1,63 juta orang yang terdiri dari sekolah negeri dan swasta.

Baca Juga : Apakah Kamu Mengalami Emotional Perfectionism?

Hal ini menunjukkan bahwa minat warga Indonesia untuk menempuh Pendidikan SMK juga masih banyak dibutuhkan dan diminati. Mengutip pernyataan Direktur Jendral Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, mengatakan bahwa lulusan SMK diharapkan memiliki kompetensi “aku bisa apa” sehingga tidak hanya mengandalkan ijazah saja, dilansir dari laman Ditjen Vokasi (8/3/2022).

Maka dari itu, dengan jumlah sekian banyaknya lulusan SMK tentu ada banyak harapan dan hal juga untuk kemajuan para lulusan SMK ini. Nah… berikut beberapa alternatif yang bisa dilakukan olehmu, lulusan SMK;

unsplash.com
1. Bekerja di Perusahaan

Persaingan untuk mendapatkan kerja, memang sangat ketat. Namun, bukan berarti tidak mungkin mendapatkan kesempatan untuk dapat bekerja di perusahaan. Tidak sedikit perusahaan yang membuka lowongan kerja untuk lulusan SMK loh! Untuk mendapatkan lowongan kerja ini juga ada strateginya. Carilah perusahaan padat karya yang bergerak di industri retail, distribusi, dan manufaktur. Biasanya perusahaan – perusahaan tersebut membuka kesempatan bekerja bagi lulusan SMK seperti admin, staff gudang, operator, kasir, dan masih banyak lagi. Mendapatkan informasi tersebut juga mudah, bisa melalui Bursa Kerja Khusus (BKK) yang ada di sekolah kamu.

unsplash.com
2. Membuka Bisnis

Kompetensi dan keterampilan yang kamu dapatkan di SMK tidak hanya sekedar teori tapi juga realita lapangan. Hal ini memungkinkan kamu untuk bisa terjun ke dunia bisnis. Tentunya hal ini tidak menjadi masalah ketika kamu belum mendapatkan kerja di perusahaan. Lulusan SMK sudah dilatih untuk dapat menghasilkan bermacam-macam produk maupun jasa, sesuai dengan bidang jurusan saat sekolah. Modal ini dapat kamu gunakan untuk memulai bisnis.

unsplash.com
3. Freelance

Jika kamu belum mendapatkan kerja tetap, atau belum punya modal materi untuk membuka bisnis mungkin pilihan menjadi freelance adalah jawaban yang tepat. Kamu bisa cek beberapa situs freelance. Disini kamu bisa menjual atau membuka jasa yang akan kamu jual. Para klien yang merasa butuh jasa freelance akan mencarimu dari situs tersebut. Beberapa contoh situs freelance seperti Projects.co.id, Sribulancer, Fiverr, UpWork, dll.

unsplash.com
4. Kembangkan Skill

Setelah lulus masih merasa butuh mengembangkan keterampilan di bidang yang kamu tekuni? Nggak ada salahnya untuk mencari lembaga pelatihan kerja untuk mendapatkan pendampingan langsung mengasah keterampilanmu. Biasanya lembaga pelatihan ini juga bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan untuk menempatkan siswa didiknya. Dapat pendalaman keterampilan, dapat juga jalan menuju karirmu.

5. Lanjut Kuliah

Jenjang kuliah tidak hanya diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA saja, namun untuk kamu lulusan SMK juga bisa melanjutkan perkuliahan kok. Di jenjang kuliah kamu bisa mengoptimalkan dan memperluas keilmuan kamu. Kamu bisa ambil jenjang Diploma ataupun Sarjana untuk menunjang karir kamu nantinya.

Informasi seputar lowongan kerja terbaru, tips pengembangan diri, psikotes online gratis kunjungi EKRUTES.ID di sini ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published.