Ini Tips Menjaga Mental Health

Pernah nggak sih kamu terus-terusan merasa murung sehingga membuatmu menjadi pusing, marah-marah dengan orang disekitarmu dan malas melakukan aktivitas. Kenapa ya kira-kira?

Baca Juga : Jangan – jangan Kamu Cocok Bekerja Sebagai Sales

Apakah kamu pernah dengar tentang mental health? Akhir-akhir ini banyak sekali isu tentang mental health semenjak marakanya keberanian seseorang untuk mengakui bahwa dirinya pernah didiagnosa depresi. Karena hal itulah, beberapa orang juga menjadi berani menceritakan beberapa pengalaman mereka ketika mendapatkan diagnosa mental illness. Dari fenomena inilah, mulai banyak sekali pembahasan tentang pentingnya mental health.

Mental health sendiri sebenarnya merupakan suatu kesejahteraan yang meliputi emosional, psikologis dan sosial yang dapat mempengaruhi kognisi, persepsi, serta perilaku seseorang. Sehingga keadaan ini dapat menentukan bagaimana seseorang menangani masalahnya, hubungan interpersonal dan pengambilan keputusan.

unsplah.com

Bisa dibayangkan, apa yang terjadi jika kesehatan mentalmu tidak stabil? Semua aktivitas dan keputusan kamu bisa jadi justru berantakan dan gegabah. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya kita menjaga mental health kita. Simak tips berikut ini;

1. Coba Akui Perasaan dan Emosi Negatif

Merasakan perasaan sedih, kecewa, dan marah merupakan hal yang normal dirasakan semua orang. Kuncinya kamu hanya perlu mengenali dan mengakui perasaaan tersebut. Kenali mengapa emosi tersebut dapat muncul dan akui bahwa benar kamu merasakan emosi tersebut. Karena kamu sudah mengetahui alasan mengapa kamu merasakan emosi tersebut, kamu bisa usaha untuk meredakannya dengan bermeditasi atau mengalihkannya lebih dulu dengan kegiatan lain.

unsplash.com
2. Bersosial Dengan Seseorang

Saat kamu merasa sedang tidak baik – baik saja, tidak ada salahnya keluarlah dari rumah dan lakukan interaksi dengan orang lain. Hanya mengurung diri saat emosimu tidak stabil mungkin memang tidak ada salahnya karena kamu memiliki waktu untuk berintrospeksi diri. Namun, beberapa orang justru akan tambah stress dan kesepian. Maka dari itu, keluarlah untuk sekedar berjalan-jalan, membeli sesuatu, dan bertemu seseorang untuk mengobrol.

unsplash.com
3. Makan Teratur

Saat kondisi mentalmu sedang tidak stabil, tentu kamu akan jadi malas makan. Namun, cobalah untuk tetap menjaga pola makanmu. Kondisi mental yang tidak stabil sudah cukup dapat mempengaruhi kesehatan fisikmu, ditambah lagi apabila makanmu juga tidak teratur. Kamu bisa memilih makanan yang enak dan yang kamu suka untuk meningkatkan kembali moodmu.

unsplash.com
4. Hargai Diri Sendiri

Mulai sekarang, cobalah untuk memperlakukan dan melihat diri sendiri dari perspektif yang positif. Kamu bisa melakukan hal-hal yang dapat membuatmu bahagia. Bersyukur atas apa yang sudah kamu dapatkan dan lalui. Hindari membandingkan diri dengan orang lain menjadi cara tepat untuk dapat menjaga mental health.

unsplash.com
5. Mempelajari Hal Baru

Tahukah kamu? Saat kamu mempelajari ilmu atau keterampilan baru kepercayaan diri dan harga diri seseorang jadi meningkat. Tidak perlu menetapkan target, cukup temukan hal baru yang menarik untuk dapat dijalani. Hal ini membantumu untuk dapat menjaga mental healthmu loh!

unsplash.com

Perlu kamu ingat, siapa pun dapat mengalami ketidakstabilan mental. Kamu hanya perlu menjaga dan menyadarinya. Apabila beberapa tips diatas dirasa masih belum cukup ampuh untuk mengembalikan kondisi mentalmu, tidak ada salahnya mencari bantuan professional seperti psikolog.

Informasi seputar lowongan kerja terbaru, tips pengembangan diri dan psikotes online gratis kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.