Apakah ada diantara kalian yang masih menunggu panggilan kerja? Nah hal-hal dibawah ini cocok nih buat kalian, sambil menunggu panggilan interview kalian bisa upgrade skill lho!

Baca Juga : Ini Cara Cegah Konflik di Kantor

1. Belajar Leadership

Pasti kalian sering lihat di lowongan-lowongan pekerjaan yang mencantumkan leadership sebagai salah satu syarat keunggulan saat melamar. Beruntung kalau kalian selama kuliah atau sekolah pernah bergabung dalam organisasi di kampus atau sekolah. Lalu bagaimana jika kalian belum pernah sama sekali? Di jaman sekarang yang serba mudah ini banyak seminar dan training leadership. Kalian bisa ikuti kegiatan itu untuk mengasah kemampuan leadership yang tentunya bakal menjadi nilai plus saat kalian bekerja nanti.

2. Pahami Microsoft Office

Kalian pasti nggak asing dong sama program Microsoft Office, seperti Excel, Word, Power Point, dll. Program ini tentu akan sering kalian gunakan di dunia kerja. Nah… ini saatnya kalian mempelajari lebih dalam lagi dari kemampuan dasar yang kalian punya. Kalian bisa ikut kursus online atau offline, mulai dari gratis sampai berbayar. Kalian akan mendapatkan nilai plus dengan menguasai program Microsoft Office dengan lebih advanced.

unsplash.com
3. Pelajari Pemrograman

Kalau kalian tertarik melamar di perusahaan e-commerce atau perusahaan multinasional, kalian akan menemukan beberapa posisi mencantumkan program-program ini untuk bisa kalian kuasai sebagai nilai lebih. Kalian bisa belajar secara online melalui beberapa platform seperti Datacamp, Strata Scratch, LinkedIn, dll.

4. Upgrade Bahasa Asing

Rata-rata perusahaan e-commerce atau perusahaan internasional mewajibkan calon pegawainya untuk bisa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Kalau kalian masih belum bisa jangan kawatir kalian bisa belajar melalui platform online kok. Jadi, saat nanti kalian mendapatkan panggilan interview, kalian sudah siap nih menjawab pertanyaan dalam Bahasa Inggris. Nah… selain Bahasa Inggris kalian bisa coba kuasai Bahasa Mandarin atau Bahasa Jepang juga karena banyak perusahaan asing Jepang dan Cina yang ada di Indonesia.

unsplash.com
5. Percaya Diri

Supaya kalian siap menghadapi interview, kalian harus belajar untuk percaya diri. Gimana caranya? Kalian bisa berlatih ngomong sendiri didepan kaca seperti sedang pidato atau kalian bisa ikut kursus online tentang public speaking. Tujuannya adalah saat nanti interview kamu sudah tidak akan gugup lagi dan bisa tampil lebih percaya diri.

6. Pelajari Profil Perusahaan

Coba pelajari profil perusahaan yang sedang  atau akan kamu lamar. Mulai dari budaya kerjanya atau sejarah berdirinya. Hal ini bisa menjadi nilai plus saat interview karena kamu bisa mendapatkan gambaran karyawan-karyawan disana, attitude seperti apa yang mereka butuhkan dari budaya kerja yang mereka terapkan.

Itu tadi tips upgrade skill yang bisa kamu lakukan. Daripada kamu sibuk menggalau, bosen, dan overthinking, lebih baik checklist kegiatan upgrade kegiatan diatas ya.

Informasi seputar lowongan kerja terbaru, tips pengembangan diri, dan psikotes online gratis, kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

Hi, I’m Ekrutes Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *