10 Skill yang dibutuhkan di tahun 2021

Semakin berkembangnya teknologi menimbulkan banyak perubahan dalam perilaku masyarakat dalam melakukan aktifitas sehari-hari, baik dalam hal berbelanja, berbisnis, dan berkomunikasi.

Kehadiran teknologi memungkinkan kita untuk bekerja lebih efektif di mana saja, terutama di saat pandemi seperti sekarang. Bisnis pun mulai mengalami perubahan dari offline menjadi online

Tidak hanya itu, semakin banyak pula demand  terhadap tenaga ahli yang memiliki skill khusus dibidang teknologi (IT). Tidak heran jika skills ini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Berikut adalah 10 skills yang berhubungan dengan teknologi informasi (IT) yang memiliki potensial tinggi di tahun 2021 dan kedepannya:

1. Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)

Artificial intelligence atau sering disingkat dengan AI dengan cepat mengubah lanskap pekerjaan karena memberikan waktu yang menyenangkan bagi programmer untuk mencari sesuatu yang baru. Pertumbuhan perekrutan praktisi AI bertumbuh 32% antara tahun 2019 dan 2020.  

Ada kemiripan antara machine learning dan AI, tetapi perbedaan utamanya terletak pada AI yang merupakan konsep lebih luas dimana suatu mesin dirancang untuk bertindak secara cerdas seperti manusia.

Sedangkan mesin machine learning bergantung pada suatu perangkat/device untuk memahami sekumpulan data tertentu.

Keterampilan utama yang perlu diketahui dalam bidang kecerdasan buatan (AI) adalah C++, Amazon Web Services (AWS) dan Python.

Sekarang AI telah menjadi lebih umum dan bisnis-bisnis mulai menerapkan AI untuk memenuhi permintaan selama COVID-19, perusahaan akan mencari orang dengan bidang keahlian tertentu untuk AI pada tahun 2021, seperti pemrosesan bahasa alami (NLP), pengenalan suara otomatis (ASR) dan otomatisasi.

Tidak hanya itu, menurut survei UiPath 2020, 70% C-level executives bahkan menginginkan karyawan non-teknis untuk memiliki keterampilan otomatisasi dan AI.

2. Machine Learning/Mesin Pembelajaran

Machine Learning adalah salah satu bidang paling inovatif dan menarik yang bergerak ke masa depan. Hal ini merupakan salah satu keterampilan yang paling menguntungkan yang dapat Anda pelajari.

Ada banyak sekali kegunaan untuk teknologi futuristik ini, dari Siri dan Alexa, chatbots, analisis prediktif, hingga mobil self-driving.

Machine Learning bahkan telah digunakan untuk membantu memprediksi seberapa menularnya pasien COVID-19 dan mempercepat pengembangan obatnya.

Machine Learning dapat diterapkan di setiap industri, termasuk kesehatan, pendidikan, keuangan, dll. Artinya kemungkinan penggunaanya tidak terbatas, dan Anda dapat menerapkan keterampilan machine learning Anda ke bidang yang sesuai dengan kepribadian dan minat Anda.

3. Ilmu & Analisis Data

Dua pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi yang sangat diminati dalam Big Data adalah ilmu data dan analisis data.

Industri yang paling banyak berinvestasi di Big Data adalah perbankan, manufaktur, layanan profesional (misalnya, penasihat keuangan, firma akuntansi) dan pemerintah.

Analisis data adalah keterampilan tingkat pemula, sedangkan ilmu data lebih sulit, tetapi karier dari dua bidang ini masih berhubungan. Industri yang membutuhkan pekerja profesional dalam bidang data ini adalah industri pendidikan, keuangan, kesehatan, perangkat lunak, dan masih banyak lagi.

4. Cyber Security (Keamanan Jaringan dan Informasi)

Menjaga keamanan jaringan adalah yang utama untuk setiap perusahaan yang mengumpulkan informasi pelanggan atau berurusan dengan data sensitif mereka sendiri.

Ketika kebocoran data benar-benar terjadi, ini bisa menjadi masalah yang besar, layak diberitakan, dan mahal bagi perusahaan untuk pulih dari itu.

Jumlah kebocoran data saat ini meningkat, situasi ini dan ditambah dengan peningkatan WFH (Work From Home) menggambarkan betapa pentingnya penjagaan keamanan jaringan perusahaan yang baik dan menjadikan keamanan siber sebagai salah satu pekerjaan dan keterampilan teknologi yang paling dibutuhkan di tahun 2021.

5. Blockchain

Berdasarkan survei LinkedIn, pemrograman blockchain akan menjadi salah satu keterampilan yang paling dibutuhkan untuk transisi ke era digital yang baru.

Blockchain adalah database terbaru yang revolusioner dalam penyimpanan informasi dengan cara terdesentralisasi. Data dilacak dan disimpan di sejumlah besar komputer di seluruh jaringan, artinya tidak ada titik pusat serangan bagi peretas atau pelaku jahat lainnya.

Bitcoin, yaitu cryptocurrency pertama di dunia, berada di jaringan yang terdistribusi dan blockchain sekarang telah menjadi umum/mainstream.

Walmart, Nestle, dan Unilever hanyalah tiga dari perusahaan-perusahaan besar yang sudah menggunakan teknologi blockchain untuk melacak dan melindungi rantai pasokan global mereka.

6. Desain UI/UX 

Meskipun mereka berasal dari keluarga yang sama, UI dan UX sebenarnya berbeda. Spesialis UI (antarmuka pengguna) mendesain antarmuka untuk situs web dan aplikasi agar menarik secara visual, mengalir dengan baik, dan mudah dinavigasi oleh pengguna.

Spesialis UX (pengalaman pengguna) melakukan banyak penelitian dan pengujian untuk mempertimbangkan setiap elemen tentang interaksi pengguna dengan perusahaan dan situs web serta berkoordinasi dengan pengembang dan desainer UI.

Jenis karir ini sangat cocok untuk mereka yang menginginkan peran creative-meets-analytical (desain grafis-pengujian A/B dsb).

Pada akhirnya, UI lebih cocok/sesuai bagi mereka yang ingin fokus pada visual, tata letak, serta tampilan dan nuansa umum suatu halaman atau produk.

Sedangkan UX lebih cocok/sesuai bagi mereka yang ingin menggunakan analisis dan pengujian untuk membantu suatu bisnis dalam pemenuhan kebutuhan penggunanya dengan lancar.

7. Cloud Computing/AWS 

Pekerjaan Cloud computing sedang meningkat karena semakin banyak perusahaan beralih dari infrastruktur server biasa ke solusi cloud.

Amazon Web Services adalah salah satu dari platform cloud yang menampilkan pengiriman konten, penyimpanan database, networking, dan lebih dari 175 layanan lainnya.

8. Mobile Development (Pengembangan Seluler)

Ada sekitar 3,8 miliar pengguna smartphone di dunia saat ini, dan jumlah itu terus bertambah setiap tahunnya. Ini menandakan bahwa perusahaan yang ingin tetap relevan tidak hanya membutuhkan situs web tetapi mereka juga membutuhkan aplikasi.

Memiliki keterampilan pengembangan seluler juga berarti Anda memiliki keuntungan lebih, dimana jika Anda dapat membuat aplikasi untuk orang lain, berarti Anda juga dapat membuat dan menjual aplikasi Anda sendiri–jadi ini adalah jalur karir yang ideal bagi calon wirausahawan.

9. Manajemen Produk

Tidak ada satu deskripsi pekerjaan spesifik untuk manajemen produk; kemungkinan deskripsinya akan terlihat berbeda tergantung pada jenis perusahaan dan produknya (perangkat lunak, aplikasi, produk fisik, dll).

Satu kesamaan manajemen produk, pada intinya, adalah tentang membuat produk sebaik mungkin, dimana diperlukan pertimbangan permintaan pasar, melakukan survei dan melakukan tes untuk pengguna potensial, bertindak sebagai penghubung antara pengembang dan desainer yang ditugaskan untuk produk, dll.

Ketika Anda mengerjakan suatu produk teknis, Anda akan menjadi lebih sukses jika memiliki kemampuan untuk memahami dan berbicara terminologi teknologi.

10. Salesforce/CRMs 

Salesforce atau Tenaga Penjualan adalah salah satu dari 10 perusahaan perangkat lunak teratas dunia berdasarkan pendapatan tahunan, sehingga ada banyak peluang pekerjaan dalam bidang ini.

CRM, atau, customer relationship management solutions memberi perusahaan cara yang efisien untuk mengelola penjualan, pemasaran, dan customer support mereka.

Pengembang dapat membangun dari infrastruktur Salesforce  yang sudah ada dan menambahkan aplikasi dan proyek yang spesifik untuk kebutuhan perusahaan mereka. 

Itulah 10 skills yang berhubungan dengan teknologi dan memiliki demand yang cukup tinggi. Jika Anda memang tertarik dengan keahlian yang disebutkan di atas, pelajari lebih dalam agar Anda bisa mendapat pekerjaan di bidang tersebut. Anda juga bisa mencari pekerjaan di perusahaan teknologi melalui Ekrutes.id.  Ekrutes.id adalah platform talent management yang menghubungkan antara pelamar kerja dan perusahaan yang sedang mencari karyawan atau talent. Baca selengkapnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.