Talent Management: Pengertian, Proses, Serta Manfaatnya

pengertian talent management adalah

Saat ini, istilah talent management mulai diperkenalkan dan populer di dalam dunia HR. Cukup banyak orang yang memperbincangkan istilah ini.

Dalam perkembangan bisnis, talent management atau manajemen bakat ini tentunya mempunyai peranan yang terbilang sangat penting.

Lantas, apa makna dari manajemen bakat ini?

Bagaimana proses dan manfaat dari talent management? Untuk penjelasan lebih lanjut, yuk simak uraiannya berikut!

Mengenali Lebih Dalam Terkait Talent Management

Menurut Digital HR Tech, pengertian talent management terdiri dari 3 komponen yang berbeda, diantaranya:

  1. Proses HR dengan skala yang besar

Talent management merupakan rangkaian prosesi recruitment yang saling melekat satu sama lain.

Hal ini menandakan bahwa setiap aktivitas yang dilakukan oleh manajemen bakat ini umumnya lebih besar dibanding jumlah di bagian individu.

Hal itu dapat dikatakan bahwa dalam pemanfaatan potensi talenta karyawan, sangat dibutuhkan adanya manajemen bakat.

  1. Menarik, mengembangkan, memotivasi dan mempertahankan karyawan

Pada sistem HR, manajemen bakat dipastikan akan menguasai seluruh bidang utama HR.

Hal tersebut dimulai dari proses merekrut sampai orientasi karyawan, serta bagian manajemen performa sampai retensi.

  1. Karyawan berkinerja tinggi

Manajemen bakat diadakan untuk meningkatkan kinerja para karyawan.

Dengan adanya manajemen, karyawan diharapkan untuk meningkatkan motivasi dan mempertahankan kinerja mereka supaya kinerjanya lebih baik lagi.

Hal itulah yang menjadikan manajemen bakat merupakan suatu yang sangat penting di sebuah perusahaan.

Apabila pelaksanaannya tepat, maka perusahaan dapat membangun kelebihan yang kompetitif dan berkesinambungan, supaya bisa melampaui semua pesaingnya.

Kegiatan itu dilaksanakan dengan menggunakan sistem praktik manajemen bakat yang terkonsolidasi, sehingga para pesaingnya sukar untuk mencontek maupun menirunya.

Baca juga: Pentingnya Pelatihan dan Pengembangan Bagi Seorang Karyawan

Proses Talent Management

pengertian talent management adalah 1

Berikut ini adalah proses yang dilalui dalam talent management:

  1. Perencanaan

Perencanaan merupakan langkah awal di dalam proses manajemen bakat.

Pada tahapan ini akan mencantumkan segala kebutuhan dalam untuk mengawali suatu proses manajemen bakat.

Misalnya persyaratan yang wajib dipenuhi, mempertimbangkan pekerjaan pada setiap posisi yang dibutuhkan, serta menguraikan rencana setiap tenaga kerja agar lebih berinisiatif lagi dalam merekrut.

  1. Menarik perhatian pelamar

Jika dilihat dari rencana sebelumnya, maka tahapan selanjutnya yang dikerjakan yaitu menentukan apakah posisi yang tersedia itu boleh dimasuki oleh pihak dalam atau luar perusahaan.

Nantinya, proses itu akan menyertakan minat setiap pelamar. Apabila talent yang diambil berasal dari luar, maka pengumuman dari manajemen bakat bisa diakses lewat sosial media, rujukan, serta portal kerja.

Supaya setiap prosesnya tetap terjaga seefisien dan sehalus mungkin, maka semua talenta tersebut perlu dilakukan identifikasi terlebih dahulu.

Dalam tahap inilah, branding perusahaan yang telah dibuat ikut ambil peran dalam memilih kualitas dari kandidat yang melamar.

  1. Seleksi pelamar

Pada tahapan ketiga ini, akan diadakan rangkaian tes dan pemeriksaan.

Tes ini dilakukan untuk mendapatkan kecocokan yang pas antara perusahaan dan juga pihak pelamar.

Adapun tes yang dilaksanakan misalnya wawancara, tes tertulis, pengujian psikometrik, diskusi kelompok, maupun menganalisis terkait berbagai informasi yang tersedia mengenai kandidat.

Hal ini sangat membantu mereka dalam melihat gambaran secara lengkap mengenai pelamar tersebut.

  1. Mengembangkan karyawan

Dalam pelaksanaan program ini, akan membantu karyawan untuk berkembang dan tumbuh bersama organisasi.

Setiap proses yang dijalani akan melatih mereka dalam kemampuan yang diperlukan untuk berkontribusi lebih baik dalam kesuksesan bisnis, menegakkan loyalitas, dan meningkatkan keikutsertaan karyawan.

Proses ini diawali dengan program orientasi dan pelatihan efektif guna memudahkan karyawan untuk terbiasa dengan peran baru yang didapatkannya.

Selain itu, karyawan juga diberikan kesempatan untuk mengembangkan bakat, keterampilan, dan kemampuannya serta mengembangkan potensi dengan pembinaan, skema konseling, rotasi kerja, dan pendampingan.

Baca juga: Alasan Kenapa Kamu Harus Melakukan Psikotes Kerja untuk Pengembangan Karir

  1. Mempertahankan karyawan yang telah ada

Supaya perusahaan mendapatkan kesuksesan yang besar dan berkesinambungan, maka harus mempertahankan karyawan yang sudah ada secara efektif.

Biasanya mayoritas perusahaan berusaha semaksimal mungkin dalam mempertahankan karyawan terbaiknya dengan cara promosi, memberi kesempatan untuk pengembangan karir, bahkan mengikutsertakan karyawan dalam beberapa proyek khusus.

Tidak hanya itu, para karyawan tersebut juga diberikan kesempatan untuk menentukan keputusan, mendapatkan pelatihan agar peranannya berkembang, dan beberapa program penghargaan.

  1. Transisi

Suatu manajemen bakat yang efektif pastinya akan berfokus pada evolusi perusahaan dan transformasi kolektif dengan adanya kemajuan di setiap individu karyawan.

Hal tersebut tentunya menjadikan setiap karyawan merasakan bahwa mereka merupakan bagian dari perusahaan secara keseluruhan.

Adanya wawancara keluar, perencanaan sukses yang efektif, dan tunjangan pensiun yang berikan, mungkin akan terlihat layaknya poin karir yang tidak saling berkaitan.

Akan tetapi, semua hal itu sebagai alat transisi yang memungkinkan untuk berjalan bersama.

4 Pilar Manajemen Bakat

Pada awalnya untuk memudahkan sebuah proses yang berada di dalam prosesi manajemen bakat secara menyeluruh, tidak mempunyai cara singkat.

Mengapa demikian? Sebab, segala kondisi dan kebutuhan karyawan di setiap perusahaan tidak dapat disamakan.

Akan tetapi, manajemen bakat mempunyai 4 pilar dalam strategi penilaian. Keempat pilar tersebut pastinya bisa kamu gunakan, antara lain:

  • Attract: Menentukan beberapa kandidat lalu dimasukkan ke kelompok talent.
  • Develop: Bagi mereka yang telah dimasukkan ke kelompok talent akan diberikan pelatihan dan kesempatan.
  • Manage: Mengelola dan menciptakan melalui gencar budaya yang lebih mementingkan kinerja.
  • Retain: Melindungi karyawan maupun talent yang memiliki performa baik, mempunyai nilai lebih, dan tentunya sangat berpotensi.

Nantinya, keempat pilar tersebut akan memudahkan kamu dalam proses perekrutan hingga pengembangan karyawan.

Hal itu tentunya berguna untuk mendapatkan tujuan perusahaan, baik dalam waktu panjang maupun pendek.

Baca juga: Tes Kepribadian MBTI untuk Mengenal Potensi Diri dan Keuntungannya

Manfaat Manajement Bakat

Dengan diadakannya manajemen bakat ini, pastinya memiliki manfaat yang didapatkan oleh perusahaan maupun karyawannya.

Berikut merupakan manfaat-manfaatnya:

Manfaat untuk perusahaan

  • Biaya untuk pergantian karyawan dapat dihemat.
  • Proses seleksi perusahaan dan perekrutan dapat diperbaiki
  • Kinerja para karyawan lebih memuaskan.
  • Munculnya keterikatan antar karyawan.
  • Dapat menganalisis karyawan mana saja yang hendak keluar dari perusahaan.
  • Meningkatnya komitmen dalam diri karyawan.

Manfaat untuk karyawan

  • Komitmen dan motivasi karyawan dapat meningkat.
  • Mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan karir.
  • Dengan berkembangnya kompetensi dan potensi, nilai yang dimiliki karyawan akan meningkat.
  • Menyediakan pola karir dengan jelas.

Hal-hal yang perlu dilakukan perusahaan 

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan saat memegang perspektif talent management:

  • Memberi keputusan dalam hal pelatihan dan kepegawaian.
  • Aktif dalam melaksanakan segmentasi dan proaktif dalam mengendalikan karyawan.
  • Mengatur semua fungsi dari talent management.
  • Konsisten dalam memakai profil yang sama pada suatu kompetensi.
  • Memahami proses perekrutan, pelatihan, hingga pembayaran kompensasi karyawan.
  • Memahami peranan talent management seperti merekrut, melatih sampai membayar kompensasi karyawan.

Ekrutes.id, Platform Talent Management Terpercaya di Indonesia

Ekrutes.id adalah sebuah platform digital yang menghubungkan antara pelamar kerja dan perusahaan yang sedang membuka lowongan.

Aplikasi yang bisa diunduh di Playstore ini, juga menyediakan tes assessment dan psikotes online untuk para pelamar yang ingin mendalami kemampuan yang dimilikinya.

Selain untuk pelamar, Ekrutes.id juga mempunyai fitur search yang memudahkan talent management dalam mencari kandidat tanpa harus membuka lowongan kerja tersebut.

Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan wawasan, pengalaman, dan pekerjaan impian melalui aplikasi ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *