Alasan Kenapa Kamu Harus Melakukan Psikotes Kerja untuk Pengembangan Karir

alasan pentingnya psikotes

Pernah kamu merasa grogi dalam mengerjakan soal-soal psikotes, terutama dalam proses rekrutmen karyawan dalam suatu perusahaan?

Padahal banyak manfaat yang bisa kamu jadikan alasan kenapa kamu harus melakukan psikotes untuk mengembangkan karirmu.

Dalam proses penerimaan karyawan baru di suatu perusahaan, psikotes merupakan salah satu tes yang harus dilakukan oleh calon karyawan.

Bagi perusahaan, psikotes kerja diadakan dengan tujuan untuk mengukur karakter dan kepribadian calon karyawan yang nantinya berpengaruh pada kinerjanya jika diterima.

Selain mengukur kepribadian, psikotes juga menjadi indikator bagi perusahaan untuk mengetahui potensi kecerdasan dan performa kerja.

Sedangkan bagi job seekers, apalagi yang belum terbiasa, psikotes kerap menjadi momok yang menyeramkan.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu seluk beluk tentang psikotes kerja untuk mengetahui alasan kenapa kamu harus melakukan psikotes.

Untuk informasi lebih lanjut, simak artikel di bawah ini!

Mengenal Tentang Psikotes Kerja

psikotes kerja

Psikotes kerja adalah suatu tahapan lanjutan dari proses penerimaan karyawan baru yang diadakan oleh sebuah perusahaan.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah perusahaan dalam menyaring kandidat yang cocok dan sesuai dengan suatu jabatan berdasarkan psikologinya.

Soal psikotes biasanya berupa pertanyaan-pertanyaan yang secara khusus disusun dan dibuat oleh lembaga psikologi sehingga perlu ilmu psikologi yang mumpuni.

Berdasarkan jawaban psikotes inilah yang menjadi tolak ukur bagi rekruter untuk mengetahui tingkat potensi intelegensi dan kesehatan psikis calon karyawan.

Macam-Macam Psikotes Kerja

Salah satu alasan kenapa kamu harus melakukan psikotes kerja adalah agar kamu bisa mengetahui bakat dan minat kamu dalam dunia kerja.

Untuk bisa mempersiapkan psikotes kerja dengan baik, tentunya kamu harus tahu tentang jenis-jenis psikotes kerja dalam perusahaan.

Terdapat setidaknya 5 jenis psikotes kerja yang sering dipakai suatu perusahaan dalam proses rekrutmen karyawan.

Berikut ini informasi tentang macam-macam psikotes kerja supaya kamu bisa mempelajarinya:

1. Tes Logika Aritmatika

Jenis psikotes ini berguna untuk mengukur kemampuan berhitung dalam menjawab soal.

Umumnya, jenis psikotes ini diadakan oleh perusahaan atau jabatan yang membutuhkan skill analisis dan penalaran yang tinggi dengan rumus dan angka.

Misalnya posisi finance, engineer, data analyst, dan sebagainya.

Bagi kamu yang melamar salah satu dari posisi tersebut, maka ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Biasanya soal-soal dalam psikotes ini cenderung sulit dan menjebak, mengingat tidak banyak orang yang suka dengan angka dan matematika.

Tipsnya, kamu harus pandai-pandai dalam manajemen waktu karena kamu akan diberikan waktu sampai limit tertentu.

Apabila kamu menjumpai soal yang dirasa cukup sulit, alangkah baiknya kamu kerjakan soal selanjutnya yang kiranya mampu untuk kamu kerjakan.

Baca juga: Tes Kepribadian MBTI untuk Mengenal Potensi Diri dan Keuntungannya

2. Tes Kemampuan Verbal

Pada tes ini kamu akan dihadapkan pada soal-soal seputar persamaan kata (sinonim), lawan kata (antonym), analogi, dan korelasi makna.

Tujuan dari tes kemampuan verbal adalah untuk mengukur kemampuan kamu dalam menangani situasi dan kondisi tertentu, terutama dalam lingkungan kerja.

Dan lagi, dengan tes ini kamu bisa mengetahui kemampuan kamu dalam memahami dan memprediksi sebab-akibat dari suatu persoalan.

Tips yang bisa kamu lakukan sebelum menjalani tes ini adalah dengan memperbanyak perbendaharaan kosa kata serta artinya.

Kamu membutuhkan kemampuan konsentrasi dan bermain logika yang tinggi untuk bisa lulus tes ini.

3. Tes Wartegg

Sesuai namanya, tes ini pertama kali dikemukakan oleh Ehrig Wartegg, yang merupakan seorang psikolog asal negara Fatherland alias Jerman.

Melalui tes ini, kamu bisa tahu karakter dalam diri kamu, seperti kemampuan problem-solving, adaptasi, kegigihan, dan tekad dalam bekerja.

Pada tes wartegg terdapat 8 kotak yang berisi pola yang berbeda-beda, misalnya titik, garis lurus, hingga garis lengkung.

Dalam tes ini, kamu bertugas untuk melanjutkan pola-pola tersebut menjadi sebuah gambar yang sesuai dengan kreativitas dan imajinasi kamu.

Tips dalam mengerjakan tes ini adalah jangan terburu-buru. Sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu pola-pola tersebut.

Baca juga: Ingin Lebih Mengenal Karakter? Inilah Jenis Tes Kepribadian Cocok untuk Anda!

4. Tes Pauli atau Kraepelin

Kamu bisa menjumpai jenis psikotes ini dalam beberapa perusahaan. Tes ini berisi susunan angka-angka, mulai dari angka 0 hingga 9.

Angka-angka tersebut tersusun berbentuk vertikal dan kamu harus menjumlahkannya.

Tes ini terkenal cukup menguras banyak tenaga karena membutuhkan ketelitian dan konsentrasi yang tinggi.

Apabila kamu mampu menjawab soal dengan tingkat kesalahan yang rendah, itu berarti kamu memiliki ketelitian, konsistensi, dan kecepatan yang tinggi.

Selain itu, hasilnya juga menunjukkan tingkat daya tahan kamu terhadap tekanan. Ada beberapa tips untuk dapat mengerjakan tes ini dengan baik.

Sebaiknya kamu tulis hasil penjumlahan tiap dua digit angka di sebelah kanan antara dua angka tersebut.

Tips selanjutnya adalah pastikan kamu menghitungkan secara berurutan dari yang paling atas ke bawah. Waktu untuk mengerjakan tes ini umumnya 60 menit.

Dalam durasi waktu tersebut, kamu harus mampu menghitung sebanyak mungkin deretan angka dengan benar.

5. Tes Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)

Jenis psikotes ini dikenal sebagai tes termudah daripada jenis psikotes yang lain. Meskipun begitu, tetap harus kamu jawab dengan baik, jangan asal-asalan.

Tes ini dilakukan bertujuan untuk mengukur karakter dan kepribadian kamu dengan lebih terperinci.

Dalam tes ini, kamu akan menjumpai banyak pertanyaan yang diulang-ulang guna mengetahui kejujuran dan konsistensi kamu ketika menjawab soal.

Melalui tes ini, perusahaan bisa mengetahui gambaran karakter kamu apakah cocok dengan posisi yang kamu lamar.

Pentingnya Melakukan Psikotes Kerja untuk Pengembangan Karir

Inilah alasan kenapa kamu harus melakukan psikotes kerja demi mengembangkan karirmu:

1. Sarana untuk Lebih Mengenal Diri

Mencari pekerjaan bisa diibaratkan seperti mencari jodoh, sehingga untuk bisa mendapatkannya, kamu harus kenali karakter serta kepribadian kamu.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan psikotes. Dengan begitu, kamu menemukan posisi pekerjaan yang cocok denganmu di sebuah perusahaan.

2. Untuk Mengetahui Kelebihan dan Kekuranganmu

Sebagaimana kamu tahu, psikotes kerja memiliki banyak jenis tes yang berbeda.

Dengan mengerjakan berbagai jenis tes, maka kamu akan kelebihan dan kekuranganmu berdasarkan hasil tes yang keluar.

3. Mengasah Kemampuan Menjawab Soal

Bagi kamu yang sudah sering mengikuti psikotes kerja atau latihan menjawab soal psikotes, maka kemampuanmu akan semakin terasah.

Dengan demikian, kamu akan lebih mudah dalam memecahkan permasalahan atau menjawab soal psikotes selanjutnya.

Baca juga: 13 Manfaat Psychometric Test untuk Perusahaan, Ini Penjelasannya!

4. Mengukur Kecerdasan dan Kesehatan Mental

Pada intinya, psikotes bertujuan untuk mengukur kondisi kejiwaan dan kecerdasan seseorang, meliputi kecerdasan intelegensi, emosional, dan spiritual.

Dengan melakukan psikotes, kamu bisa mengetahui apakah kondisi kejiwaanmu stabil dan apakah kecerdasanmu berpadu dengan seimbang.

Nah, itulah penjelasan terkait alasan kenapa kamu harus melakukan psikotes kerja untuk mengembangkan karirmu.

Sebelum kamu mengikuti psikotes kerja, sebaiknya kamu melakukan persiapan terlebih dahulu dengan latihan menjawab soal-soal psikotes.

Dikarenakan biaya psikotes offline cukup mahal, carilah platform psikotes online yang terpercaya dan memberikan hasil yang valid serta reliabel, seperti di Ekrutes Indonesia.

Kini telah hadir Ekrutes.id sebagai platform psikotes online sebagai sarana asesmen diri yang berguna untuk masa depan karirmu.

Ekrutes.id memudahkan kamu mengerjakan soal-soal psikotes tanpa harus keluar rumah, cukup lewat komputer atau laptop kamu!

Apalagi sekarang juga tersedia dalam versi aplikasinya, jadi bisa kamu akses melalui smartphone di mana saja dan kapan saja.

Tunggu apalagi? Download Ekrutes.id di Playstore sekarang juga! Rasakan betapa cepat, mudah, dan efektifnya psikotes online bersama Ekrutes.id!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *