Profesi Data Analyst: Pengertian, Tanggung Jawab, Skill, dan Gaji

profesi data analyst

Simak ulasan artikel berikut tentang seluk beluk profesi data analyst, mulai dari pengertian, tugas dan tanggung jawab, skill apa saja yang dibutuhkan, serta gajinya.

Semakin berkembangnya kecanggihan teknologi, maka kebutuhan akan data pun juga semakin meningkat.

Hal ini dikarenakan data merupakan bagian tak terpisahkan dari teknologi.

Data dapat berupa teks, angka, gambar, maupun bentuk informasi lain dan orang yang bertanggung jawab atas data-data tersebut adalah data analyst.

Maka tak heran, jika semakin hari profesi ini semakin banyak dibutuhkan di dunia kerja. Banyak perusahaan yang membutuhkan keterampilan membaca serta menganalisis data.

Hal tersebut membuat peluang dan prospek kerja profesi ini sangat bagus dan bisa membantu kamu dalam pengembangan karir.

Apakah kamu tertarik meniti karir sebagai seorang data analyst, namun masih awam dan ingin mengenal lebih jauh tentang profesi ini?

Apa Yang Dimaksud Data Analyst?

data analyst

Pertanyaan yang pertama ditanyakan bagi kamu yang masih awam pasti mengenai pengertian dari profesi sebagai data analyst.

Profesi ini berkaitan langsung dengan proses pembacaan, penerjemahan, dan analisis data.

Dari hasil analisis tersebut, dibuatlah laporan guna mengolah dan memproses data tersebut.

Kemudian, data yang sudah diolah nantinya akan menjadi serangkaian informasi yang berguna sebagai pedoman demi keberlangsungan suatu perusahaan.

Mulai dari mengidentifikasi permasalahan, menentukan tren, serta membuat keputusan terkait beberapa hal, seperti strategi penjualan, pemasaran, segmen pasar, dan lain-lain.

Peran seorang data analyst bagi perusahaan cukup signifikan. Dikarenakan informasi yang mereka berikan berdampak langsung pada keuntungan dan kredibilitas perusahaan.

Apabila kamu tipe orang yang senang bermain teks, angka, dan berbagai fungsi aljabar serta menikmati kerja dalam tim, mungkin profesi ini cocok untuk jadi pilihan karirmu.

Baca juga: Mengenal Profesi Data Entry, Apa Saja Peran dan Tugasnya?

Apa Saja Tanggung Jawab Seorang Data Analyst?

Beberapa hal yang menjadi tanggung jawab bagian data analyst adalah sebagai berikut:

1. Menganalisis Data

Tugas pertama seorang data analyst adalah menganalisis berbagai jenis data, baik primer maupun sekunder yang sudah dikumpulkan dan disaring sedemikian rupa.

Kemudian mereka mengolah kembali data tersebut menjadi aneka informasi yang lebih mudah dibaca dan dipahami pihak manajemen dalam bentuk laporan.

Laporan tersebut nantinya berguna sebagai pedoman dalam pembuatan keputusan bisnis dalam sebuah perusahaan.

Oleh karena itu, seorang data analyst penting untuk punya kemampuan membaca dan menganalisis data yang mumpuni sehingga hasil data dapat terpapar dengan baik.

2. Merancang Dan Memelihara Database

Karena pekerjaannya yang langsung berhubungan dengan data sebuah perusahaan, maka sudah jadi tanggung jawabnya merancang dan memelihara sistem database.

Pemeliharaan database bertujuan untuk mencegah data terkait perusahaan bocor dan disalahgunakan.

Dari hal tersebut dapat diketahui bahwa profesi ini menempati posisi yang sangat penting karena memegang peran dalam keberlangsungan sebuah perusahaan.

3. Memprediksi Arah Bisnis

Selain itu, tugas seorang data analyst adalah membaca dan memprediksi arah bisnis sebuah perusahaan.

Hal tersebut mencakup kegiatan mengidentifikasi pola interpretasi dan tren, pengambilan keputusan berdasarkan fakta, dan lain-lain.

Bukan cuma itu, mereka juga bertugas mengkomunikasikan hasil temuannya ke rekan kerja setim, tim manajemen, tim programmer, dan atasannya.

Oleh karena itu, seorang data analyst haru punya skill komunikasi yang bagus dan efektif sehingga tercipta kerjasama yang baik.

4. Menafsirkan Berbagai Data

Proses penafsiran data haruslah rinci dan detail. Maka dari itu, tim data analyst perlu untuk berpikir kritis serta inovatif guna menemukan solusi bisnis.

Untuk dapat melakukan tugas ini, mereka menggunakan semacam alat statistik yang membantu mereka dalam menafsirkan berbagai macam data.

Sebelum melalui tahap penafsiran, data analyst menggunakan teknologi khusus untuk memahami asal data serta kemungkinan data dapat terdistorsi.

Skill Apa Saja yang Harus Dimiliki Seorang Data Analyst?

Untuk dapat melakukan tugas-tugas tersebut, skill apa saja yang diperlukan seorang data analyst? Ini beberapa di antaranya:

1. Mampu Menggunakan Bahasa Pemrograman

Sebagai seorang data analyst, maka kamu akan ditugaskan di bagian server suatu perusahaan.

Oleh karena itu, kamu penting untuk menguasai beberapa bahasa pemrograman dalam menjalankan segala hal mengenai pengelolaan data.

Kamu bisa menggunakan berbagai macam tools dalam SQL yang bisa mempermudah kamu dalam melakukan tugas, misalnya PostGre, MySQL, SQL server, dan lainnya.

Selain SQL, kamu juga perlu menguasai Javascript, XML, ETL, dan lain sebagainya sebagai tools analisis data.

2. Paham Tentang Matematika, Aljabar, dan Konsep Statistik

Skill berikutnya sebagai data analyst ada kamu harus memiliki passion di bidang statistik dan matematika.

Selain itu, kamu juga harus mampu mengimplementasikan dan menerapkannya untuk menganalisis data dengan sistematis dan akurat.

3. Visualisasi Data

Setelah membaca dan menganalisis data, tentunya data tersebut harus divisualisasikan dalam bentuk yang lebih mudah dipahami, seperti grafik.

Oleh karena itu, kamu perlu meningkatkan skill dalam memvisualisasi data agar nantinya kamu dapat menyajikan dan mengkomunikasikannya dengan baik.

Baca juga: UI/UX Designer: Keahlian yang Diperlukan dan Peluang Karirnya

4. Skill Analisis Yang Kuat Dan Akurat Serta Berorientasi Detail

Keterampilan yang satu ini wajib kamu miliki jika ingin berkarir sebagai data analyst.

Dengan begitu, kamu akan mampu membaca, mempelajari, memeriksa, hingga menyerap informasi berdasarkan data yang ada secara rinci dan sistematis.

Secara tidak langsung, profesi ini juga menuntut kamu untuk bekerja dengan berorientasi pada setiap detail, dimana ketelitian sangatlah diperlukan.

5. Problem-Solving

Sebagaimana telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, seorang data analyst harus mampu memprediksi tren dan mengambil keputusan kecil maupun besar.

Maka dari itu, kamu harus memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah yang berdasarkan fakta dan data yang diperoleh.

Setiap keputusan yang dibuat sangat penting dan riskan karena akan berpengaruh besar pada tindakan yang akan dilakukan perusahaan selanjutnya.

6. Kemampuan Komunikasi dan Bekerja Dalam Tim

Bukan hanya duduk di depan komputer dan melakukan kegiatan analisis, kamu juga harus mengembangkan skill komunikasi, baik secara lisan maupun tulisan.

Kamu harus pandai dalam menyajikan laporan tertulis dan mengkomunikasikannya ke beberapa pihak yang berkaitan.

Oleh karena pekerjaan ini tidak mungkin dilakukan oleh satu orang, maka perlu ada kerjasama tim yang baik agar target pekerjaan dapat terpenuhi.

Baca juga: Yuk, Kenali Apa Itu Desain Grafis dan Peluang Kerjanya!

Berapa Gaji Seorang Data Analyst Per Bulannya?

Rata-rata orang yang berprofesi sebagai data analyst selama 2 – 5 tahun akan memperoleh gaji kurang lebih Rp. 18.000.000 per bulan.

Dan apabila pengalamanmu sudah melebihi 5 tahun masa kerja, gaji tersebut bisa naik menjadi Rp. 19.000.000 setiap bulannya.

Namun, bagi berpengalaman kurang dari 2 tahun, gaji paling rendah yang diperoleh bagi seseorang yang memiliki karir ini berkisar Rp. 4.000.000 per bulan.

Berdasarkan informasi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa gaji akan tergantung dari pengalaman, jabatan, dan beban tugas yang diampu.

Dalam profesi ini memang ada beberapa jabatan, seperti analis data klinik, analisis data kuantitatif, analis dara senior, dan analis data junior atau magang,

Nah, itu tadi beberapa penjelasan informasi terkait profesi sebagai data analyst. Dari informasi tersebut, apakah kamu tertarik meniti karir di bidang ini?

Apakah kamu merasa cocok dan memiliki bakat di bidang analisis data? Apakah kamu masih ragu-ragu terhadap minat dan bakat karirmu?

Jangan khawatir! Sekarang sudah hadir Ekrutes.id yang mampu menjawab keraguanmu seputar karir.

Di Ekrutes.id, kamu dapat menemukan minat dan talenta dalam dunia karir dengan metode asesmen, salah satunya psikotes online!

Hasilnya? Tentunya sudah terbukti valid dan reliabel!

Prosesnya? So pasti mudah, cepat, dan efektif!

Apalagi sekarang sudah tersedia aplikasi Ekrutes.id yang bisa kamu download di Playstore.

So, tunggu apa lagi? Start Your Test, Start Your Career bersama Ekrutes Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *