Ini Tools yang Wajib Untuk Digunakan HR Perusahaan

tools hr

Sebagai seorang HR, penting untuk mengetahui tools yang wajib digunakan HR ketika bekerja. Tools ini tentunya akan membantu dalam mempermudah pekerjaan seorang HR, khususnya pada bagian administratif pekerja dalam perusahaan.

Salah satu seperti urusan penggajian, absensi karyawan, personalia, manpower planning, bahkan sampai pada proses rekrutmen. Oleh karena itu, tools yang digunakan HR wajib terintegrasi satu sama lain agar pengelolaan data karyawan dapat dilakukan lebih mudah, akurat, dan cepat.

Tools ini bisa membantu meningkatkan produktifitas kinerja HR dalam perusahaan. Berikut EKRUTES.ID akan berikan kamu tools HR yang wajib untuk digunakan.

HR tools yang wajib dimiliki

1. Key Performance Indicator (KPI)

Key Performance Indicator atau yang sering disingkat dengan KPI merupakan metrik bisnis yang berguna untuk melakukan evaluasi faktor krusial yang berkaitan dengan kesuksesan perusahaan. Sehingga penting bagi setiap divisi untuk memiliki tools ini, salah satunya HR perusahaan.

Alat KPI berguna untuk mengukur peforma kinerja divisi HR pada sebuah perusahaan. Hal ini karena target KPI pada setiap divisi tentunya berbeda. Dengan tools ini, HR dapat mengukur keseluruhan pekerjaan mulai dari proses rekrutmen, seleksi, training, manajemen karir pekerja hingga perkembangan karyawan perusahaan.

Data ini berguna untuk membuat sebuah kebijakan baru dalam memajukan perusahaan. Peran HR sangat penting dalam membangun sumber daya manusia dalam perusahaan. Semakin baik SDM yang dimiliki perusahaan, maka semakin mudah perusahaan tersebut untuk berkembang.

2. Absensi pegawai

Dalam sebuah perusahaan, penting bagi pegawai untuk mengisi absensi kehadiran dan pulang. Selain itu, absensi juga berguna untuk mengetahui sistem kerja karyawan tersebut seperti libur, cuti, resign, ataupun lainnya.

Oleh karena itu, penting bagi HR untuk memiliki tools yang membantu dalam mengurus absensi perusahaan. Terlebih saat ini terdapat sistem kerja yang berbasis hybrid atau WFH (work from home), sehingga akan lebih memudahkan HR ataupun karyawan dalam melakukan absensi secara online tanpa perlu menggunakan kertas manual.

HR perusahaan dapat memilih untuk menggunakan sistem absensi berbasis fingerprint atau aplikasi online yang telah banyak disediakan. Dengan begitu, akan mudah bagi HR mengetahui waktu kehadiran karyawan tepat waktu atau terlambat.

3. Human Resource Information System (HRIS)

Human Resource Information System atau HRIS memliki fungsi penting untuk mengintegrasikan segala aktivitas yang terkait dengan SDM perusahaan, seperti absensi, daftar cuti, penggajian dengan teknologi berbasis digital. HRIS sendiri digunakan untuk meningkatkan efisiensi kinerja HR dalam urusan kepegawaian perusahaan. Dengan sistem ini, akan diketahui dengan jelas terkait produktifitas karyawan sehingga pekerjaan akan lebih efektif.

Sistem HRIS sendiri biasanya telah didesain simple dan fleskibel untuk memudahkan HR dalam mengintegrasikan database pegawai perusahaan dengan berbagai fitur yang terdapat di dalamnya. Selain itu, sistem ini juga dapat memudahkan HR dalam membuat laporan kerja dan melakukan analisa informasi yang lebih akurat dan mudah. Sehingga tak perlu menghabiskan banyak tenaga dalam mengurus kegiatan administratif.

4. Salary grade

Jarang diketahui namun ada tools HR yang berguna untuk mengukur skala kompensasi pegawai. Tools ini berguna untuk membantu HR mengukur skala gaji yang baik untuk para pegawainya dalam sebuah perusahaan. Selain itu, tools ini berguna untuk melihat tingkatan gaji pada setiap posisi dan kompensasi yang harus diberikan.

Selain itu, tools salary grade biasanya telah terintegrasi dengan payroll sehingga memudahkan HR dalam mengelola penggajian karyawan dengan mudah. Selain itu, memperjelas struktur gaji karyawan dengan detail dan akurat.

5. Alat rekrutmen

Saat ini telah banyak aplikasi pencarian kerja yang dapat digunakan oleh HR untuk melakukan proses rekrutmen. HR hanya perlu memasukan persyaratan dan jobdesk yang akan dilakukan posisi yang tengah dibuka. Tak hanya itu, tools ini dapat memudahkan HR melakukan penyortiran terkait resume kandidat mana yang cocok terhadap posisi tersebut.

Tak hanya berguna untuk mencari kandidat, saat ini terdapat rekrutmen tools yang dapat digunakan untuk melakukan tes kompetensi kerja. Biasanya, tes ini dirancang khusus untuk melihat dan menggali potensi para calon kandidat. Sehingga HR perusahaan dapat mencari karyawan dengan potensi terbaik dan tepat.

Salah satu tools HR yang memudahkan proses rekrutmen adalah EKRUTES.ID. EKRUTES.ID merupakan platform aplikasi yang berfokus pada HR Management System, yang berfokus pada proses rekrutmen dan pengembangan sumber daya manusia. Unggul dengan produk psikotes yang valid, real time, dan efisien. Kami juga mempermudah setiap orang untuk memahami diri sendiri dengan melakukan psikotes secara mandiri. Didukung oleh tim R&D dan tim teknologi yang handal, report analitik psikotes EKRUTES.ID mudah dipahami oleh semua kalangan.

HR bisa memanfaatkan job posting gratis dan tanpa batas dengan membuat akun di perusahaan. Itu lah, tools yang wajib dimiliki oleh HR perusahaan. Sebagai seorang HR, efisiensi dalam mengerjakan suatu tugas akan mempermudah untuk mengurus kepegawaian perusahaan. Sebab, HR memiliki tanggung jawab besar terkait dengan sumber daya manusia pada suatu perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *