Talent Management: Pengertian dan Manfaat untuk Perusahaan

talent management

Di era digital saat ini, banyak perusahaan yang memanfaatkan talent management untuk memudahkan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) perusahaan. Talent management sendiri berguna untuk membantu perusahan untuk mengatasi permasalahan mengenai karir karyawan, di perusahaan yang menggunakan HRIS.

Penggunaan talent management sendiri dapat membantu HRD perusahaan, untuk meraih kesuksesan dalam mengelola sumber daya manusia dalam perusahaan. SDM sendiri merupakan seseorang yang siap untuk memberikan sumbangan berupa tenaga atau kemampuan, dengan tujuan untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Biasanya perusahaan akan mencari SDM yang memiliki tiga aspek berikut, yakni pendidikan, pengalaman, dan pelatihan.

Talent management akhirnya hadir untuk membantu perusahaan mengatasi permasalahan karir karyawan di dalamnya. Hal ini karena pada umumnya, karyawan yang bekerja pada sebuah perusahaan pasti menginginkan pengembangan pada karirnya. Lantas apa yang dimaksud dengan talent management? Di sini EKRUTES.ID akan membantu kamu mengatahui topik tersebut lebih jauh. Yuk, di simak!

Pengertian talent management

Talent management merupakan sebuah rangkaian proses dalam mengelola sumber daya manusia dalam organisasi terpadu, yang berguna untuk mengembangkan, memberi motivasi, dan mempertahankan produktifitas karyawan dalam perusahaan.

Jadi, dapat dikatakan bahwa talent management system merupakan sebuah perencanaan yang strategis dalam mengelola, mengidentifikasi, dan mengembangkan kemampuan karyawan dengan memanfaatkan sistem aplikasi atau teknologi.

Terdapat lima elemen yang dapat dimanfaatkan dari seorang karyawan untuk perusahaan, yakni:

  1. Pendidikan
  2. Keterampilan atau skill
  3. Potensi atau kemampuan
  4. Pengalaman
  5. Pelatihan yang pernah diikuti

Evolusi talent management

Talent management sendiri telah bermula berawal pada tahun 1980-an dan 1990-an, awalnya manajemen ini berfokus pada pengembangan pegawai internal organisasi, sehingga menyebabkan banyaknya peran manajemen untuk posisi menengah dalam perusahaan. Hingga akhirnya, terjadi penurunan ekonomi global yang membuat seluruh bisnis direstrukturisasi. Sehingga, talent management digunakan juga untuk menarik talenta eksternal.

Pada tahun 1990-an, beberapa perusahaan mulai menyadari bahwa waktu yang digunakan untuk merekrut karyawan baru dan kehilangan orang yang berpengalaman, memiliki kecepatan yang sama. Sehingga, perusahaan menjadi lebih fokus untuk mempertahankan dan membina karyawan yang tetap bertahan di perusahaan tersebut.

Namun pada masa itu, proses yang digabungkan oleh HRD perusahaan tidak memiliki modul terpusat, sehingga informasi yang diberikan seringnya kurang optimal. HRD yang melakukan proses rekrutmen juga masih harus menggunakan metode lama yang membutuhkan waktu panjang.

Sehingga, talent management system dirancang untuk mengintegrasikan seluruh modul SDM perusahaan dalam satu platform. Dengan begitu, seluruh alur kerja perusahaan akan menjadi otomatis dan berbasis pada sistem digital. Hal ini berguna untuk menciptakan efisiensi kerja pada sebuah perusahaan.

Cara kerja talent management system

Pada penggunaannya talent management system nantinya akan mengintegrasikan suluruh modul yang berguna dalam melakukan rekrutmen dan mengembangkan kemampuan karyawan dalam perusahaan. Meski biasanya HRD telah memiliki sistem rekrutmen dan manajemen kerja sendiri, namun dengan memanfaatkan sistem ini tentunya dapat lebih memudahkan proses tersebut karena telah berbasis pada aplikasi yang sudah terintegrasi.

Biasanya, sistem talent management system dijalankan pada aplikasi atau web di google. Dengan platform tersebut, HRD perusahaan dapat mendapatkan berbagai manfaat salah satunya dalam penyimpanan data karyawan, serta keamanan data yang lebih terjamin . Selain itu, jika aplikasi telah terintegrasi dengan data karyawan, platform ini dapat memudahkan HRD untuk mengurus kebutuhan karyawan seperti penggajian, program training, perencanaan karir, absensi, data cuti lembur, dan lainnya.

Proses dari talent management system

1. Merencanakan

Dalam proses perencanaan, HRD harus memastikan bahwa pekerja memiliki kemampuan yang selaras dengan kebutuhan bisnis perusahaan. Sehingga, penting bagi HRD melakukan diskusi kerja sama dengan pemimpin tim untuk memahami tujuan bisnis perusahan.

2. Merekrut karyawan

HRD dapat mencari kandidat yang berkualitas dengan memanfaatkan talent management. Karena pada proses ini, sistem tersebut dapat bekerja mencari kandidat yang sesuai dan mengarahkan kandidat untuk proses rekrutmen berlangsung.

3. On boarding karyawan baru

Bagi perusahaan yang telah menggunakan sistem ini, HRD dapat mengarahkan karyawan tersebut untuk mendapatkan materi training khusus pada aplikasi. Selain itu, HRD dapat dengan cepat melakukan proses offer tanpa kertas, hanya dengan menggunakan mencantumkan dokumen pada sistem tersebut.

4. Mengelola kinerja

HRD dapat melakukan pemantuan dan bantuan kepada karyawan terkait dengan kinerjanya dalam perusahaan.  HRD dapat menggunakan perencanaan Tindakan menajemen kinerja yang berkelanjutan dalam sistem tersebut.

5. Apresiasi

Sistem ini juga dapat membantu HRD untuk mengetahui karyawan mana yang memiliki kinerja baik, sehingga patut untuk diapresiasi.

6. Mengembangkan karyawan

Sistem ini dapat membantu untuk memberikan pengalaman belajar yang modern dan menarik, sehingga pekerja dapat mengembangkan kemampuan dirinya lebih baik lagi. Selain itu, HRD juga dapat menjadwalkan untuk pelaksanaan pelatihan tersebut, Mengembangkan jiwa proaktif serta kepemimpinan.

Manfaat talent management system

Berikut manfaat yang didapatkan perusahaan dengan menggunakan talent managemet system:

1. Kemudahan akses data

Dengan menggunakan talent management system, perusahaan dapat mengintegrasikan seluruh proses pada kegiatan HR.

Hal ini dapat berguna untuk menghindari kesulitan untuk menganilasa data yang telah dikumpulkan oleh HRIS. Sistem ini nantinya akan mempermudah dalam berbagi data dan memberikan kemudahan dalam mengaksesnya.

2. Memudahkan proses rekrutmen

Dengan menggunakan talent management system, HRD tentunya dapat terbantu dalam proses rekrutmen karyawan. HRD akan lebih mudah dalam mencari kandidat yang potensial dan memiliki kemampuan sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.

HRD hanya perlu untuk memasang deskripsi kerja, syarat kualifikasi, melakukan monitoring, dan membuat kemudahan untuk mengelola penawaran kerja. Dengan sistem manajemen yang telah terintegrasi tersebut, HRD hanya perlu fokus pada kandidat yang mengikuti proses tersebut.

3. Mengelola program training

Pada kerja sistem yang lebih terorganisir ini, HRD akan lebih efisien dalam program training dan proses adaptasi karyawan akan lebih mudah tercapai dengan sistem tersebut. Sistem ini dapat membuat dan menyimpan informasi profil karyawan yang didapatkan selama proses rekrutmen dan wawancara.

Dengan sistem yang telah diotimatisasi, dapat membantu HRD untuk mengurus kegiatan administrasi karyawan baru, sehingga bisa menghemat waktu dan lebih fokus kepada kandidat tersebut.

4. Mempertahankan karyawan terbaik

Ketika perusahaan telah menemukan karyawan terbaik yang memiliki semangat kerja tinggi, maka HRD harus mampu mempertahankan karyawan tersebut. Dalam sistem ini, seluruh data mengenai karyawan disimpan dalam satu sistem data dan diatur untuk menjadi profil diri. Melalui profil tersebut, HRD dapat melihat dan melakukan evaluasi terkait kinerja, goals, keahlian, dan tujuan karir ke depan. Talent management system merupakan platform yang tepat untuk menyimpan data administrasi dan laporan seputar karyawan.

5. Pengembangan diri pekerja

Dengan menggunakan talent management system perusahaan dapat memanfaatkannya sebagai opsi untuk pengembangan diri karyawan. Platform sistem ini mampu untuk memfasilitasi karyawan dalam mengambil program pelatihan training, atau program yang sesuai dengan sertifikasi keahlian profesi pekerja.

Sistem ini juga mampu untuk mengumpulkan data mengenai skill yang dimiliki pekerja dalam perusahaan, sehingga memudahkan kerja HRD dalam memberikan training pelatihan kerja.

Itu dia informasi pengertian serta manfaat dari talent management system. Seiring berjalannya waktu kemudahan teknologi, harus dimanfaatkan dengan baik oleh perusahaan untuk membantu jalannya operasional perusahaan ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *