Dapat Dua Tawaran Pekerjaan? Lakukan 5 Pertimbangan ini

tawaran kerja

Kamu merasa sangat bersyukur sekaligus bingung karena mendapatkan tawaran pekerjaan secara bersamaan? Hal ini bisa saja terjadi ketika kamu melamar pekerjaan di banyak perusahaan. Terus kamu harus pilih yang mana? Nah di sini pentingnya melakukan pertimbangan.

Dengan pertimbangan, kamu akan lebih mudah untuk menentukan pilihan yang terbaik untukmu. Berikut EKRUTES.ID akan berikan kamu informasi lima pertimbangan yang harus kamu buat sebelum memilih tawaran pekerjaan.

5 Pertimbangan penting untuk tawaran pekerjaan

1. Gaji

Gaji adalah hal pertama yang patut kamu pertimbangkan ketika mendapatkan dua tawaran pekerjaan secara bersamaan. Menanyakan nominal pada tahap negosiasi gaji adalah hal yang biasa terjadi, sehingga jangan merasa sungkan atau ragu untuk bertanya terkait hal tersebut agar mendapatkan kejelasan. Kamu bisa menanyakan apakah gaji yang diberikan tersebut merupakan gaji bersih atau ada potongan lain.

Jika kamu merasa gaji yang ditawarkan lebih rendah dari perusahaan lain, kamu bisa melakukan negosiasi dengan pihak HR. Usahakan untuk menyampaikan keinginanmu dengan bahasa yang baik dan sopan agar tidak terjadi kesalahpahaman, selain itu berikan alasan yang logis mengapa kamu layak untuk mendapatkan nominal gaji tersebut.

2. Kontrak kerja

Ketika kamu mendapatkan offering pekerjaan, tentu ada kontrak kerja yang harus disepakati bersama. Perhatikan isi kontrak kerja dengan teliti terutama pada status kerjamu, apakah kamu merupakan pegawai kontrak atau pegawai tetap namun perlu menjalani probation.

Selain itu, pahami setiap poin mengenai pemutusan hak kerja, resign, cuti, dan hal lainnya yang dicantumkan pada isi kontrak kerja tersebut. Kamu perlu memperhatikan apakah terdapat penalti jika kamu mengajukan resign, sebelum masa kontrak kerja berakhir atau kesempatan untuk menjadi pegawai tetap.

Dokumen kontrak kerja sendiri memiliki fungsi untuk memberikan kejelasan mengenai hak dan kewajiban yang harus diberikan perusahaan kepada pekerjanya. Sehingga jika terdapat kecurangan yang dilakukan perusahaan di masa mendatang, kamu dapat menuntut hak tersebut.

3. Job desc

Ketika kamu mendaftar sebuah pekerjaan, pastinya kamu diberikan job desc yang akan menjadi tanggung jawabmu ke depannya. Job desc dapat menjadi pertimbanganmu untuk menerima tawaran pekerjaan, dengan memastikan bahwa job desc yang kamu lakukan memang sesuai dengan posisi yang kamu lamar.

Hal ini dapat menghindari kamu untuk mengerjakan job desc lain yang bukan menjadi tanggung jawabmu, dan tidak dibayar untuk mengerjakan tanggung jawab tersebut. Sehingga bagi kamu yang merupakan jobseeker terutama fresh graduate, penting untuk lebih berhati-hati dalam memilih tawaran pekerjaan.

Cobalah untuk meminta agar job desc yang diberikan tertulis dan terdokumentasi dengan jelas pada kontrak kerja, hal ini dapat menghindarkan kamu dari pekerjaan yang bukan menjadi bagian dari tanggung jawab kamu pada posisi tersebut.

4. Jenjang karier

Sebagai seorang pekerja, jenjang karier merupakan hal yang diharapkan dalam dunia kerja. Oleh karena itu, jenjang karier dapat menjadi salah satu pertimbangan bagi kamu untuk menerima tawaran pekerjaan. Ketika kamu mengetahui jenjang karier yang jelas pada sebuah perusahaan, tentu kamu dapat dengan mudah mengetahui bagaimana perusahaan tersebut memberikan penghargaan atas kinerjamu nantinya.

Kamu juga dapat mengetahui perkembangan kariermu beberapa tahun ke depan, seperti posisi apa yang nanti akan kamu dapatkan, serta benefit apa saja yang akan kamu terima dari posisi tersebut. Dengan mendapatkan jenjang karier yang jelas, tentunya dapat memotivasi pekerja untuk meningkatkan peforma dalam mencapai target perusahaan.

5. Lingkungan dan budaya perusahaan

Salah satu hal yang dapat menjadi pertimbangan ketika kamu mendapatkan penawaran kerja adalah lingkungan dan budaya kerja perusahaan. Aspek ini juga tidak kalah penting dari yang lainnya, karena lingkungan dan budaya kerja dapat mempengaruhi peforma kamu dalam bekerja.

Ketika seorang pekerja merasa tidak cocok dengan lingkungan dan budaya kerja perusahaan tersebut, bukan tidak mungkin dirinya memilih untuk resign dan mencari perusahaan lainnya. Hal ini juga berpengaruh besar pada produktivitas pekerja setiap harinya, karena pekerja yang merasa tidak nyaman dengan lingkungan dan budaya kerja perusahaan akan membuat dirinya malas untuk bekerja.

Oleh karena itu, penting bagi kamu mencari tahu bagaimana lingkungan kerja sebuah perusahaan sebelum kamu menerima tawaran tersebut. Hal ini berguna bagi kamu agar dapat merasa nyaman ketika bekerja nantinya. Jangan sampai kamu menerimanya begitu saja, namun mengajukan resign karena merasa tidak cocok saat bekerja. Hal tersebut karena dapat memberikan pengaruh besar kepada riwayat pekerjaanmu nantinya.

Itulah 5 pertimbangan yang dapat kamu lakukan ketika mendapat dua tawaran pekerjaan sekaligus. Pikirkanlah berbagai pertimbangan secara matang-matang sebelum memutuskan untuk menerima pekerjaan yang ditawarkan. Sebab, jika kamu menerimanya secara asal-asalan hal tersebut dapat menjadi boomerang tersendiri untukmu ke depannya. Cek informasi lainnya seputar dunia kerja di aplikasi EKRUTES.ID.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *