Kerjaan Bikin Stress? Berikut Cara Mengatasi Stress Kerja!

cara mengatasi stress kerja

Stress dalam pekerjaan sangat lumrah terjadi. Oleh karena itu untuk mengetahui cara mengatasi stress kerja simaklah penjelasan berikut ini.

Stress adalah reaksi tubuh baik secara fisik maupun mental terhadap ancaman, perubahan atau tekanan yang mengenai seseorang.

Stres muncul ketika seseorang berada pada situasi atau kondisi yang membuat seseorang marah, gugup, putus asa, atau bersemangat.

Stress bisa muncul kapan saja di kondisi atau situasi tak terduga sekalipun.

Biasanya disebabkan oleh rutinitas pekerjaan itu sendiri atau menumpuknya pekerjaan setiap hari.

Jenis – Jenis Stress

cara mengatasi stress kerja 3

Ternyata tidak semua stress berakibat buruk untuk tubuh kamu. Berdasarkan penelitian ternyata ada jenis stress yang bermanfaat untuk tubuh, berikut penjelasannya.

1. Stress Baik

Jenis stress ini membantu tubuh kita dalam pengaturan imun dan menghasilkan energi yang baik untuk tubuh.

Stress jenis ini muncul karena pengalaman atau kejadian positif yang kamu alami.

2. Distress Internal

Berbeda dengan stress baik, distress internal muncul karena adanya pengalaman negatif atau buruk yang kamu alami.

Hal ini bisa kamu alami secara sadar maupun tidak.

Respon tubuh terhadap pengalaman buruk yang kamu jumpai memicu emosi negatif pada diri kamu. sehingga menyebabkan gangguan psikologis yang berakibat buruk pada tubuh kamu.

3. Distress Akut

Distress akut atau hiperstress disebabkan oleh hal buruk yang terjadi dan berlalu dengan cepat.

Biasanya karena kamu menimbun masalah atau stress yang bertumpuk.

Hal ini sangat berbahaya untuk tubuh. Karena ketika mendapati emosi meluap, stress yang tertimbun akan membuat keadaan kamu semakin kacau dan berbahaya.

Baca juga: Pentingnya Komunikasi Efektif untuk Mendukung Karir

4. Hypostress

Stress jenis ini muncul karena kamu merasa tidak memiliki tantangan dalam hidup.

Merasakan bosan yang berlebih karena tidak memiliki kegiatan apapun.

Hipo Stress bisa menyebabkan depresi jika terjadi berkelanjutan dan dalam jangka waktu yang lama.

Hal ini jelas sangat berbahaya untuk kesehatan fisik dan mental kamu.

5. Stress Eustress

Jenis yang terakhir ini memiliki kesamaan dengan stress baik.

Karena memunculkan sikap waspada dan siap terhadap tantangan.

Mirip dengan hormon endorfin, eustress bisa memicu kekuatan kamu untuk menghadapi suatu masalah atau dalam mengambil keputusan.

Penyebab Stress Dalam Pekerjaan

Untuk bisa mengatasi stress kerja, kamu perlu tau penyebab dari munculnya stress kerja yang bisa mengenai siapapun. 

Penyebab stress di pekerjaan memang sangat beragam, namun tiga faktor paling utama yaitu tekanan dari atasan, rekan kerja dan tuntutan pekerjaan.

Namun ada juga faktor pendukung lainnya.

Berikut ini adalah beberapa penyebab stress yang pada umumnya diakibatkan oleh pekerjaan:

1. Beban Kerja Tinggi

Beban kerja pada setiap orang memang berbeda – beda, biasanya dipengaruhi jabatannya.

Semakin tinggi jabatan maka beban dan tanggung jawab semakin besar.

Orang dengan jabatan lebih tinggi mempunyai tingkat stress lebih tinggi pula dibanding bawahannya.

Hal itu jelas dipengaruhi oleh beban kerjanya.

Oleh karena itu, ketika mengambil atau mendapatkan posisi tertentu dalam pekerjaan.

Kamu sudah harus siap dengan tanggung jawab dan konsekuensi dari beban pekerjaan di posisi tersebut.

Baca juga: Work Life Balance dan Manfaatnya Dalam Kehidupan Karir

2. Deadline Kerja Ketat

Tenggat waktu adalah hal yang lumrah terjadi di dalam pekerjaan.

Hampir semua pekerjaan menggunakan deadline sebagai batas penyelesaian pekerjaan untuk tujuan ketepatan waktu dan sebagainya.

Deadline yang ketat jelas akan menyebabkan stress, karena merasa diburu – buru dan ditekan terus menerus.

Belum lagi jika ditambah dengan beratnya beban pekerjaan yang harus diselesaikan.

3. Ketidakpastian status

Hal ini biasanya terjadi pada karyawan yang masih berstatus kontrak dan belum memiliki kejelasan status.

Hal tersebut menimbulkan kecemasan pada karyawan kontrak.

Stress biasanya terjadi karena kekhawatiran terhadap masa depan yang belum jelas.

Belum lagi kemungkinan kehilangan pekerjaan dan sulitnya mendapatkan pekerjaan lain.

4. Masalah dengan rekan Kerja

Ini menjadi salah satu faktor utama penyebab stress di dalam pekerjaan.

Konflik dengan rekan kerja bisa terjadi dengan atasan ataupun kolega sejawat.

Konflik yang terjadi dengan rekan kerja akan mengganggu kenyamanan dalam bekerja.

Karena lingkungan kerja yang positif akan mendukung kinerja dalam bekerja, dan sebaliknya.

5. Mengisi Beberapa Posisi

Dengan memegang beberapa posisi maka beban pekerjaan akan semakin berat juga. Hal ini jelas memicu stress yang lebih tinggi.

Hal ini biasanya terjadi pada perusahaan yang memiliki sumber daya terbatas.

Faktor ini juga bisa menjadi penyebab utama stress dan harus kamu atasi.

Baca juga: Tips Agar Tidak Bosan Kerja dan Terhindar dari Burnout

Cara Mengatasi Stress Kerja

Setelah mendapatkan penjelasan tentang penyebab stress maka kamu juga perlu tau bagaimana cara mengatasi stress tersebut.

Simak penjelasan di bawah ini untuk mengatasi stress yang kamu hadapi.

1. Mencari Tahu Penyebab Stress

Untuk bisa mengelola dan mengatasi stress, kamu harus mengenali dulu penyebab stress yang kamu alami.

Dengan mengetahui penyebabnya maka kamu bisa mengatasinya dengan tepat dan cepat.

Coba identifikasi penyebab stressmu, mungkin rekan kerja, beban pekerjaan atau masalah lainnya.

Identifikasi yang tepat akan memudahkan kamu mengatasinya, dan sebaliknya.

2. Fokus Pada Tugas Pribadi

Kamu hanya perlu fokus pada urusan dan pekerjaanmu. Tidak perlu mengurusi urusan orang lain yang bisa mengganggu fokus dalam bekerja.

Mengabaikan hal – hal penting dan fokus pada pekerjaan akan sangat membantu kinerjamu.

Jangan mudah tersita dengan gunjingan dari rekan kerja yang membuatmu hilang fokus.

3. Menentukan Prioritas

Apalagi jika kamu memiliki list pekerjaan yang banyak. untuk mengatasi tugas menumpuk dan terlewat maka tentukan prioritas tugas yang akan kamu kerjakan.

Mulailah dari pekerjaan yang paling dekat dengan deadline.

Kemudian fokus pada pekerjaan tersebut baru mulai mengerjakan pekerjaan lain.

4. Tempat Kerja Nyaman

Kenyamanan dalam bekerja juga bisa dipengaruhi oleh tempat kerjamu yang nyaman. Buatlah meja kerja pribadimu senyaman mungkin.

Meja yang tertata rapi biasanya menambah kenyamanan dalam bekerja.

Selain itu tambahkan benda – benda kesayangan kamu yang menambah semangat kamu dalam bekerja.

Setelah penjelasan mengenai pengertian, penyebab, dan cara mengatasi stress.

Kamu perlu tahu bahwa mengenali diri sendiri adalah hal penting agar kamu bisa mengidentifikasi penyebab dan cara mengatasi stress kerja.

Untuk itu, Ekrutes.id bisa membantu kamu untuk melakukan psikotes melalui asesmen yang valid dan reliabel.

Ini akan mempermudah kamu untuk menemukan link and match dengan talent atau industri.

Ekrutes.id juga menyediakan portal job dengan sistem pengumpulan data terbaik.

Dengan sistem tersebut maka perusahaan bisa menemukan dan memutuskan kandidat yang sesuai dengan kebutuhannya.

Fitur Assessment Tool juga membantu perusahaan untuk mengevaluasi performa karyawan karena menyediakan laporan tes yang akurat

Ada juga fitur talent management untuk memudahkan pencarian kandidat tanpa membuka lowongan pekerjaan dan sistem manajemen informasi bagi seluruh karyawan.

Untuk mendapatkan fitur keren dan terbaik dari Ekrutes, kamu bisa mendownload aplikasinya di Ekrutes.id ayo lakukan tes untuk karir dan pekerjaanmu. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *