Apa itu Politik Kantor? Berikut 8 Cara Menghadapinya

politik kantor

Berbagai istilah sering ditemukan dalam dunia kerja, salah satunya politik kantor. Banyak dari pekerja pasti menganggap istilah tersebut merupakan hal yang tabu. Padahal, politik yang terjadi di kantor penting untuk diketahui pekerja untuk mengetahui arus budaya kerja dalam kantor.

Ketika seorang pekerja tak mengetahui istilah politik kantor, pekerja tersebut dapat saja dipermainkan oleh rekan atau atasan kerjanya untuk kepentingan pribadi. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebagai pekerja penting untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan politik kantor.

Di sini EKRUTES.ID akan memberitahu kamu apa itu politik kantor dan 8 cara menghadapinya. Yuk, disimak!

Apa yang dimaksud politik kantor?

Politik kantor adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh seorang pegawai dalam kantor yang bertujuan untuk meningkatkan status serta meraih tujuan diri sendiri dengan mengorbankan orang lain dalam prosesnya. Tindakan politik kantor biasanya bersifat tidak resmi karena tak terdapat kepentingan kantor di dalamnya, sehingga politik dalam kantor biasanya memiliki konotasi yang negatif.

Meski lebih sering dianggap negatif, ternyata masih terdapat aspek – aspek baik dari kegiatan politik kantor. Seperti, kegiatan politik kantor bisa menjadi upaya untuk membuat relasi kerja dan memperkuat hubungan pekerja dengan atasan.

Selain itu, istilah ini juga memiliki definisi sebagai sebuah kegiatan, sikap, atau perilaku yang digunakan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan atau keuntungan dalam sebuah perusahaan.

Politik kantor biasanya selalu terdapat pada setiap perusahaan. Sehingga sebagai seorang pegawai, kita penting untuk mengetahui arus budaya kerja di perusahaan untuk mengetahui politik kantor yang terjadi di dalamnya.

Meski begitu, sebenarnya politik kantor tak salah untuk digunakan dengan tujuan positif seperti membangun relasi kerja bersama atasan atau stakeholder perusahaan.

Penyebab politik kantor

Biasanya, politik kantor terjadi karena terdapat motif dari seorang individu yang memiliki tujuan untuk mencapai target dalam pekerjaannya atau ingin mempertahankan posisi dalam perusahaan tersebut. Biasanya, untuk mencapai hal tersebut seorang individu dapat menjatuhkan rekan kerja lainnya di depan atasan atau bahkan melobi atasan tempat kerjanya.

Tak sampai disitu, biasanya seorang yang ingin melakukan kegiatan tersebut juga memanfaatkan berita negatif  yang tengah ramai di kantor, untuk menjadi bahan mewujudkan tujuannya. Dengan memanfaatkan berita yang tersebar, individu tersebut dapat memunculkan rumor baru mengenai rekan kerjanya sehingga perlahan dapat menimbulkan masalah.

Dampak dari politik kantor yang terjadi

Kegiatan negatif yang terjadi di kantor, pastinya dapat menimbulkan dampak buruk pada lingkungan kerja. Dampak buruk ini, nantinya akan begitu terasa pada budaya perusahaan yang menjadi toxic hingga menimbulkan ketidaknyamanan di antara pekerja.

Hal ini bisa terjadi karena kuatnya rasa persaingan hingga menjatuhkan orang lain dan menjilat atasan kerja untuk kepentingan diri sendiri. Sedangkan, pada karyawan yang terdampak dari kegiatan tersebut akan merasa tidak terima hingga melakukan pembalasan dendam.

Perasaan ini lah yang dapat menjadi konflik ke depannya jika terjadi secara terus menerus, sehingga mengurangi keharmonisan dan rasa kerja sama antara karyawan satu dengan yang lainnya. Selain itu, politik kantor juga dapat menyebabkan produktifitas pekerja mernurun karena hal tersebut.

6 cara menghadapi politik kantor

Bagi para pekerja yang terdampak dari permasalahan ini, kalian dapat menghadapi hal tersebut dengan menerapkan 6 cara berikut:

1. Fokus pada pekerjaan

Meski kegiatan ini dapat menyebabkan suasana kerja menjadi tidak nyaman, namun sebagai pekerja kita tetap penting untuk fokus terhadap pekerjaan kita. Alihkan sejenak pikiran mengenai masalah yang terjadi dan fokus mengerjakan tugas dengan baik.

Namun, usahakan untuk tetap update mengenai perkembangan aktivitas politik yang terjadi di kantor. Hal tersebut berguna sebagai pertahanan diri agar kamu tidak dimanfaatkan oleh karyawan yang melakukan kegiatan tersebut di kantor.

2. Jangan terpengaruh emosi

Ketika bekerja kita tentu menginginkan lingkungan kerja yang baik, namun jika hal tersebut terjadi usahakan untuk tidak terpengaruh pada hal tersebut. Terlebih jika kalian lah yang menjadi target politik tersebut, berusahalah untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh untuk membalas tindakan tersebut.

Sebab dengan kalian membalas tindakan tersebut, hal ini bisa saja menjadi boomerang untuk kalian ke depannya. Namun jika kalian telah merasa hal tersebut keterlaluan, kalian bisa memikirkan cara untuk berbicara secara empat mata bersama orang tersebut.

3. Berdiskusi dengan rekan

Dalam politik kantor, semua orang dapat melakukan apapun termasuk mengakui hasil kerja milik orang lain. Hal ini biasanya terjadi karena kalian dianggap terlalu naif dalam dunia kerja. Sehingga kalian harus mulai untuk berbicara secara langsung dengan orang tersebut tanpa emosi.

Dengan melakukan perlawanan tersebut, rekan kerjamu pasti akan merasa segan sehingga berpikir dua kali untuk menargetkanmu sebagai korban dari politik yang dilakukan.

4. Diskusikan hasil kerja dengan atasan

Jika kalian merasa tak percaya dengan sesama rekan kerja karena politik kantor yang terjadi, kalian dapat langsung mendiskusikan hasil kerja yang dibuat kepada atasan kerja. Selain hasil kerja, kalian juga dapat menyampaikan ide dan berdiskusi langsung dengan atasan tanpa perantara. Dengan begitu, kalian dapat meminimalisir orang lain untuk mengclaim hasil pekerjaan atau ide milik kalian.

5. Mehindari gosip kantor

Langkah selanjutnya yang dapat diambil adalah menhindar dari gosip yang tersebar di kantor, terlebih jika itu merupakan gosip buruk mengenai rekan kerja atau atasan kalian. Hal ini karena biasanya gosip tersebut dapat saja ditambahkan hal – hal yang tak benar untuk menjatuhkan orang lain.

Oleh karena itu, kalian dapat mulai menghindari rekan kerja yang senang bergosip mengenai orang lain untuk menjatuhkannya. Mulai lah membuka obrolan yang tidak menjurus kepada orang lain dan keburukannya, sehingga kalian dapat terhindar dari gosip kantor.

6. Berikan hasil kerja terbaik

Tujuan kalian berada pada sebuah perusahaan, pastinya untuk memberikan kontribusi terbaik kepada perusahaan. Oleh karena itu, mulai lah untuk fokus kepada apa yang menjadi tugas utama kalian dalam bekerja.  Sehingga jika kalian mendapatkan tuduhan atau gosip yang tak benar, kalian dapat menunjukan hasil terbaik dari kinerja kalian dan menunjukan bahwa kalian tidak seperti apa yang dituduhkan.

7. Bangun suasana positif

Untuk menghadapi masalah ini, kalian harus bisa menciptakan suasana positif di kantor. Sehingga, kalian tidak perlu pusing membalaskan dendam atas rumor yang beredar. Kalian justru bisa membuat suasana tenang dan positif di lingkungan kerja.

Hal tersebut bisa dimulai dengan cara memberikan apresiasi positif kepada rekan kerja, menyemangati rekan kerja, membangun suasana hangat dan lainnya.

8. Bersikap profesional

Meski lingkungan kerja sering dianggap sebagai rumah kedua, namun kalian juga tetap harus membatasi hal apa yang ingin kalian sampaikan terutama terkait hal pribadi. Bekerja lah secara profesional dan hindari berbagai masalah yang terjadi di kantor.

Hal ini karena tidak oversharing mengenai pribadi di dunia kerja, dapat menghindari kalian dari kemunkinan buruk yang dapat terjadi. Selain itu, jagalah hubungan profesionalitas dengan baik antara rekan kerja, atasan, maupun partner bisnis perusahaan.

Itu lah pengertian mengenai istilah politik kantor dan 8 cara menghadapinya, yang wajib kalian ketahui sebagai pekerja. Jika kalian mulai merasa hal tersebut, jangan ragu untuk mengikuti cara di atas ya!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *