Pernah nggak sih kalian merasa setiap seleksi kerja selalu mengalami kegagalan di tahap psikotes? Apa yang salah ya? Aku harus jawab bagaimana? Aku harus melakukan apa?

Ketika kamu akan menghadapi seleksi kerja, sudah pasti kamu mencari tips agar dapat lulus keterima kerja. Salah satunya, tips agar lulus psikotes. Nah…psikotes sendiri diaplikasikan untuk proses seleksi kandidat yang ingin bekerja di suatu perusahaan agar dapat mengenal kandidat tersebut dari segi attitude, kepribadian, intelegensi, dll.

Baca Juga : Sering Ngingetin Tapi Malah Bikin Stress!

Banyak dari kalian pasti mengeluh ketika harus menghadapi psikotes, lalu apa yang bisa kalian lakukan agar dapat menghadapi psikotes?

1. Jawab Dengan Jujur

Pada tahapan psikotes tidak ada jawaban benar atau salah. Tes psikologi dilakukan untuk mengenali dinamika psikologi yang sebenarnya dari dalam diri kamu sendiri. Pada tahapan ini jawablah soal-soal psikotes dengan jujur apa adanya. Para Human Resources akan mengetahui jika kamu menjawab tahapan psikotes ini dengan berbohong. Kalau kamu menjawab bohong, sudah jelas kamu akan tereleminasi. Maka dari itu, usahakan jawab dengan jujur dan konsisten ya.

unsplash.com
2. Cermati Instruksi Tes

Ketika kamu dihadapkan psikotes, pastikan kamu dengarkan dan baca instruksi tes dengan seksama. Psikotes memiliki bermacam tipe dan bentuk soal, maka dari itu dengarkan dan perhatikan instruksi dengan teliti. Beberapa tes juga menyediakan contoh soal dan latihan sebelum mengerjakan tes. Ada baiknya kamu cermati hal tersebut. Ikuti instruksi yang diberikan oleh tester.

3. Baca Pertanyaan Dengan Teliti

Jika kamu mendapatkan soal psikotes jangan terburu-buru dikerjakan. Baca soal dua kali agar kamu dapat memahami soal. Terkadang beberapa pertanyaan menggunakan kata “kecuali”, “sinonim”, “antonim”. Jika tidak teliti bisa jadi kamu akan terjebak. Perlu ketelitian untuk dapat memahami soal, sehingga kamu juga dapat memberikan jawaban yang sesuai.

unsplash.com
4. Usahakan Tidak Menunda Jawaban

Mungkin kamu pernah mendapatkan rekomendasi untuk mengerjakan soal yang gampang terlebih dahulu. Mungkin ini berhasil untuk sebagian orang, dan belum tentu berhasil untuk sebagian orang lainnya. Beberapa orang justru lupa mengerjakan pertanyaan yang dilompati atau malah kehabisan waktu untuk mencari kembali soal mana saja yang belum dikerjakan. Selama kamu merasa bisa mengerjakannya saat itu juga, maka kerjakanlah.

5. Gunakan Proses Eliminasi

Rata-rata pertanyaan di awal masih mudah dikerjakan, lalu semakin lama akan semakin sulit. Supaya kamu tidak membuang waktumu terlalu lama untuk mengerjakan soal yang mungkin sulit untuk kamu mengetahui jawabannya maka gunakan proses eliminasi. Bacalah dengan teliti setiap kemungkinan  jawaban. Ketika terdapat jawaban yang tidak masuk akal, kesampingkan dulu dan jawab yang menurut kamu lebih masuk akal untuk jawaban dari soal tersebut.

Itulah tips-tips yang bisa kamu lakukan ketika akan mengahadapi psikotes. Intinya, persiapkan dirimu dan pastikan kamu dalam keadaan prima saat psikotes. Jujur dan teliti menjadi kunci dalam mengerjakan psikotes. Semoga setelah kamu membaca tips ini, kamu bisa keterima kerja ya. Selamat mencoba!

Jika kamu ingin mendapatkan informasi lebih lengkap seputar lowongan kerja, tips, dan psikotes online gratis, langsung kunjungi EKRUTES.ID disini ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *