Cara Mudah Adaptasi Di Kantor Baru

Pindah tempat kerja tentu membutuhkan adaptasi dari awal lagi, namun kita juga harus cepat beradaptasi agar kinerja kita juga efektif. Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk dapat beradaptasi di kantor baru? Berikut ini tips mudah untukmu,

Baca Juga : Remote Working Nggak Selamanya Menyenangkan

1. Mulailah Pembicaraan

Jangan sungkan atau malu untuk mengajak berbicara rekan kerja baru kamu terlebih dahulu. Dengan memulai percakapan terlebih dahulu, orang tersebut merasa dihargai dan kamu telah menunjukkan usaha untuk ingin mengenal rekan kerja yang baru.

2. Bersikap Sopan

Berbicara dan berperilaku sopan pada setiap karyawan, apapun posisinya, baik mereka satpam, petugas kebersihan, atasan, dan siapapun. Karena perilakumu sangat mencerminkan kepribadianmu. Jangan sampai rekan kerjamu menilai burukĀ  sebelum mereka mengetahui kepribadianmu yang sebenarnya.

unsplash.com
3. Kumpul Bersama Rekan Kerja

Rekan kerja baru kamu bisa jadi mengajak makan siang atau sekadar mengobrol. Ikuti saja ajakan itu karena di sanalah kesempatanmu untuk lebih akrab dengan mereka. Mempunyai hubungan yang baik dengan rekan kerja bisa membuat kamu betah bekerja di kantor baru. Kalian juga pasti jadi lebih cepat beradaptasi.

4. Tidak Membanding-bandingkan

Kerja di tempat baru pasti berbeda dengan kantor yang lama, jadi jangan sampai kalian membanding-bandingkan ya. Hal ini tidak etis, apalagi jika omongan kalian terdengar oleh rekan kerja atau atasan baru kamu.

5. Hindari Bergosip

Gosip kantor dan dunia perpolitikan di kantor memang paling sering dan pasti terjadi di lingkungan kerja. Sebagai karyawan baru, lebih baik hindari hal tersebut agar jauh dan terbebas dari masalah. Meskipun kalian diajak bergosip, cobalah menajdi orang yang bijak dan objektif.

6. Lakukan Yang Terbaik

Walaupun kamumasih dalam masa adaptasi, bekerjalah dengan sebaik-baiknya. Jangan memberikan kesan yang tidak baik dengan bersikap tidak professional. Misalnya, jangan sampai terlambat ke kantor dengan datang lebih awal. Menyelesaikan tugas dengan tepat waktu dan aktif dalam mengikuti diskusi saat meeting.

Informasi seputar lowongan kerja terbaru, tips pengembangan diri, dan psikotes gratis kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.