5 Skill yang Harus Dimiliki Social Media Specialist, Kamu Tertarik?

social media specialist

Posisi social media specialist tengah menjadi pekerjaan yang banyak diminati oleh para jobseeker. Sehingga, tidak heran jika saat ini banyak workshop atau bootcamp yang memberikan materi seputar skill yang dibutuhkan pada bidang tersebut.

Pekerjaan social media specialist banyak diminati, sejak media sosial mulai dimanfaatkan oleh perusahaan untuk meningkatkan brand awareness atau campaign perusahaan. Tidak hanya itu, media sosial juga dimanfaatkan sebagai salah satu strategi dalam penjualan produk.

Melalui media sosial, perusahaan juga bisa dengan mudah menentukan target pasar dan mengenalkan produk ke pada khalayak luas. Masifnya aktivitas di dunia maya saat ini, membuat social media specialist menjadi pekerjaan yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

Jika kamu tertarik untuk bekerja pada bidang ini, berikut EKRUTES.ID akan berikan kamu informasiĀ 5 skill yang harus kamu kuasai sebagai social media specialist.

5 Skill Social Media Specialist

1. Menguasai platform sosial media

Sebagai seorang social media specialist tugas utamamu adalah bertanggung jawab untuk mengatur seluruh akttifitas media sosial perusahaan. Sehingga, penting bagi kamu mengetahui berbagai tools yang tersedia dalam sebuah platform media sosial.

Contohnya, kamu harus tahu bagaimana cara membuat Reels yang baik di Instagram, bagaimana cara kerja Facebook Ads, serta membuat konten TikTok agar muncul di Fyp.

Dalam sebuah platform media sosial, banyak fitur yang bisa kamu aplikasikan untuk mendukung kinerja bisnis perusahaan ke depannya. Sehingga branding yang dilakukan akan semakin optimal dan sesuai dengan target sasaran.

2. Skill komunikasi

Ketika kamu terjun ke dunia kerja, kemamuan berkomunikasi merupakan hal yang penting untuk kamu miliki. Skill komunikasi diperlukan agar kamu bisa mengutarakan ide, rencana konten, progres serta evaluasi hasil kerjamu.

Apalagi jika kamu ditugaskan menjadi admin sosial media, penting bagi kamu untuk belajar bagaimana cara membalas pesan audiens dengan baik. Kamu harus bisa membalas pesan tersebut dengan ramah, agar tidak mendapat penilaian buruk dari audiens.

Sebab, peniliaan yang buruk akan menjadi boomerang bagi citra perusahaanmu ke depan. Jadi pastikan jangan sampai kamu salah berkata ya.

3. Update dengan tren

Sebagai seorang social media specialist, kamu tentunya akan ditugaskan untuk membuat sebuah koten media sosial. Untuk itu perlu bagi kamu melihat tren apa yang tengah menjadi hits, agar audiens tertarik untuk melihat dan akhirnya mengenal brand-mu.

Terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap tetap up to date dengan tren di media sosial, yaitu:

  • Follow beberapa influencer atau selebgram yang tengah hits
  • Ikuti hastag yang tengah tranding di twitter
  • Cermati perkembangan konten tranding di Explore Instagram atau Fyp TikTok

Dengan mengikuti tren yang tengah popular, akan lebih mudah untuk kamu menghasilkan konten yang fresh sesuai dengan kesukaan audiens.

4. Skill menulis dan storytelling

Sebagai seorang social media specialist, kamu juga diwajibkan untuk menyampaikan pesan melalui tulisan kepada audiens di media sosial. Oleh karena itu, penting bagi kamu memiliki kemampuan menulius atau storytelling yang kuat.

Skill menulis biasanya diperlukan untuk mengisi caption atau isi dalam sebuah konten. Hal tersebut berguna untuk menarik perhatian audiens agar pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan mudah dipahami.

Jika kamu tertarik untuk melatih kemampuan storytelling atau writing, berikut tips yang bisa kamu lakukan:

  • Perbanyak membaca artikel, buku atau jurnal untuk menambah kosakata
  • Megikuti workshop atau pelatihan menulis
  • Membuat blog pribadi, sehingga kamu bisa menulis berbagai informasi yang kamu gemari
  • Lakukan mentoring bersama orang yang ahli untuk mengevaluasi tulisanmu

5. Berpikir kreatif

Salah satu skill penting yang harus dimiliki seorang social media specialist adalah kemampuan berpikir kreatif. Sebab, setiap harinya kamu harus membuat berbagai ide konten yang menarik dan mudah dipahami untuk para audiensmu.

Tak hanya itu, kamu juga harus mampu untuk memecahkan masalah yang ada dalam pekerjaanmu, seperti mengapa konten tersebut tidak mendapatkan engagement dengan baik dan sebagainya. Sehingga, penting juga bagi kamu memiliki kemampuan berpikir yang kreatif.

Beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar melatih kemampuan berpikir kreatif dan kritis:

  • Buat ide-ide yang brainstorming serta solusi penyelesaiannya
  • Membuat jurnal berisikan ide-ide kretivitas yang telah kamu rancang
  • Gunakan mind maps dan flowchart untuk merangkai seluruh ide tersebut

Itulah 5 skill yang harus kamu miliki sebagai social media specialist. Jika kamu merasa skill-mu saat ini masih kurang baik, penting bagi kamu untuk selalu melatihnya dengan mengikuti berbagai pelatihan atau workshop mengenai bidang tersebut.

Bagi kamu yang tertarik untuk bekerja sebagai social media specialist atau pekerjaan di bidang digital lainnya, download aplikasi EKRUTES.ID dan dapat berbagai lowongan pekerjaan menarik khusus untuk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *