7 Trik Meningkatkan Skill Up Selling Produk, Sales Wajb Tahu!

skill up selling sales

Sebagai seorang sales tidak heran jika kamu dituntut untuk memiliki skill up selling yang baik. Hal ini, karena perusahaan biasanya memberikan target penjualan produk yang harus dicapai oleh tim sales.

Sehingga sebagai seorang sales, penting bagi kamu untuk selalu meng-upgrade skilll agar relevan dengan kebutuhan industri saat ini.

Tak hanya meningkatkan skill secara individual, perusahaan juga harus turut ikut memberikan training kepada para sales-nya.

Dikutip melalui penelitian yang dilakukan oleh Rain Group, perusahaan yang memberikan training khusus kepada sales-nya, lebih mendapatkan hasil yang positif pada produktifitas penjualan.

Dalam penelitian tersebut juga dijelaskan bahwa terjadi peningkatan penjualan sebesar 15,2%, sehingga meningkatkan keuntungan perusahaan juga sebesar 12,2%.

Jika kamu seorang sales yang tertarik untuk meningkatkan skill up selling, EKRUTES.ID telah merangkumkan 7 trik yang bisa kamu coba. Penasaran? Yuk, di simak bersama.

7 Trik Meningkatkan Up Selling Sales

Bagi kamu yang berprofesi atau tertarik menjadi seorang sales, berikut trik yang harus kamu lakukan:

1. Mengikuti training sales

Jika biasanya training dilakukan oleh perusahaan, tetapi saat ini banyak workshop gratis atau berbayar yang bisa membantumu meningkatkan skill up selling sebagai sales.

Kamu dapat mengikuti berbagai pelatihan yang akan membahas apa saja yang harus kamu miliki sebagai sebagai seorang sales, mulai dari melakukan presentasi, cara komunikasi yang baik, Teknik bernegosiasi, hingga melakukan pitching.

Tak hanya itu, kamu bisa langsung menanyakan pertayaan seputar dunia sales yang ingin diketahui langsung ke pada expert-nya. Ketika kamu mengikuti workshop atau pelatihan, kamu tentunya juga bisa dengan menambah koneksimu dalam dunia kerja.

2. Berlatih public speaking

Public speaking merupakan salah satu skill penting yang harus dimiliki oleh seorang sales. Sebagai sales, kamu harus mampu untuk memperkenalkan produkmu dengan baik agar klien tertarik dan setuju untuk membeli.

Maka dari itu, penting bagi kamu berlatih menjadi seorang komunikator yang baik dan percaya diri ketika melakukan presentasi di depan calon klien.

Ketika kamu mampu untuk mendapatkan hati dan kepercayaan seorang calon klien, tentunya akan mudah bagimu untuk mendapatkan target penjualan yang diberikan oleh perusahaan.

3. Update perkembangan pasar

Ketika kamu menjadi seorang sales, penting bagi kamu untuk selalu update terkait perkembangan yang terjadi di pasar industri. Hal ini berguna sebagai bahan riset untuk mengetahui apa saja tren penjualan terbaru serta kebutuhan yang diinginkan pasar.

Melihat perkembangan pasar juga dapat membuatmu dengan mudah mengetahui strategi apa yang tengah dilakukan perusahaan kompetitormu.

Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah menyusun strategi pemasaran yang matang untuk menyaingi perusahaan kompetitormu di pasar.

4. Pahami kebutuhan klien

Sebagai seorang sales penting bagi kamu untuk memahami kebutuhan klienmu terlebih dahulu, sebelum memasarkan produk kepadanya.

Kamu bisa mulai identifikasikan pain point yang dirasakan oleh klien, lalu temukan penyelesaian masalah tersebut. Setelah itu baru kamu bisa menyiapkan strategi apa saja yang bisa menarik minat klien dari produkmu.

Jika kamu dapat memahami kebutuhanmu dengan baik, tentu kamu dapat dengan mudah menjadi seorang salesperson yang profesioanal dan dapat dipercaya.

5. Bangun hubungan baik dengan klien

Salah satu cara untuk menjadi seorang sales yang profesional adalah membangun hubungan yang baik dengan para kliennya.

Ketika seorang sales berhasil membangun hubungan baik dengan kliennya, seperti menanyakan kepuasan mereka terhadap produk tersebut tentunya akan meningkatkan rasa kepercayaan klien kepada sales tersebut.

Untuk itu, kamu bisa menanyakan terlebih dahulu apakah produk yang kamu tawarkan berhasil memenuhi kebutuhan mereka atau tidak, dan apakah ada hal yang kurang dari produk tersebut atau tidak.

Segala respon yang diberikan oleh klien tentu akan sangat membantu kamu untuk mempersiapkan strategi pemasaran yang lebih efektif lagi ke depannya. Dengan begitu, klienmu tentu akan menaruh kepercayaannya padamu secara penuh.

6. Gunakan tools yang relevan

Di era yang serba digital seperti saat ini, terdapat berbagai macam tools yang bisa mempermudahkan pekerjaanmu sebagai seorang sales.

Penting untuk kamu ketahui, kemampuan seorang sales bukan hanya sekedar melakukan penjualan atau berkomunikasi. Tetapi, mempelajari dan memanfaatkan berbagai tools di media sosial juga dapat membantu kamu melakukan penjualan.

Beberapa tools yang kamu bisa manfaatkan seperti CRM, sales analytics, hingga customer service software bisa membantu meningkatkan kinerjamu.

7. Lakukan evaluasi

Ketika kamu telah melakukan berbagai strategi pemasaran, namun belum ada yang berhasil. Maka, penting bagi kamu untuk melakukan evaluasi terkait strategi yang telah kamu lakukan selama ini.

Agar mempermudah kamu dalam melacak progresnya, kamu bisa membuat catatan hasil kinerjamu setiap minggu atau bulan. Selain itu, buat hasil berapa banyak proyek yang telah kamu jalankan dan strateginya.

Bandingkan setiap hasil dari laporan yang kamu buat pada saat closing mingguan atau bulanan. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi kamu untuk menentukan strategi mana yang paling tepat untuk digunakan ke depannya.

Itulah 7 trik yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan skill up selling-mu sebagai seorang sales. Sebagai seorang sales, penting bagi kamu untuk selalu meng-upgrade skill-mu agar lebih baik lagi. Hal ini berguna agar kamu lebih mudah dalam mendapatkan hati seorang klien.

Bagi kamu yang tertarik menjadi seorang sales, yuk download aplikasi EKRUTES.ID dan dapatkan lowongan pekerjaan sales dari berbagai perusahaan ternama di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *