Tips Membangun Lingkungan Kerja Kondisif, HR Wajib Tahu!

lingkungan kerja

Siapa yang setuju terkadang lingkungan kerja yang aman dan kondusif lebih penting dibandingkan gaji? Kesehatan mental saat ini dianggap lebih penting. Lingkungan kerja yang kondusif dan aman bisa memengaruhi tingkat produktivitas seorang karyawan loh!

HR yang memiliki peran mengelola SDM di dalam perusahaan harus mampu menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan.

Lantas apa yang harus dilakukan oleh HR dan leader perusahaan? Nah, EKRUTES.ID akan berikan empat tips yang bisa HR lakukan ketika ingin membangun lingkungan kerja yang kondusif.

Apa saja tips membangun lingkungan kerja kondusif?

HR dan leader memiliki peranan penting untuk menjaga suasana kondusif dalam perusahaan, hal ini sangat berguna agar tidak terjadi permasalahan internal di dalam perusahaan. Berikut empat tips yang bisa kamu sebagai HR.

1. Ciptakan komunikasi efektif

Dalam dunia kerja, kemampuan komunikasi merupakan salah satu aspek penting yang membantu kesuksesan bisnis. Ketika komunikasi tidak berjalan efektif, hal ini akan berdampak negatif bagi keberlangsungan perusahaan karena menghambat produktifitas.

Sebagai HR, ada beberapa cara yang bisa menciptakan komunikasi efektif dalam lingkungan kerja. Di antaranya sebagai berikut:

  • Membangun rasa percaya dengan pekerja
  • Mendengarkan keluhan dari pekerja perusahaan
  • Berikan penjelasan yang jelas mengenai tugas pekerjaan
  • Pelajari gaya komunikasi pekerja

2. Libatkan pekerja dalam kegiatan perusahaan

Melibatkan karyawan dalam aktivitas perusahaan, tentu bisa menciptakan respon yang positif. Pada lingkungan perusahaan yang kecil, kamu bisa memberi peluang untuk seorang karyawan mengeluarkan pendapat mengenai hal apa yang harus diperbaiki dalam perusahaan.

HR juga bisa meminta kritik mengenai hal apa saja yang kurang dari manajemen perusahaan, dengan begitu HR akan mudah memperbaiki kesalahan yang ada dalam perusahaan. Tak hanya itu, berikut beberapa contoh kegiatan lain untuk meningkatkan keterlibatan pekerja:

  • Mengundang pekerja pada pertemuan konsultif
  • Memberi kesempatan pada pekerja untuk memberikan ide dan gagasan baru untuk perusahaan
  • Mengikutsertakan staf dalam pengambilan departemen
  • Melakukan komunikasi yang jelas ketika terdapat program pembaruan perusahaan

Dengan melibatkan pekerja lebih banyak pada proses pengambilan keputusan, tentunya akan menimbulkan rasa percaya dan transparansi di lingkungan perusahaan, sehingga menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan nyaman.

3. Memperhatikan kesehatan fisik dan mental

Sebagai seorang HR, penting untuk memperhatikan kesehatan karyawan yang berada dalam perusahaan. Kamu bisa menciptakan lingkungan kerja yang nyaman seperti memberikan waktu untuk berolahraga, memberikan reward voucher gym, mengadakan acara sport day dan lainnya yang bisa membantu pekerja memperoleh kesehatan yang optimal.

Selain itu, HR bisa menyediakan fasilitas atau tunjangan layanan psikologis bagi karyawannya yang membutuhkan. Hal tersebut akan sangat membantu karyawan untuk mendapatkan pertolongan profesional dan menunjukan bahwa perusahaan memperhatikan kesehatan setiap karyawanya.

Dengan begitu pekerja juga akan semakin nyaman dan optimal dalam bekerja di kantor, sehingga mampu memberikan lingkungan perusahaan yang lebih sehat.

4. Ciptakan budaya kerja yang jelas

Langkah selanjutnya adalah menciptakan budaya kerja yang jelas. Dengan budaya kerja yang jelas, perusahaan akan memiliki nilai dan prioritas untuk menjadi etos kerja karyawan dalam perusahaan. Sehingga karyawan akan memiliki gambaran yang jelas dengan peran atau tugas kerja mereka dalam perusahaan.

Budaya kerja yang diciptakan dalam perusahaan, tentu akan memberikan nilai yang baik kepada para pekerjanya. Sehingga, meningkatkan kolaborasi pekerja dalam mencapai tujuan keberhasilan perusahaan.

Pentingnya menciptakan lingkungan kerja

Ada berbagai dampak positif ketika perusaaan berusaha menciptakan sebuah lingkungan kerja yang kondusif. Dengan membangun lingkungan kerja yang positif karyawan akan mendapatkan perasaan aman, diakui, bahkan dapat mampu memberikan kontribusi terbaik dalam perusahaan.

Hal ini karena lingkungan kerja memberikan pengaruh besar pada performa kerja karyawan. Semakin baik lingkungan kerja yang diciptakan, maka akan semakin nyaman pekerja untuk memberikan ide-ide serta gagasannya untuk perusahaan.

Oleh karenaitu, sebagai seorang HR penting untuk memikirkan berbagai upaya agar lingkungan kerja dalam perusahaan kondusif dan nyaman. Hal ini karena pekerja merupakan aset yang dapat memajukan sebuah perusahaan.

Itulah tips yang bisa HR lakukan untuk membangun lingkungan perusahaan yang kondusif. Penting bagi para HR untuk menciptakan rasa nyaman pekerja dalam kantor, sehingga hal tersebut bisa meminimalisir terjadinya konflik internal dalam perusahaan.

Bagi kamu yang ingin mencari lowongan pekerjaan atau informasi seputar dunia kerja, yuk download aplikasi EKRUTES.ID dan dapatkan berbagai informasi seputar dunia kerja serta berbagai macam lowongan pekerjaan untuk segala bidang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *