Ingin Menjadi Seorang Marketer? Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawabnya?

profesi marketing

Ingin berkarir di bidang marketing? Apa saja peran, tugas, dan tanggung jawab dari seorang marketer? Berikut penjelasannya.

Proses marketing atau pemasaran merupakan proses yang dilakukan untuk menarik daya beli masyarakat terhadap suatu produk pada suatu perusahaan.

Proses ini biasanya terdiri dari riset pasar, analisis, dan melakukan pencarian konsumen yang ideal untuk dijadikan sebagai pelanggan tetap.

Hal ini lah yang akan dikerjakan jika kamu bekerja sebagai seorang marketer.

Mengenal Tentang Profesi Marketing

pekerjaan marketing

Bisa disimpulkan bahwa profesi marketing atau pemasaran merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan untuk membantu suatu perusahaan dalam bidang pemasaran dari produk yang telah dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa kegiatan marketing memiliki kaitan erat dengan kegiatan kehidupan sehari-hari yang mana masyarakat luas yang menjadi objek konsumen.

Tidak hanya itu saja, proses pemasaran juga terdiri dari pengembangan produk perusahaan, bagaimana suatu metode diterapkan, penjualan produk atau jasa ke target konsumen dan periklanan.

Saat ini dengan adanya teknologi semakin memberikan kemudahan dalam memasarkan produk atau jasa secara lebih luas.

Jadi, proses marketing tidak hanya melalui kegiatan offline, akan tetapi juga online.

Biasanya pihak konsumen akan dihadapkan terhadap beberapa produk atau merk yang akan dibeli, sehingga pihak konsumen juga harus menimbang waktu maupun kualitas ketika akan membeli suatu produk atau jasa.

Selain menjadi pembeli, posisi konsumen juga menjadi sangat penting untuk pemenuhan kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh para

Peran Marketing

Peran marketing dalam bisnis merupakan sebagai ujung tombak dari suatu bisnis. Untung atau ruginya suatu perusahaan dapat diukur dari proses marketingnya.

Bagi orang yang memiliki kedudukan dalam staf marketing haruslah memiliki keahlian dan kepandaian dalam menyusun strategi dan mengambil tindakan untuk meminimalisir risiko yang tinggi pada perusahaan seperti dampak buruk bahkan kerugian.

Peran marketing yang lainnya adalah sebagai pertukaran di mana konsumen dapat membeli suatu produk yang berasal dari produsen dengan cara menukarkan uang.

Produk yang dibeli biasanya digunakan untuk diri sendiri atau dijual kembali.

Tanpa adanya pemasaran, konsumen tidak akan pernah mengetahui bagaimana spesifikasi produk, kualitas produk bahkan harga produk.

Peran yang terakhir dari proses marketing adalah sebagai perantara antara produsen dengan konsumen yang menghubungkan proses kegiatan pertukaran dan distribusi fisik.

Kegiatan dari fungsi perantara sendiri terdiri atas proses pembiayaan, proses pencarian informasi, pengelompokan produk hingga distribusi ke konsumen.

Baca juga: Sales Executive: Peran, Kriteria, Tugas, dan Tanggung Jawab

Kriteria yang Harus Dimiliki oleh Marketer

Ada banyak sekali komponen skill yang harus dikuasai oleh seorang marketer untuk melakukan proses marketing pada suatu perusahaan.

Berikut 6 kemampuan atau skill yang harus dikuasai oleh marketer:

1. Kemampuan menganalisis

Kemampuan analisis ini nantinya akan berguna untuk menyusun strategi dalam menilai bagaimana perilaku pembeli, menghitung profit dan laba bersih, hingga memikirkan bagaimana taktik yang jitu yang dapat memaksimalkan proses pemasaran.

2. Kreatif

Marketing haruslah dapat menjelajahi segala bidang, oleh karena itu kamu sebagai marketer harus senantiasa menjadi sosok yang kreatif agar dapat memberikan suatu ide segar dan menarik pada promosi. Adanya ide ini akan memberikan suatu solusi bagi perusahaan maupun pelanggan atau konsumen.

3. Komunikasi

Komunikasi penting untuk dilatih karena dengan komunikasi, kamu dapat menjadi perantara atau jembatan antara perusahaan dalam membangun citra terhadap konsumen.

4. Adaptasi

Kemampuan adaptasi dalam proses marketing sangatlah penting, karena dengan adaptasi kamu dapat dengan mudah menghadapi tantangan baru beserta dengan rencana baru.

Hal ini tentunya disokong dengan adanya tekad dan semangat yang senantiasa harus kuat.

5. Empati

Empati merupakan hal yang penting untuk diterapkan dalam proses pemasaran. Karena dengan adanya rasa empati, kamu dapat menempatkan diri sebagai pelanggan dan melihat bagaimana sudut pandangan mereka.

Hal ini membantu dalam menciptakan suatu strategi pemasaran yang cocok bagi pelanggan yang akan dituju.

6. Jiwa kepemimpinan

Kemampuan memimpin tidak hanya boleh dimiliki oleh direktur saja, akan tetapi juga seorang marketer perlu menjadi panutan bagi rekan-rekan kerjanya. Seperti memberikan nasihat, petunjuk, inspirasi, hingga harapan.

Baca juga: Peran Customer Service Bagi Perusahaan dan Peluang Karir

Tugas dan Tanggung Jawab dalam Menjalankan Profesi Marketing

Tentunya dalam mengenal marketing kamu perlu mengetahui bagaimana tugas dan tanggung jawab untuk bagian marketing agar paham secara betul bagaimana nantinya akan bekerja.

Secara umum ada 9 tugas utama dalam proses marketing, yaitu sebagai berikut:

  1. Marketing atau pemasaran memiliki tugas yang paling utama yaitu melaksanakan kegiatan penjualan produk melalui media offline maupun online kepada konsumen sebagai target. Ada berbagai macam target yang dapat dituju untuk dijadikan sebagai konsumen seperti masyarakat umum, perusahaan industri dan dagang, lembaga sosial, politik maupun agama yang dilakukan secara sistematik. Sebagai penyempurna kegiatan pemasaran, para marketer arus melengkapi segala laporan kegiatan untuk setiap kerjasama yang telah dilakukan dengan pihak konsumen.
  2. Melakukan segala kerjasama yang telah disetujui oleh pimpinan untuk memperoleh peluang usaha, mendiskusikan strategi dan melakukan penjualan bersama dengan perusahaan lain.
  3. Membuat dan memelihara segala analisis penjualan yang telah dibuat sebelumnya.
  4. Tidak lupa untuk selalu melakukan tindak lanjut terhadap pelayanan, agar nantinya dapat memberikan kepuasan secara maksimal pada konsumen.
  5. Menghubungi pihak humas jika dibutuhkan seperti contohnya memberikan hadiah promosi kepada para pelanggan.
  6. Tentunya melakukan segala tugas dan kegiatan pemasaran sesuai dengan semua arahan yang diberikan oleh manajer marketing.
  7. Memastikan bagaimana cara melakukan pencapaian target penjualan.
  8. Menganalisa data keuangan klien yang bertujuan untuk melakukan penaksiran investasi yang ditujukan kepada klien.
  9. Tidak hanya tau bagaimana cara mendapatkan konsumen saja, akan tetapi juga harus tau bagaimana cara mempertahankan konsumen agar menjadi pelanggan tetap.

Sudah dijelaskan secara rinci pada artikel ini yang terdiri atas pengertian marketing, peran, skill apa saja yang harus diterapkan, tugas dan tanggung jawab.

Kalau kamu ingin mencari pekerjaan di bidang marketing, kamu bisa cek job portalnya Ekrutes.id, mana tahu ada lowongan di perusahaan yang cocok dengan kamu.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kamu sekalian untuk mengetahui lebih dalam bagaimana proses dan cara kerja dunia marketing.

Sebaiknya kamu juga lakukan tes asesmen dulu, agar tahu apakah kamu memiliki kepribadian yang cocok sebagi marketer.

Download aplikasi Ekrutes.id sekarang juga!

 

 

Hi, I’m EkrutesID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *