Peluang Kerja Jurusan Akuntansi, Cek 5 Profesi Ini!

peluang kerja jurusan akuntansi

Cari tahu yuk, apa saja peluang kerja yang bisa kamu coba jika mengambil jurusan akuntansi dengan gaji yang lumayan tinggi. Baca terus artikel ini!

Akuntansi dapat didefinisikan sebagai proses pencatatan sistematis, pengukuran, dan  mengkomunikasikan informasi tentang transaksi keuangan.

Peluang kerja pada jurusan akuntansi pun cukup banyak dengan prospek yang juga baik.

Tidak peduli bidang karir mana yang secara pribadi lebih menarik, gelar di bidang akuntansi memang mempersiapkan kamu untuk karir yang stabil.

5 Peluang Kerja pada Jurusan Akuntansi

Gelar sarjana terkemuka di bidang akuntansi dapat membuka pintu bagi banyak pilihan karir yang beragam.

Lulusan dengan gelar akuntansi juga dapat mengharapkan tingkat pertumbuhan lapangan dan gaji yang lebih tinggi dari rata-rata.

Setidaknya gelar sarjana di bidang akuntansi atau bidang terkait diperlukan untuk sebagian besar posisi pekerjaan akuntan dan auditor.

Oleh karena itu, berikut ini 5 peluang kerja jurusan akuntansi yang dapat kamu ketahui.

1. Financial Analyst

peluang kerja jurusan akuntansi 2

Lulusan akuntansi dengan pengetahuan yang baik untuk pasar saham sangat cocok untuk menekuni profesi ini.

Dalam posisi ini, akuntan menentukan risiko dan manfaat dari aktivitas investasi, termasuk investasi penjualan dan pembelian.

Tugas pekerjaan dapat mencakup pemeriksaan keuntungan dan kerugian finansial dari saham tertentu, seperti reksa dana, pasar modal, dan jenis investasi lainnya.

Financial analyst menyiapkan laporan dan membuat rekomendasi berdasarkan data yang dianalisis dan tren pasar.

Untuk itu, kamu harus benar-benar teliti dalam hal ini.

Untuk kamu yang mendapatkan gelar sarjana di bidang akuntansi dan berpotensi menjadi financial analyst, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengambil dua jurusan, di bidang akuntansi dan keuangan.

Karena spesialisasi ini berjalan dengan sangat baik, ada banyak sekolah bisnis yang menggabungkannya juga.

Jika kamu sukses dengan gelar sarjana, kamu juga dapat meraih gelar Master di bidang Akuntansi dan Keuangan.

Profesi financial analyst ini merupakan profesi dengan peluang yang tinggi, karena setiap perusahaan memerlukan seseorang yang berbakat dalam bidang ini.

Baca juga: 7 Peluang Kerja Jurusan Public Relation yang Menjanjikan

2. Tax Accountant

Tidak seperti akuntan biasa yang cenderung fokus pada keseluruhan laporan keuangan dan posisi klien mereka, tax accountant hanya berfokus pada pajak klien.

Tax accountant memastikan klien mereka mematuhi semua undang-undang perpajakan, dan mencegah mereka memperoleh hukuman dari pemerintah.

Tax accountant menawarkan saran perencanaan pajak kepada klien mereka, dan membantu mereka menghemat uang selama waktu pajak.

Mereka bekerja dengan klien untuk menghasilkan dokumen pengembalian pajak yang mengikuti undang-undang dan peraturan perpajakan.

Tax accountant sering bekerja lebih lama selama waktu pajak. Karena mereka membuat diri mereka sepenuhnya dapat diakses oleh klien mereka untuk membuat proses pajak semudah mungkin.

Jika kamu ingin menekuni pekerjaan ini, maka kamu harus banyak mempelajari mengenai dunia perpajakan karena menjadi seorang tax accountant tidaklah mudah.

3. Management Accountant

Beberapa orang beranggapan bahwa seorang akuntan adalah seorang kutu buku yang menyendiri dengan angka-angka yang acak diam-diam di meja mereka.

Orang-orang bahkan mengecap bahwa seorang akuntan tidak akan bisa memimpin sesuatu.

Pada kenyataannya, pekerjaan management accountant melibatkan penyelesaian dan kompilasi analisis komputasi.

Untuk menentukan strategi bisnis secara keseluruhan, management accountant harus memiliki kemampuan analisis yang baik.

Karir sebagai management accountant menggunakan pengetahuan akuntansi dan ketajaman manajemen bisnis.

Ini merupakan peluang kerja jurusan akuntansi yang baik untuk kamu tekuni lebih dalam lagi.

Dengan bakat manajerial yang dimiliki seorang akuntan, banyak sekali penawaran menarik oleh sekolah-sekolah bisnis dan finansial.

Salah satunya adalah, kamu bisa mengambil jurusan Administrasi Bisnis dengan konsentrasi di bidang akuntansi.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mempelajari bidang management accountant ini dengan menambah pengetahuan lebih banyak lagi.

Baca juga: 5 Peluang Kerja Jurusan IT dengan Gaji Tinggi

4. Auditor

Auditor menyukai pekerjaan akuntansi yang dicampur dengan sedikit pekerjaan investigasi.

Mereka bertanggung jawab untuk melihat keabsahan laporan keuangan perusahaan dan menulis laporan di akhir penyelidikan mereka.

Auditor memiliki kepribadian yang berbeda, mereka cenderung menjadi individu konvensional, yang berarti mereka teliti dan konservatif.

Mereka juga memiliki sifat logis, efisien, teratur, dan terorganisir.

Beberapa dari mereka juga giat, ambisius, tegas, ekstrovert, energik, antusias, percaya diri, dan optimis.

Singkatnya, auditor adalah seseorang yang melihat seberapa jujur ​​catatan keuangan perusahaan dengan menentukan tingkat akurasi dan kejelasan yang dipertanggungjawabkan perusahaan.

Selain memeriksa dan menyiapkan dokumentasi keuangan dan laporan tertulis, auditor harus menjelaskan temuan mereka. Ini termasuk pertemuan tatap muka dengan manajer organisasi dan klien individu.

Empat tipe utama auditor adalah: Auditor Publik, Auditor Forensik, Auditor Internal, dan Auditor Eksternal.

Banyak auditor berspesialisasi, tergantung pada organisasi tertentu tempat mereka bekerja.

Beberapa mengkhususkan diri dalam jasa assurance (meningkatkan kualitas atau konteks informasi untuk mengambil keputusan) atau manajemen risiko (menentukan kemungkinan salah saji pada dokumentasi keuangan).

Auditor lain berspesialisasi dalam industri tertentu, seperti klinik kesehatan. Ada juga beberapa pekerja dengan latar belakang akuntansi dan audit mengajar di perguruan tinggi dan universitas.

Auditor merupakan salah satu peluang kerja jurusan akuntansi yang banyak diminati oleh orang-orang kebanyakan. Meskipun harus melalui masa-masa yang panjang dengan membaca banyak buku dan jurnal.

Namun, kamu tidak akan menyesal ketika sudah mempelajari banyak hal mengenai menjadi seorang auditor.

5. Cost Estimator

Jika kamu menaruh minat dan bakat pada hitung menghitung, maka kamu akan cocok dengan ini.

Peluang kerja jurusan akuntansi yang terakhir adalah cost estimator.

Hal itu dikarenakan proyek konstruksi besar, atau bahkan proyek yang kecil dapat memerlukan banyak analisis rumit untuk menentukan apa saja yang diperlukan.

Pada bidang-bidang seperti konstruksi, manufaktur, teknik sipil, dengan pasar kerja yang terus berkembang selama dekade berikutnya.

Untuk menjadi cost estimator, kamu bisa meraih gelar sarjana akuntansi dengan jurusan ganda di bidang seperti teknik, manajemen konstruksi, kebijakan publik, atau yang serupa. Namun, yang terpenting, pengalaman akan menjadi daya tarik.

Oleh karena itu, kamu bisa mulai mempelajari hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi seorang cost estimator.

Baca juga: Peluang Kerja Bagi Kamu yang Mengambil Jurusan Multimedia

Temukan Peluang Kerja Jurusan Akuntansi Lewat Aplikasi Ekrutes.id

Untuk itu, Ekrutes.id ingin membantu kamu mewujudkan pekerjaan impian kamu. Dengan Job Portal ini, kamu bisa menemukan berbagai macam lowongan pekerjaan sesuai dengan kategori yang kamu inginkan.

Cukup telusuri lebih lanjut dan teliti mengenai pekerjaan yang benar-benar kamu inginkan. Kemudian, carilah kategori sesuai pekerjaan tersebut pada fitur Job Portal Ekrutes.id

Ekrutes.id membantu kamu untuk menemukan pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat kamu.

Ekrutes.id telah bekerjasama dengan banyak perusahaan untuk mewujudkan pekerjaan impian kamu dan pegawai impian perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *