Pentingnya Komunikasi Efektif untuk Mendukung Karir

tips komunikasi efektif

Iklim kerja yang sehat memang sudah menjadi kebutuhan yang paling diinginkan oleh para karyawan maupun pelaku usaha. Untuk bisa mewujudkan iklim kerja yang sehat seperti ini, kamu perlu menerapkan komunikasi efektif dalam dunia kerja.

Mengapa begitu? Pasalnya, komunikasi efektif merupakan peran yang sangat penting untuk menghindari atau mengantisipasi terjadinya perselisihan, baik antar pekerja/karyawan maupun dengan atasan.

Pada dasarnya, komunikasi efektif seperti ini akan dilengkapi dengan 2 teknik, yaitu teknik menyampaikan pesan dan teknik mendengarkan.

Untuk memahami kedua teknik ini secara lebih lanjut lagi, kamu perlu memahami terlebih dahulu perbedaan dari kedua teknik yang dimaksud disini.

Jika teknik pertama lebih mengacu pada kemampuan seseorang atau karyawan dalam mengutarakan pendapat dengan baik dan di situasi yang tepat, teknik kedua lebih mengacu pada kemampuan mendengarkan seseorang atau karyawan tertentu.

Yang dimaksud dengan teknik mendengarkan disini adalah mendengarkan secara aktif perkataan yang disampaikan oleh rekan kerja maupun atasan, dan tanggapan yang akan kamu berikan dapat sesuai dengan pembahasan tersebut.

Tips dalam Menerapkan Komunikasi Efektif di Dunia Kerja

tips komunikasi efektif 2

Komunikasi efektif memang cukup sulit untuk diterapkan di dunia kerja, karena hal ini akan menyangkut kepribadian dari banyak orang.

Namun, untuk mengatasi permasalahan ini, kamu bisa melakukan beberapa tips di bawah ini dalam penerapan sistem komunikasi efektif di dunia kerja, dan di antara lainnya adalah:

  1. Melakukan komunikasi tatap muka secara langsung

Masih ada banyak orang yang meremehkan hal ini, padahal kenyataannya poin utama yang harus diperhatikan ketika hendak melakukan komunikasi efektif adalah berkomunikasi tatap muka secara langsung.

Dengan bertemu secara langsung dan berkomunikasi tatap muka seperti ini, kamu dan lawan bicara dapat lebih mudah dalam memahami isi pembicaraan.

Selain itu, aktivitas ini juga mampu membangun hubungan antara kamu dan rekan kerja secara lebih kuat.

Mengapa dikatakan komunikasi tatap muka mampu membangun hubungan antara kamu dan rekan kerja?

Karena, ketika komunikasi dilakukan secara langsung atau tatap muka, maka kamu dapat menilai ekspresi wajah, bahasa tubuh, serta komunikasi nonverbal lainnya dari sang lawan bicara.

Maka dari itu, tujuan dari pembicaraan dapat tersampaikan dengan lebih mudah ketika kamu berbicara dengan rekan kerja maupun atasan secara tatap muka.

Baca juga: Pentingnya Perencanaan Karir Untuk Masa Depan, Ikuti Tips Ini!

  1. Memberi informasi yang jelas adanya

Di dalam dunia kerja, informasi menjadi salah satu faktor utama yang wajib dipertahankan kebenarannya.

Maka dari itu, ketika kamu berbicara atau berkomunikasi dengan rekan kerja atau pun atasan, pastikan informasi yang terkandung di dalamnya jelas dan fakta.

Jika kamu memberikan informasi yang belum pasti kebenarannya, hal ini dapat menimbulkan kesalahpahaman di dalam dunia kerja, sehingga ada kemungkinan terjadi konflik antar rekan kerja.

Ketika terjadi konflik seperti ini, tentu situasi dan suasana di dalam kantor maupun perusahaan dapat berkembang secara tidak baik.

  1. Mendengarkan secara aktif dan memberikan tanggapan yang wajar

Hal ini menyangkut 2 teknis yang telah disebutkan sebelumnya.

Kamu wajib memahami kapan waktu yang tepat untuk berbicara dan kapan waktu yang tepat untuk kamu mendengarkan perkataan lawan bicara.

Ketika rekan kerjamu atau atasanmu sedang berbicara, pastikan kamu mendengarkan pembicaraan tersebut secara aktif, dan pahami setiap informasi yang terkandung di dalamnya.

Lalu, bagaimana cara untuk menunjukkan bahwa kamu sedang mendengarkan pembicaraan lawan bicara secara aktif?

Caranya adalah dengan menguraikan lagi apa yang telah disampaikan oleh lawan bicara.

Hal ini dipercaya sebagai bentuk verifikasi dari metode mendengarkan secara aktif yang dimaksud disini.

Baca juga: Perbedaan Keterampilan Interpersonal dan Intrapersonal, Apa Saja?

  1. Melakukan diplomasi

Diplomasi seperti ini biasanya akan dibutuhkan ketika akar dari sebuah konflik sudah muncul ke permukaan.

Sebab, diplomasi merupakan salah satu teknik yang dipercaya paling mampu dalam menyelesaikan sebuah konflik tertentu, apalagi di dunia kerja.

Ketika kamu merasa ada topik pembicaraan yang harus segera dibicarakan dengan rekan kerjamu, maka segera bicarakan hal tersebut.

Kamu bisa mengkonfirmasi mengenai hal tersebut dengan cara diplomasi.

Lakukan diplomasi yang dilakukan dengan pikiran terbuka dari kedua belah pihak, dan jangan lupa untuk menerima perbedaan sudut pandang dari lawan bicaramu.

Jika kamu berhasil melakukan hal ini dengan baik, maka resolusi dari hasil pembicaraan tersebut dapat tersampaikan dengan baik juga.

  1. Jangan pernah lupa untuk memperhatikan bahasa tubuh dari lawan bicara

Bahasa tubuh memang sudah menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan ketika sedang berbicara dengan seseorang, jadi hal ini tidak hanya berlaku pada dunia kerja saja.

Bahasa tubuh dapat berperan sebagai media dalam komunikasi, sehingga proses komunikasi dapat berjalan lebih lancar dan baik.

Nah, untuk bisa memahami bahasa tubuh dari sang lawan bicara ini, kamu akan membutuhkan ilmu khusus yang memang terkait dengan hal ini.

Maka dari itu, cobalah untuk mempelajari tentang hal ini terlebih dahulu, sebelum membahas tentang sesuatu yang penting dengan rekan kerjamu.

  1. Menerapkan komunikasi yang fleksibel

Jika kamu akan atau sedang berhadapan dengan rekan kerja yang memiliki karakter sensitif dan mudah tersinggung, lebih baik kamu menerapkan komunikasi yang bersifat fleksibel.

Sebab, komunikasi yang dilakukan secara fleksibel, dapat mengantisipasi terjadinya kesalahpahaman antara kamu dengan rekan kerja.

Jangan pernah lupa untuk selalu menggunakan bahasa yang sopan dan halus ketika berkomunikasi, serta jangan lupa juga untuk menyampaikan pesan dan inti pembicaraan secara efektif dan jelas.

Ketika kamu melakukan kedua hal ini dengan baik, maka terjadinya kesalahpahaman di masa depan lebih kecil kemungkinannya untuk terjadi.

Baca juga: 7 Tips Jitu Membangun dan Meningkatkan Skill Leadership

Manfaat Komunikasi Efektif di dalam Dunia Kerja

Tentu komunikasi efektif memiliki manfaatnya sendiri, sehingga membuatnya harus diterapkan dalam dunia kerja.

Manfaat dari jenis komunikasi seperti ini bukan hanya untuk mengurangi dampak konflik saja, akan tetapi masih ada banyak lagi manfaat lainnya yang wajib untuk kamu ketahui.

Berikut adalah beberapa manfaat dari komunikasi efektif dalam dunia kerja:

  • Mampu mengurangi dampak konflik yang terjadi antara sesama karyawan, atasan dan karyawan, maupun antara karyawan dan klien.
  • Karyawan akan bekerja dengan lebih baik dan lebih terlibat di dalam dunia kerja, sehingga tujuan dari perusahaan dimana mereka bekerja, dapat lebih selaras dengan pola pikir sang karyawan.
  • Dengan menerapkan komunikasi efektif, kamu juga bisa menciptakan hubungan yang lebih baik dengan klien.
  • Mampu menghasilkan tim kerja yang produktif dan memiliki talenta yang baik.

Saat ini, kamu sudah bisa mempelajari mengenai hal ini dengan cara yang sangat mudah. Banyak platform yang menawarkan jasanya di bidang ini, dan salah satunya adalah Ekrutes.id.

Ekrutes.id menawarkan jasa yang berada di bidang dunia kerja, dan salah satunya adalah komunikasi efektif.

Selain itu, Ekrutes.id juga akan menyediakan informasi mengenai assessment tool, dan talent management, sehingga dunia kerja dapat berkembang dengan lebih baik dan mudah.

 

Hi, I’m EkrutesID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *