7 Pekerjaan Online Yang Bisa Kamu Kerjakan Dari Rumah

kerja online dari rumah

Apa saja jenis pekerjaan yang bisa kamu kerjakan secara online dari rumah? Yuk simak artikel ini!

Dalam beberapa tahun terakhir, kerja online dari rumah atau Work from Home semakin diminati.

Tidak hanya para job seeker, tetapi juga dari job giver yang menyadari bahwa ada manfaat mempekerjakan karyawan tanpa harus pergi ke kantor.

Kedua belah pihak menyadari bahwa pekerjaan tidak harus melulu berada di lokasi geografis yang sama dengan kantor atau bahkan di zona waktu yang sama.

Apalagi kini kerja online dari rumah bisa dikerjakan oleh berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga.

Selain memiliki jam kerja yang lebih fleksibel, bekerja juga bisa dari mana saja, asal membuat kamu nyaman.

Ada banyak perusahaan startup hingga perusahaan besar yang membuka lowongan pekerjaan yang bisa dikerjakan secara online alias WFH dengan tawaran gaji yang menarik.

Bidang pekerjaannya pun bermacam-macam, bahkan beberapa di antaranya tidak membutuhkan modal dan tidak terlalu memerlukan skill khusus.

Dengan berbekal ketelatenan, komitmen, dan keterampilan yang kamu miliki, beberapa pekerjaan ini bisa jadi ladang cuan dan karir yang menjanjikan.

7 Pekerjaan yang Bisa Kamu Kerjakan Secara Online dari Rumah

kerja online dari rumah 3

Lalu pekerjaan apa saja yang berbasis WFH, namun menghasilkan uang jutaan rupiah? Langsung saja simak artikel berikut ini!

1. Penulis Konten

Dalam beberapa waktu terakhir, menulis adalah salah satu pekerjaan WFH paling populer karena bisa kamu kerjakan di mana saja dan kapan saja.

Jika kamu berminat menjadi penulis konten, maka tugas kamu adalah menulis konten untuk situs web, media sosial, dan lainnya dengan berbagai topik atau niche.

Konten yang kamu tulis mencakup ulasan, deskripsi, dan posting blog. Bahkan beberapa di antaranya memerlukan riset terlebih dahulu.

Sebagian besar penulis konten bekerja sebagai pekerja lepas dan membuat jam kerja mereka sendiri, namun ada juga yang bekerja secara full-time.

Sebelum menulis konten, biasanya content manager perusahaan akan memberikan brief tentang jumlah kata, keyword, dan hal lain yang perlu kamu perhatikan.

Penghasilan yang diperoleh mulai dari 2 hingga 4 jutaan per bulan, atau tergantung dari berapa banyak konten yang kamu tulis.

Baca juga: 5 Langkah Menjadi Copywriter Profesional, Ikuti Tips Ini!

2. Virtual Assistant

Tugas dari seorang asisten virtual adalah melakukan segala penjadwalan, seperti rapat dan janji temu, penagihan, pembaruan kalender, hingga melakukan penelitian.

Ada juga beberapa posisi yang hanya fokus menjalankan tugas-tugas administratif sederhana seperti pembukuan, pencatatan, dan lain-lain.

Namun, ada pula perusahaan yang membutuhkan virtual assistant dengan keterampilan copywriting dan manajemen media sosial.

Perkembangan teknologi yang serba digital memungkinkan lebih banyak tugas administrasi yang bisa dikerjakan dari rumah.

Hal tersebut yang menjadikan pekerjaan ini dapat dilakukan oleh semua kalangan dan termasuk yang paling banyak dicari oleh perusahaan.

Buat kamu yang tertarik, banyak info lowongan pekerjaan sebagai virtual assistant, baik offline maupun online dengan tawaran gaji mulai dari 1,5 sampai 4 juta setiap bulannya.

Baca juga: Kiat Sukses Cari Kerja Di Kala Pandemi Lewat Job Fair Online!

3. Programmer

Semakin banyak perusahaan teknologi yang menerapkan sistem kerja online dari rumah, apalagi sejak pandemi mulai mewabah.

Jika kamu punya gelar sarjana ilmu komputer atau bidang lain yang terkait, memiliki skill atau pengalaman programming, maka pekerjaan ini patut kamu coba.

Cobalah untuk mencari info lowongan pekerjaan part-time, full-time, atau freelance sebagai programmer.

Banyak pekerjaan yang termasuk dalam lingkup programming dan paling banyak dicari perusahaan, antara lain web developer, mobile developer, game developer, dan sebagainya.

Ada banyak perusahaan yang membutuhkan skill ini dan menawarkan lokasi kerja yang fleksibel atau remote work.

Gaji rata-rata seorang programmer mulai dari 8 hingga 30 jutaan per bulan, atau sesuai kesepakatan dengan pihak perusahaan untuk tiap proyek. Sangat menarik, bukan?

4. Graphic Designer 

Apakah kamu punya skill di bidang digital visual? Jika ya, maka pekerjaan ini cocok buat kamu.

Selain bisa kerja online dari rumah, kamu juga cukup bermodalkan smartphone atau laptop yang memiliki aplikasi atau software untuk keperluan design.

Misalnya Canva, Adobe Illustrator, Corel Draw, Adobe Photoshop, dan lain-lain.

Dengan menggunakan keterampilan desain dan kreativitas, kamu dapat menghasilkan desain yang apik serta pundi-pundi rupiah.

Apabila kamu berminat, ada banyak cara yang dapat kamu tempuh untuk menjalani profesi ini.

Kamu bisa bekerja di perusahaan, membuka jasa secara mandiri, atau menjual hasil desain ke beberapa platform desain yang membayar, seperti Fiverr, Projects.co.id, dan yang lainnya.

Gaji yang bisa kamu dapatkan bervariasi, mulai dari 1 sampai 3 juta per bulan untuk pemula, dan 4 sampai 6 juta per bulan untuk yang sudah berpengalaman.

Baca juga: Yuk, Kenali Apa Itu Desain Grafis dan Peluang Kerjanya!

5. Tutor Online

Dengan munculnya tren e-Learning dan remote job sejak adanya pandemi, banyak orang yang memiliki minat dan bakat di bidang tutoring, yang mulai menekuni pekerjaan ini.

Terutama jika kamu punya bakat akademis tertentu, atau tahu cara memberikan pelatihan.

Jika kamu salah satu dari orang tersebut, maka pekerjaan WHF ini sangat cocok untuk kamu.

Dengan berbekal smartphone, laptop, atau kamera, serta keterampilan public speaking yang mumpuni, kamu bisa menghasilkan rekaman video tutorial yang bagus dan bermanfaat.

Kamu bisa mengunggahnya ke website atau sosial media kamu dan menjualnya untuk memperoleh penghasilan. Atau, bisa juga kamu membuka jasa tutor online secara live.

Namun, kamu harus memikirkan bidang tertentu yang sesuai dengan keahlian dan pengalaman kamu, sebelum memulai pekerjaan ini.

Ada banyak jenis pelatihan yang banyak dibutuhkan saat ini, seperti pelatihan karir, bisnis, kesehatan, keuangan, bimbingan belajar online untuk pelajar, hingga pelatihan rohani.

Gaji seorang tutor online rata-rata berkisar 2 hingga 5 juta per bulan, tergantung kualitas dan kredibilitas.

6. Penerjemah Online

Peluang besar lainnya untuk menghasilkan uang dengan kerja online dari rumah sebagai penerjemah atau translator.

Kini, berbagai perusahaan di dunia sudah semakin terhubung berkat kecanggihan teknologi. Untuk itu, kebutuhan akan penerjemah pun semakin meningkat.

Entah itu penerjemah film, komik, webtoon, artikel, laporan, dan lain-lain.

Apabila kamu punya kemampuan bahasa yang bagus, terutama bahasa Inggris, secara tertulis maka tidak ada salahnya terjun ke karir sebagai penerjemah online.

Apakah kamu tertarik? Jika iya, cobalah untuk perdalam wawasan dan keterampilan kamu di bidang bahasa demi meningkatkan keakuratan dan kecepatan dalam menerjemahkan.

Dengan gaji beragam, berkisar 6 jutaan per bulan, profesi penerjemah online bisa kamu jalani secara freelance dan WFH.

Baca juga: 9 Rekomendasi Pekerjaan dengan Gaji Tinggi dan Menggiurkan

7. Data Entry

Pekerjaan data entry antara lain mengumpulkan dan memasukkan sejumlah informasi atau data secara manual ke database atau spreadsheet.

Selain itu, seorang data entry juga bertugas memperbarui catatan dan memastikan keakuratannya.

Meskipun dapat dilakukan secara otomatis, namun masih banyak proyek perusahaan yang membutuhkan data entry secara manual.

Selain bisa lokasi dan jam kerja yang fleksibel, pekerjaan sebagai data entry tidak terlalu memerlukan skill khusus.

Kamu cukup memiliki kemampuan manajemen waktu, keahlian mengetik, dan menguasai dasar-dasar Microsoft Excel.

Gaji seorang data entry juga lumayan, lho mulai dari 1 hingga 3 jutaan per bulannya.

Itulah beberapa jenis profesi WFH atau kerja online dari rumah yang patut kamu pertimbangkan sebagai pilihan karir. Dengan modal minimal, penghasilan maksimal.

Selain daftar pekerjaan di atas, tentu masih banyak lagi yang bisa kamu pilih sesuai kemampuan yang kamu miliki.

Untuk itu, sangat penting mengenali kemampuan dalam diri, sehingga kamu bisa menyusun strategi untuk mengasah dan mengembangkannya.

Bagaimana caranya? Lakukan asesmen secara online di platform psikotes terbaik dan terpercaya di Ekrutes.id melalui browser.

Atau download aplikasi Ekrutes ID melalui smartphone kesayangan kamu, sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *