Kiat Sukses Cari Kerja Di Kala Pandemi Lewat Job Fair Online!

tips mencari kerja job fair online

Pandemi yang melanda Indonesia sejak tahun 2020 lalu memang membuat segalanya menjadi berkali-kali lipat lebih rumit, termasuk urusan mencari pekerjaan. Tetapi jangan khawatir sebab sekarang ini ada cukup banyak pihak yang menyelenggarakan job fair online yang bisa jadi solusi untuk kamu para jobseeker.

Tentu berbeda dengan job fair yang diselenggarakan secara langsung, job fair online memiliki teknis yang jauh berbeda sebab kita bisa menghadirinya di mana saja asal punya jaringan internet dan gadget.

Biasanya job fair online diselenggarakan dengan sistematika yang mirip-mirip dengan webinar.

Tapi meskipun dilakukan secara online dan pihak perusahaan tidak bisa melihat gerak-gerikmu secara langsung, bukan berarti kamu bisa menghadiri job fair online ini dengan asal-asalan lho ya!

Memang masalah teknis ketika mengikuti online meeting semacam ini seringkali tidak bisa terhindarkan, misalnya karena jaringan yang lemot kamu tiba-tiba keluar dari room meeting, suara yang putus-putus sehingga informasi tidak sampai, adanya kemungkinan pemadaman listrik, dan lain sebagainya.

Maka dari itu sebelum mengikuti job fair online kamu sebaiknya terlebih dahulu mempersiapkan amunisi-amunisi yang bisa mendukung kelancarannya.

Simak sampai habis artikel kali ini ya untuk mengetahui amunisi-amunisi tersebut!

Yang Harus Dipersiapkan Untuk Mengikuti Job Fair Online

tips mencari kerja job fair online 2

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu persiapkan untuk mengikuti job fair online:

1. Riset perusahaan yang hadir di job fair

Sebelum berpartisipasi dalam job fair, hal yang pertama kali kamu lakukan pasti melihat poster kegiatannya bukan?

Yang menjadi sorotan utama tentunya tidak jauh dari perusahaan apa saja yang menjadi bintang tamu di dalam job fair tersebut, apakah sesuai dengan bidang yang kamu incar atau tidak?

Tetapi bukan hanya itu saja, kamu juga sebaiknya melakukan riset singkat mengenai perusahaan-perusahaan tersebut.

Misalnya dengan membuka website resmi perusahaan terkait lalu mempelajarinya visi-misi dan ruang lingkup perusahaannya secara garis besar.

Dari hasil observasi tersebut mungkin saja akan muncul pertanyaan yang bisa kamu tanyakan saat hari-h job fair nanti. Hal ini secara tidak langsung akan memberikan kesan baik pada pihak perusahaan bahwa kamu memiliki inisiatif tinggi.

Baca juga: Tips Menjawab Pertanyaan Kelemahan Diri Pada Saat Interview

2. Pastikan koneksi internet stabil

Nah, setelah memutuskan akan mengikuti job fair online hal selanjutnya yang harus menjadi perhatian utama adalah ketersediaan koneksi internet.

Jika kamu belum memiliki jaringan wifi di rumah maka persiapkan sejumlah kuota yang mumpuni untuk mengikuti online meeting selama berjam-jam.

Jangan sampai kamu tidak mengecek ketersediaan kuota sebelum menghadiri job fair online atau bisa-bisa di tengah kegiatan berlangsung kamu akan tiba-tiba afk dari meeting room dan ketinggalan banyak informasi.

3. Cari tempat nyaman yang tenang

Selain adanya resiko kesalahan teknis dan jaringan yang selalu menghantui, saat menghadiri kegiatan secara online kita pasti cenderung lebih mudah terdistraksi dan sulit berkonsentrasi.

Karena berbeda dengan kegiatan langsung yang diadakan di tempat dan suasana yang berbeda, online meeting dilakukannya di tempat yang itu lagi, itu lagi sehingga mungkin kita akan mudah merasa bosan.

Belum lagi kalau rumah kita berada di lingkungan yang bising, misalnya di pinggir jalan sehingga banyak suara kendaraan berlalu lalang, atau tetangga memelihara banyak ayam dan burung yang tidak berhenti berbunyi.

Oleh arena itu penting untuk memilih tempat yang tenang dan nyaman agar kamu bisa menyimak materi perusahaan dengan seksama.

Kalau kebijakan pemerintah sudah longgar, kamu bisa memilih kafe atau working place sebagai alternatif tempat.

Selain nyaman biasanya koneksi internetnya pun cepat.

Baca juga: 8 Tips Sukses Walk In Interview Bagi Fresh Graduate

4. Usahakan selalu on cam

Saat pihak perusahaan sudah mulai memaparkan materi, ada baiknya kamu menyalakan fitur video dan memperlihatkan wajahmu.

Hal ini bukan untuk narsis atau cari perhatian melainkan untuk menghargai si pembicara.

Seseorang yang sedang berbicara di online meeting room biasanya akan merasa lebih dihargai ketika audiens menyalakan kameranya.

Beberapa dari kamu pasti sudah sering menjumpai bukan saat sedang pemaparan materi di webinar  biasanya orang cenderung mematikan kameranya sehingga pembicara seperti sedang berbicara sendiri.

5. Berpakaian rapi

Saat sedang mengikuti job fair online pastikan pakaian yang kamu kenakan rapi dan formal, jangan sampai mengenakan kaos atau bahkan baju tidur.

Hal ini dapat mencerminkan profesionalisme kamu di mata perusahaan, lho!

Pakaian yang paling aman adalah kemeja, jangan lupa juga untuk menata rambut dengan baik.

Kalau kamu adalah wanita berhijab, maka pastikan hijabmu juga rapi dan tidak terlalu banyak direka-reka, yang terpenting nyaman dan enak dilihat.

6. Membuat catatan

Saat job fair sedang berlangsung dan perusahaan mulai memaparkan materinya, siapkanlah catatan untuk mencatat poin-poin penting yang dapat menjadi wawasan baru bagi kamu sebab tidak hanya profil perusahaan biasanya mereka juga memberikan berbagai tips-tips yang bisa bermanfaat untuk para jobseeker.

Catatan ini bisa berupa note yang ditulis atau pun diketik.

7. Tidak malu-malu bertanya

Ketika mendapati hal yang kurang jelas atau mengusik rasa penasaranmu jangan lupa untuk ditanyakan kepada pembicara selama sesi masih berlangsung, karena malu bertanya sesat di jalan!

Perusahaan pasti akan sangat menghargai inisiatif dan keaktifan yang kamu tunjukkan apalagi kalau pertanyaan yang kamu berikan memiliki bobot, bisa jadi mereka akan melirik dan menambahkan nilai plus pada kamu nanti jika berniat masuk ke perusahaannya.

Hal ini juga sekaligus bisa menjadi ajang untuk melatih kemampuan public speaking dan critical thinking apalagi dua aspek tersebut sangat penting untuk dimiliki di dunia kerja, lho!

Jangan lupa sebelum bertanya kamu harus mengucapkan terima kasih pada moderator termasuk pihak perusahaan yang sudah memberi kesempatan dan jangan lupa perkenalkan diri ya!

Tips Sukses Mendapatkan Pekerjaan Lewat Job Fair Online

Bukan hanya melihat-lihat perusahaan, di kegiatan job fair bisa saja kamu langsung “ditodong” untuk melakukan interview tanpa ada jeda berhari-hari, lho!

Karena itu kami akan berikan 3 tips jitu untuk mempersiapkan kemungkinan tersebut, simak baik-baik yuk!

1. Berikan kesan terbaik

Saat perusahaan sedang memaparkan materinya secara tidak langsung mereka pasti memperhatikan keseriusan audiens, lho.

Karenanya berikanlah kesan terbaik apalagi kalau perusahaan tersebut memang salah satu tujuan yang kamu incar.

Hal ini bisa ditunjukkan dengan menyalakan kamera selama sesi materi berlangsung, duduk dengan tegap dan rapi, tidak sering-sering menguap, bertanya atau memberikan pendapat, dan lain-lain.

Hal ini bisa jadi nilai tambah untuk kamu dan nantinya pihak perusahaan akan mengenalmu lebih cepat karena keaktifan yang sudah kamu tunjukkan sebelumnya.

2. Persiapkan CV dan portofolio jauh-jauh hari

CV dan portofolio bisa dibilang adalah salah satu aspek terpenting untuk bisa sampai ke gerbang kesuksesan rekrutmen, karenanya siapkanlah dari jauh-jauh hari sebelum hari-h job fair tiba.

Jangan lupa cantumkan kualifikasi dan data kamu yang paling up to date ya!

Akan lebih baik lagi kalau kamu mendesain CV dan portofolionya menjadi lebih menarik agar terlihat lebih niat dan profesional.

Sekarang ini sudah banyak lho website atau pun jasa perorangan yang menyediakan layanan mendesain CV atau pun portofolio.

Baca juga: Membuat CV Jadi Lebih Mudah dengan Rekomendasi Website Ini!

3. Bersikap profesional

Ketika perusahaan meminta kamu untuk segera melakukan interview setelah job fair berakhir, jangan sampai melakukan gerak-gerik yang menunjukkan kalau kamu panik dan tidak mau melakukannya ya

! Bersikaplah profesional dan sanggupi tawaran tersebut, apalagi kesempatan biasanya tidak datang dua kali.

Alih-alih menolak kamu bisa meminta sedikit spare time untuk bersiap-siap sebelum interview tetapi jangan sampai terlalu lama ya, 10-15 menit pasti cukup untuk sekedar mengirim berkas dan berdandan yang rapi.

Semakin profesional sikapmu, maka akan semakin menambah daya tarik bagi perusahaan, lho!

Semoga artikel tentang kiat-kiat sukses mendapatkan kerja di job fair online ini bisa membantu kamu yang sedang jadi jobseeker ya!

Kalau kamu masih merasa bingung dan ragu dengan potensi dan keunggulan yang ada di dalam diri, silakan gunakan berbagai layanan menarik dari Ekrutes.id!

Kami menyediakan berbagai psikotes online yang dapat membantu kamu menemukan jati diri.

Selain itu kami juga memiliki fitur job portal yang pasti akan sangat membantu para jobseeker, kami tunggu kamu untuk bergabung bersama kami ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.