Ingin Menjadi HRD? Berikut 7 Skill yang Perlu Kamu Miliki

skill hrd

Kamu lulusan sarjana Psikologi dan ingin bekerja sebagai HR? Terus bisa nggak sih jadi HR kalau dari jurusan lain? HR adalah posisi yang lumayan banyak diincar oleh para fresh graduate loh! Dengan banyaknya konten branding perusahaan, posisi HR semakin populer. Namun untuk mengisi posisi ini kamu harus memiliki skill HRD yang mumpuni agar dapat berkontribusi dengan baik di dalam perusahaan.

Sebagai seorang HRD, tugas utama kamu bukan hanya sekedar melakukan rekrutmen tetapi juga mengurus berbagai urusan administrasi yang berhubungan dengan kepegawaian perusahaan serta menjaga lingkungan kerja, agar pegawai merasa betah untuk bekerja di perusahaan tersebut. Oleh karena itu, seorang HRD wajib untuk memiliki skill yang mumpuni.

Jika kamu tertarik untuk berkarier pada bidang pekerjaan ini, Berikut EKRUTES.ID telah merangkum 7 skill HRD yang wajib untuk kamu miliki sebagai  seorang HRD. Yuk, di simak bersama!

7 skill yang wajib dimiliki HRD

Skill adalah hal penting yang harus kamu miliki ketika memasuki dunia kerja. Dengan memiliki skill kerja yang baik, seorang pekerja tentu dapat memberikan kontribusi terbaik untuk perusahaannya. Berikut skill yang harus kamu miliki sebagai seorang HRD:

1. Problem solving

Problem solving merupakan skill yang penting untuk dimiliki seorang HRD perusahaan dalam menjalankan tugasnya. Hal ini karena sebagai seorang HRD, kita harus mampu menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh pegawai dalam perusahaan dengan memberikan solusi terbaik agar kondisi kembali kondusif.

Salah satu contohnya seperti, jika terdapat seorang pegawai yang merasa kurang cocok dengan atasan atau rekan kerjanya, maka HRD harus mampu memberikan solusi berupa pendekatan kepada mereka, atau pegawai yang merasa sulit beradaptasi dengan lingkungan kerja dapat dievaluasi kembali terkait dengan hal tersebut.

Persoalan tersebut tentu akan sangat berpengaruh kepada kinerja seorang karyawan dalam perusahaan. Hal ini karena jika seorang pegawai merasa tak nyaman, maka produktivitas kerjanya  tentu akan menurun. Sebaliknya, jika seorang pekerja mendapatkan lingkungan kerja yang suportif maka tentu akan meningkatkan produktifitas.

2. Skill komunikasi

Dalam dunia kerja, skill komunikasi merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh pekerja. Pada bidang human resources, kemampuan berkomunikasi merupakan hal yang penting untuk dimiliki baik dengan jajaran para direksi, sesama karyawan, ataupun kandidat pelamar pada proses rekrutmen kerja.

Pada proses rekrutmen kerja, skill komunikasi HRD sangat dibutuhkan untuk menggali informasi seputar kandidat pelamar tersebut. Seperti pertanyaan soal profil diri karyawan, pengalaman, kemampuan yang dimiliki, dan hal lainnya yang perlu dikomunikasikan agar perusahaan mendapatkan pegawai terbaik.

Selain itu, sebagai seorang HRD penting bagi kalian untuk melakukan branding diri di media sosial. Hal ini karena personal branding yang ditunjukan di media sosial merupakan salah satu cara seseorang mengkomunikasikan citra dirinya kepada orang lain melalui foto, video ataupun tulisan yang dibagikan.

3. Multitasking

Multitasking menjadi salah satu skill yang diperlukan dalam bidang human resources. Adapun hal-hal yang meliputi multitasking seperti:

  • Harus mampu mendengarkan masalah pribadi
  • Mampu membuat suatu strategi perekrutan yang efektif
  • Melakukan evaluasi kerja karyawan perusahaan

Selain itu, sebagai seorang HRD harus mampu memberikan bantuan kepada divisi lain yang membutuhkan bantuan dalam merekrut pekerja baru dan mengurus karyawan yang resign secara bersamaan. Kedua hal yang bertolak belakang ini, tentu merupakan tugas yang membutuhkan kemampuan multitasking yang baik.

Karena menjalankan dua pekerjaan sekaligus tentu bukan hal yang mudah, HRD harus mampu berkoordinasi dengan divisi terkait dan menyiapkan berbagai kebutuhan untuk menyelenggarakan proses rekrutmen. Selain itu, HRD juga harus menghitung uang pesangon yang akan diberikan kepada karyawan yang akan resign.

4. Empati

Empati merupakan skill yang penting untuk dimiliki oleh orang yang bekerja di bidang human resources. Sehingga untuk bekerja di bidang HR, kamu perlu untuk melatih rasa empati dan simpatimu. Hal ini karena nantinya kamu akan bertemu dengan berbagai permasalahan karyawan seputar gaji, workload, atau konflik antar karyawan.

Kemampuan berempati dapat membantu seorang HRD dalam membuat keputusan terutama terkait membuat problem solving. Dengan berempati saat mendengarkan keluhan dan memberikan bantuan kamu dapat mengetahui situasi, perasaaan dan sudut pandang dari karyawan lain untuk membuat keputusan.

5. Mampu menggunakan teknologi

Skill dalam menggunakan teknologi penting untuk dimiliki oleh seorang HRD. Hal ini karena pada era digital saat ini, seluruh media sosial merupakan salah satu cara yang dapat menjadi efisien dan efektif dalam pekerjaan.

Dengan teknologi saat ini, media sosial dapat membantu kamu untuk membentuk citra yang baik kepada public. Selain itu, media sosial dapat HRD manfaatkan untuk mencari kandidat calon karyawan baru perusahaan.

6. Bersikap tegas

Seorang HRD juga harus mampu bersikap tegas karena skill yang perlu dimiliki oleh seorang human resources. Hal ini karena seorang HRD tidak boleh bersikap ‘lembek’ karena ia harus membuat keputusan saat merekrut atau memberhentikan karyawan.

Dengan memiliki seorang HRD yang tegas, perusahaan akan dapat mendapatkan kandidat terbaik yang tepat dengan bidangnya. Di sini lain, HRD harus memperhatikan kesejahteraan karyawam agar dapat bekerja dengan nyaman. Selain itu, seorang HRD perlu berpikir tegas karena akan memegang data-data penting milik perusahaan.

Dengan bersikap tegas, akan lebih mudah untuk membuat strategi yang telah dirancang untuk dijalankan. Selain itu, dengan bertindak tegas tentu sebagai HRD akan lebih dihargai oleh karyawan atau calon kandidat pencari kerja.

Nah, itu dia 6 skill yang harus kamu miliki jika kamu ingin menjadi seorang HRD. Sebagai seorang HRD, tentu kamu membutuhkan kemampuan khususnya dalam berkomunikasi dengan orang lain. Oleh karena itu, jika kamu ingin menjadi seorang HRD mulailah untuk berlatih skill-skill di atas ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *