7 Skill yang Harus Dimiliki Jika Berkarir di Divisi Human Resources

skill sebagai human resources

Di dalam sebuah perusahaan, fungsi HRD atau Human Resource Department berkewajiban mengatur kelayakan tenaga kerja yang ada. Nah, untuk bisa menjalankan kewajiban tersebut, tentu diperlukan keahlian sebagai pendukungnya.

Buat kamu yang bercita-cita menjadi bagian dari divisi human resources, pastikan sudah dibekali keahlian yang mumpuni untuk bisa berkarir di bidang ini.

Adapun keahlian yang dibutuhkan oleh seorang human resources, diantaranya ada di bawah ini.

7 Skill yang Wajib Dimiliki Seseorang Pada Divisi Human Resources

skill sebagai human resources 2

Divisi Human resources merupakan salah satu posisi penting dalam sebuah perusahaan. Sederhananya, posisi inilah yang menentukan kualitas tenaga kerja yang bekerja di sana.

Dengan tanggung jawab kerja yang terbilang besar, gaji mereka yang bekerja di divisi tersebut juga sepadan. Itulah mengapa posisi ini banyak sekali diincar.

Jika kamu adalah salah satu orang yang mengincar posisi ini, maka pastikan telah memiliki bekal keahlian seperti berikut ini.

1. Multitasking

Salah satu keahlian yang harus dimiliki agar dapat sukse berkarir sebagai seorang human resources ialah multitasking.

Fungsinya adalah untuk bisa meng-handle berbagai pekerjaan sehingga lebih cepat selesai sesuai perencanaan.

Tugas dalam divisi ini bukan sebatas mengenai perekrutan maupun pelatihan tenaga kerja saja.

Permasalahan antar personal, kontrak kerja, payroll gaji dan juga dokumen seperti BPJS pun bagian dari tanggung jawabnya.

Dengan banyaknya tanggung jawab serta kebutuhan perusahaan yang kerap berubah dalam waktu singkat, alasan terbesar mengapa skill multitasking diperlukan.

Baca juga: 8 Skill yang Dibutuhkan agar Sukses di Bidang Advertising

2. Problem Solving

Kerap kali pihak human resources dihadapkan dengan permasalahan yang sifatnya diluar aturan perusahaan.

Sebut saja seperti diskriminasi, konflik antar karyawan dan masalah lain yang menuntut kemampuan seseorang dalam memberikan solusi.

Di saat seperti itulah, kemampuan problem solving kamu diuji. Bukan tentang bagaimana menaati dan menjalankan peraturan saja, tetapi juga menganalisa dan memutuskan sesuai kondisi yang ada.

Kamu harus bisa menyaring setiap informasi yang masuk serta mengkonfirmasi informasi tersebut.

Tujuannya adalah agar menghasilkan langkah atau keputusan yang tepat sehingga permasalahan dapat terselesaikan.

3. Negosiator Andal

Skill yang tak kalah penting untuk dimiliki oleh seorang human resources adalah kemampuan untuk bernegosiasi.

Hal ini masih berhubungan dengan kemampuan menghasilkan solusi yang sudah dibahas sebelumnya.

Kamu harus bisa menjadi negosiator andal, untuk bisa menjadi penengah dalam sebuah permasalahan.

Tidak ada indikasi berat sebelah, serta mampu memberikan berbagai alternatif solusi yang bisa disepakati oleh pihak yang terlibat permasalahan.

Baca juga: Tips Negosiasi Gaji Biar Saling Menguntungkan, Coba Sekarang!

4. Komunikatif

Untuk bisa sukses berkarir di divisi human resources, kamu juga harus ahli dalam berkomunikasi atau komunikatif.

Seorang yang komunikatif, artinya mampu berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan, serta media lainnya.

Sebagai divisi HR, kamu tentu harus sering berkomunikasi dengan banyak pihak.

Mulai dari atasan, rekan beda divisi, pelamar kerja, peserta pelatihan dan masih banyak lagi lainnya.

Oleh sebab itu, kemampuan ini penting untuk kamu miliki.

Terlebih lagi dengan kemajuan teknologi, menuntut kita menguasai komunikasi via media sosial. 

Tujuanya adalah agar apa yang menjadi pesan atau kebutuhan dari perusahaan bisa tersampaikan.

Baik melalui postingan social media, email, ataupun materi meeting.

Kemampuan ini juga akan berguna sebagai penjernih kesalah pahaman, ketika kamu membuat suatu keputusan yang tergolong menimbulkan kontroversi.

Alasannya, pihak HR sering di posisi terjepit dan keputusannya akan selalu dipertanyakan.

5. Beretika, Disiplin dan Fokus

Tiga hal ini tidak dapat dipisahkan. Alasannya karena dapat saling menyempurnakan dan saling berhubungan.

Divisi HR, menjadi salah satu cerminan citra perusahaan. Bahkan rahasia perusahaan pun juga berada di tangan divisi ini.

Mengapa begitu? Sebab divisi inilah yang secara langsung mempersiapkan, menyediakan serta melayani kebutuhan manajemen utama atau puncak dalam perusahaan.

Memastikan setiap tenaga kerja secara keseluruhan menjalankan peraturan yang sudah ditetapkan.

Hanya mereka yang beretika baik yang bisa dijadikan tauladan.

Untuk bisa menjalankan kewajibannya, divisi HR juga harus disiplin serta fokus pada praktiknya.

Banyaknya tanggung jawab dan tuntutan atas fungsinya bagi perusahaan sekaligus karyawan membutuhkan disiplin juga fokus yang tidak dapat ditawar.

Penghasilan yang besar, sepadan dengan tanggung jawab yang tidak kalah besar.

Baca juga: Ingin Berkarir Sebagai Telemarketer? Ini 7 Tips Untuk Tingkatkan Skill Kamu

6. Mengatur

Keahlian dalam mengatur segala sesuatu agar menjadi lebih baik serta efektif juga efisien menjadi salah satu syarat untuk sukses berkarir di divisi human resources.

Bukan tanpa alasan kemampuan tersebut diperlukan. Hal ini dikarenakan kinerja atau tanggung jawab dari divisi HR menyangkut karir juga kehidupan orang lain.

Untuk bisa mewujudkan operasional yang baik, teratur sesuai tujuan juga perencanaan, maka diperlukan  kemampuan mengatur dokumen, waktu dan juga tugas sehingga semua berjalan efektif serta efisien.

Dengan begitu, kamu sebagai pihak human resources akan lebih mudah dalam melaksanakan kewajiban karena semua sudah tersusun rapi sesuai pengaturan yang kamu rencanakan.

7. Manajemen Perubahan

Dalam sebuah perusahaan, tentu tidak luput dari yang namanya perubahan.

Mulai dari sistem operasional, kualifikasi tenaga kerja, serta perubahan formasi pada tiap-tiap divisi.

Hal ini berhubungan dengan perkembangan usaha, perkembangan karir masing-masing karyawan dan juga efek dari karyawan yang memutuskan hengkang.

Kamu yang berada di posisi human resources, harus tanggap dan siap dengan segala perubahan yang ada. Kamu harus bisa beradaptasi lebih cepat dengan perubahan tersebut dibandingkan divisi lainnya.

Tujuannya adalah memastikan bahwa semua yang ada dalam perusahaan dapat menerima perubahan dalam bentuk apapun. Tentu saja tanpa mempengaruhi performa kerja dan juga kegiatan usaha.

Apakah kamu sudah memiliki semua skill di atas?

Jika sudah, artinya kamu sudah siap berkarir sebagai human resources seperti yang kamu impikan.

Langkah selanjutnya adalah mencari lowongan yang sesuai dari perusahaan impian.

Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi Ekrutes.id sebagai jembatan penghubung antara kamu dan perusahaan penyedia lowongan.

Mengapa Ekrutes.id? Sebab Ekrutes.id merupakan platform digital talent yang cerdas dan memberi banyak kemudahan.

Ekrute.ids memberikan kamu kesempatan meraih karir impian sesuai passion, kemampuan bahkan lokasi kerja serta gaji yang kamu inginkan.

Aplikasi ini menyediakan fitur psikotes online, yang akan menentukan karakter, keterampilan juga wawasan yang kamu miliki. Selanjutnya, melalui sistem algoritma yang canggih mereka mengumpulkan lowongan yang sesuai dengan profil kamu.

Ingin sukses menjadi seorang human resources? Maka kuasai keahlian yang wajib dimiliki seperti penjelasan di atas, kemudian lanjutkan bergabung dengan Ekrutes.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *