Mengenal Apa Itu Moodboard Serta Cara Membuatnya

apa itu moodboard adalah

Pernahkah kamu mencoba menjelaskan ide-ide kreatif kepada orang lain, tetapi kesulitan untuk menggunakan kata-kata yang tepat? Jika iya, kamu wajib coba gunakan moodboard.

Perasaan dan citra yang terkait dengan ide desain brand yang bagus bisa saja sangat sulit untuk digambarkan hanya dengan kata-kata.

Oleh karena itu teknik ini bisa jadi salah satu cara yang efektif untuk digunakan saat menyajikan ide-ide kreatif kamu.

Dengan papan tersebut kamu bebas menggunakan warna, gambar, dan tekstur untuk mengomunikasikan estetika yang menggambarkan brand kamu.

Selain itu, dengan papan ini kamu dapat menciptakan perasaan yang ingin kamu sampaikan dalam desain kamu untuk target audiens kamu.

Buat kamu yang masih asing mendengar istilah ini, langsung saja simak artikel berikut untuk mendapatkan pembahasan lebih lanjut mengenai teknik ini.

Setelah membaca artikel ini, barangkali kamu akan memperoleh inspirasi alternatif cara yang efektif untuk mengatasi kesulitan dalam mengkomunikasikan ide desain kamu.

Apa Itu Moodboard?

Teknik mood boarding saat ini tengah populer tidak hanya di bidang desain tetapi juga di antara banyak profesional kreatif lainnya.

Moodboard adalah sejenis alat visual yang berguna untuk mengkomunikasikan konsep dan ide visual kamu.

Umumnya, papan ini terdiri dari kumpulan gambar, bahan, potongan teks, garis, dan lain-lain yang dipikirkan dan direncanakan sebelumnya.

Kemudian elemen-elemen tersebut disusun, diatur, dan dimodifikasi sedemikian rupa dengan maksud untuk membangkitkan atau memproyeksikan gaya atau konsep tertentu.

Desainer, illustrator, fotografer, pembuat film, dan semua jenis profesional kreatif biasanya membuat teknik ini untuk menyampaikan “rasa” dari sebuah ide kepada target audiens.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengasah Kreativitas dan Produktivitas?

Manfaat Menggunakan Moodboard

apa itu moodboard adalah 2

Setelah mengetahui pengertiannya, lalu apa saja sih manfaat yang bisa kamu peroleh dengan menggunakan papan ini sebagai media untuk menyampaikan ide kreatif kamu?

Langsung sama simak penjelasannya berikut ini!

1. Moodboard Dapat Memvisualisasikan Ide dengan Lebih Efektif

Kerap kali klien kesulitan menyampaikan pendapat mereka tentang desain cara dengan menggunakan kata-kata.

Hal ini juga bisa membuat kamu ikut kesulitan juga untuk memvisualisasikan ide kamu kepada mereka. Tentu ini sangat tidak efektif, bukan?

Namun, dengan menggunakan teknik mood boarding, kamu dapat lebih mudah memadukan pemikiran kamu dan klien,

Klien juga akan lebih mudah dalam memberikan feedback, baik itu berupa masukan atau kritikan, sehingga kamu berkesempatan untuk menyempurnakan desain kamu.

2. Membangun Visual Kamu

Semua proyek yang berhubungan dengan ide kreatif selalu membutuhkan input visual di beberapa titik, bukan?

Nah, dengan teknik mood-boarding, kamu akan dengan cepat mendapatkan ide-ide kamu tanpa mencoba membuatnya dari awal.

Sesederhana menyimpan gambar, mengambil foto, atau mengambil tangkapan layar sebagai cara untuk merekam dan menyimpan ide selama proses pembuatan desain.

3. Lebih Menghemat Waktu dan Tenaga

Manfaat lain dari penggunaan teknik mood boarding adalah tidak membutuhkan banyak waktu.

Artinya dalam beberapa jam, atau mungkin kurang, kamu dapat membuat panduan visual untuk klien untuk mempresentasikan sebuah konsep atau ide desain kamu.

Dengan teknik ini, kamu dapat dengan mudah mengedit desain sehingga menghemat waktu dan tenaga.

Baca juga: Tips Work From Home: Tingkatkan Produktivitas Kerja!

4. Untuk Mendapatkan Inspirasi

Dalam dunia kreatif, tentu saja kamu membutuhkan yang namanya inspirasi. Mood boarding adalah cara yang bagus untuk menemukan inspirasi atau ide.

Bisa berupa foto dan ilustrasi yang indah untuk membantu menemukan suasana hati dan gaya desain yang tepat.

Selain itu, jika kamu mampu, cobalah untuk membuat materi melalui hal-hal di sekitar kamu.

Karena hal tersebut lebih sering memiliki dampak lebih kuat untuk membangkitkan ide-ide kreatif.

5. Talk Less Show More

Harus kamu akui bahwa setiap presentasi, meskipun detail dan panjang, tidak dapat menjelaskan rencana dan ide Anda lebih baik daripada presentasi secara visual.

Hanya dengan menggunakan kata-kata saja bisa membuat kamu gagal dalam menggambarkan ide desain kamu kepada klien.

Tetapi materi visual bisa jadi cara yang efektif untuk membantu klien kamu menyelam lebih dalam ke detail dan memahami ide kamu dengan tepat.

Tips Membuat Moodboard yang Menarik dan Efektif

Sekarang mari lanjut ke pembahasan mengenai tips dan trik dalam membuat moodboard yang menarik dan efektif sebagai media untuk mempresentasikan desain kamu.

1. Ketahui Alasan Kamu Membuat Moodboard

Dalam memulai sebuah proyek yang notabenenya cukup sulit, namun menggairahkan, khususnya bagi kamu yang terjun di bisnis kreatif.

Oleh karena itu, kamu juga perlu menentukan media presentasi apa yang cocok untuk ide desain kamu, salah satunya dengan menggunakan mood boarding.

Jika kamu tahu alasan dalam memilih teknik ini, maka langkah awal kamu dalam proses mengumpulkan bahan hingga mengkomunikasikan ide jadi lebih mudah.

Baca juga: Apa itu Mind Mapping? Bagaimana Cara Membuatnya?

2. Mulailah dengan Kata Kunci

Banyak desainer mood boarding yang langsung memilih gambar sebagai langkah awalnya.

Namun, justru akan lebih baik jika kamu fokus pada kata kunci unik yang mewakili ide desain kamu secara visual baru dirasionalisasikan ke dalam bentuk gambar.

Perbedaan ini dapat membantu kamu untuk mempresentasikan suasana dan citra yang berasal dari atribut utama desain yang kamu buat.

3. Gunakan Ukuran, Posisi, dan Warna yang Sesuai

Jika kamu menggunakan teknik ini, setiap elemen sangatlah penting. Maka dari itu, kamu harus perhatikan ukuran dan posisi yang sesuai dengan desain brand kamu.

Konsepnya tentu harus mencerminkan betapa pentingnya brand tersebut. Hal ini akan memudahkan kamu dan klien untuk fokus pada esensi desain.

Pemilihan warna yang tepat juga sangat penting. Pilih gaya khusus untuk papan kamu, dan gunakan warna untuk membantu memperkuat gaya tersebut.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Ikigai dan Aplikasinya dalam Keseharian

Bagaimana Cara Membuat Moodboard?

Pembahasan selanjutnya adalah bagaimana cara membuat moodboard yang baik dan efektif untuk mengkomunikasikan suatu ide kreatif. Ikuti langkah-langkah berikut!

1. Tetapkan Arah Desain Kamu

Ingat, teknik ini banyak menggunakan eksplorasi, jadi jangan terlalu terikat pada arah tertentu.

Sangat penting untuk tetap berpikiran terbuka untuk menemukan inspirasi dan solusi yang tepat.

2. Kumpulkan Materi yang Ada di Sekitar Kamu

Langkah selanjutnya, tambahkan konten tertulis yang kamu ambil dari hal-hal di sekitar kamu. Hal ini mencakup nilai brand, posisi, tag-line dan sebagainya.

Namun ingat, penambahan materi jangan sampai keluar dari jalur atau ide yang telah kamu tentukan.

3. Tambahkan Gambar, Sound, dan Motion

Berikutnya, masukkan gambar, sound, dan motion pada tampilan proyek kamu yang cocok untuk menggambarkan citranya. Jadi pikirkanlah dengan hati-hati!

Mulai dari nada, pemotongan, pencahayaan, warna, movement, dan animasi harus kamu pertimbangkan.

4. Tata dan Organisasikan

Langkah selanjutnya adalah menyusun ide-ide kamu untuk menciptakan komposisi yang sempurna. Proses ini bisa memakan waktu cukup lama.

5. Kolaborasikan dan Kembangkan 

Berkolaborasi dengan tim dalam mengerjakan proyek desain akan sangat membantu dalam mendapatkan masukan dan ide untuk mengembangkan desain kamu.

Nah, demikianlah beberapa informasi terkait moodboard yang bisa kamu jadikan referensi. Mulai dari pengertian, manfaat, tips, hingga cara membuatnya.

Semoga dapat menginspirasi kamu dalam memilih cara yang unik namun efektif untuk mempresentasikan ide desain kamu kepada klien.

Hi, I’m EkrutesID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *