Tips Menulis Deskripsi Diri agar Lebih Menarik di Mata Recruiter
Saat melamar kerja, baik secara konvensional maupun lewat email tentu memerlukan CV (Curriculum Vitae). Cara menulis deskripsi diri kamu dalam CV sebagai informasi bagi rekruter atau HRD harus diperhatikan.
Tahap ketika CV mu dibaca rekruter atau HRD adalah kunci apakah kamu berkesempatan lanjut ke tahap berikutnya atau tidak.
Oleh sebab itu, pastikan jika deskripsi diri yang kamu buat cukup menarik dan meyakinkan untuk HRD.
Ingin tahu lebih lanjut bagaimana cara menulis deskripsi diri yang dapat menarik recruiter atau HRD?
Kamu bisa simak sembilan tips yang sudah kami rangkum di bawah ini.
7 Tips Cara Menulis Deskripsi Diri Untuk Menarik Recruiter/HRD
Deskripsi diri pada CV, umumnya terdiri dari serangkaian kalimat singkat yang menjadi ringkasan profil dari si pelamar kerja.
Tujuan dibuatnya deskripsi tersebut adalah untuk menunjukkan berbagai kualifikasi yang dimiliki.
Adapun kualifikasi yang dimaksud adalah seperti pendidikan, keahlian, pengalaman kerja juga tujuan juga alasan melamar kerja di perusahaan tersebut.
Meskipun terkesan sederhana, kamu harus bisa membuat deskripsi diri tersebut mewakili penggambaran dirimu secara keseluruhan.
Namun, penggambaran tersebut haruslah singkat dan mampu membuat HRD atau recruiter terkesan.
Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba terapkan sebagai cara menulis deskripsi diri yang singkat dan menarik.
1. Singkat dan Padat
Seorang HRD atau rekruter tentu tidak hanya menerima satu lamaran kerja saja.
Oleh karenanya, tips pertama dalam membuat deskripsi diri dalam CV adalah singkat dan padat.
Kamu harus bisa membuat HRD terkesan pada bagian awal atau opening.
Dengan begitu akan membawa mereka untuk ingin tahu profil juga kualifikasi kamu secara lebih dalam.
Kamu bisa menulis deskripsi ini dalam bentuk poin ataupun paragraf singkat.
Tidak perlu berpanjang lebar, yang terpenting informasi terkait diri kamu tersampaikan dengan lengkap.
Baca juga: Membuat CV Jadi Lebih Mudah dengan Rekomendasi Website Ini!
2. Pilih Poin yang Ingin Kamu Jadikan Keunggulan
Cara menulis deskripsi diri yang menarik bukan berarti haris menyampaikan seluruh pencapaian atau kelebihan kamu secara keseluruhan.
Cukup kamu pilih poin yang ingin ditonjolkan.
Dalam memilih poin tersebut, kamu harus jadikan posisi yang kamu lamar sebagai bahan pertimbangan.
Usahakan poin yang akan kamu jadikan keunggulan berkaitan dengan posisi pada lowongan.
Tujuannya adalah, sejak rekruter atau HRD membaca profil kamu mereka sudah menemukan poin yang sesuai dengan lowongan.
Artinya, kamu termasuk sebagai salah satu kandidat yang tengah mereka butuhkan.
Baca juga: Ingin Dilirik HRD? Inilah Cara Membuat Portofolio yang Tepat
3. Menjabarkan Diri Secara Profesional
Usahakan untuk menggunakan kalimat yang sifatnya deskriptif dalam menjabarkan siapa diri kamu.
Terutama mengenai profesionalitas kerja.
Kamu bisa mulai dengan jabatan atau posisi terakhir yang masih kamu emban hingga saat ini.
Barulah kamu lanjutkan dengan beberapa pengalaman kerja yang dinilai cukup relevan dengan lowongan yang kini kamu lamar.
4. Uraikan Tujuan Karir dan Gunakan Angka Sebagai Data
Jelaskan apa yang menjadi tujuan karir kamu dan apa yang menghubungkannya dengan posisi pada lowongan pekerjaan di perusahaan tersebut.
Dari ditu HRD atau rekruter akan dapat menganalisa passion ataupun menilai seberapa besar niat juga minat kamu untuk posisi tersebut.
Jangan lupa untuk menyertakan data berupa angka atau prosentase atas pencapaian karir kamu.
Data tersebut setidaknya akan menjadi gambaran kasar atas kualitas kerja juga keahlian kamu.
Baca juga: Noted! Inilah Perbedaan CV dan Resume yang Perlu Kamu Ketahui!
5. Pemakaian Kata Kunci yang Berhubungan dengan Posisi pada Lowongan
Sekilas hal ini sangat sepele. Maka dari itu tidak heran jika kerap dilewatkan oleh para pelamar kerja ketika membuat CV.
Padahal, ini menjadi salah satu tips cara menulis deskripsi diri yang mampu menarik perhatian recruiter atau HRD.
Dengan menggunakan kata kunci yang relevan dengan lowongan, dari situ kamu menunjukkan jika kamu salah satu kandidat yang dibutuhkan.
Kamu punya kemampuan juga pengalaman di bidang tersebut.
6. Jangan Gunakan Istilah Umum, Ganti dengan Ciri Khas Kamu
Penggunaan istilah yang terlalu umum atau kebanyakan, tidak akan memberi nilai lebih pada deskripsi diri kamu.
Hal itu akan membuatnya terlihat biasa saja sama dengan lainnya.
Kamu bisa menggunakan sedikit sentuhan yang menjadi ciri khas kamu.
Itu akan menjadi sebuah orisinalitas juga keunikan yang mempunyai daya tarik tersendiri.
7. Minimalisir Kesalahan pada Penulisan
Baik menulis secara manual ataupun memakai gadget, selalu biasakan untuk memeriksa secara berulang.
Tujuannya adalah, mengoreksi jika terdapat kesalahan.
Periksa pada keseluruhan CV (Curriculum Vitae) maupun di bagian deskripsi diri secara khusus.
Jangan hanya fokus pada typo, tetapi perhatikan juga tata bahasa maupun pemilihan kata.
Pastikan keseluruhan CV kamu, terutama bagian deskripsi diri menggunakan bahasa yang cukup manusiawi dan mudah dipahami.
Tidak menggunakan istilah umum bukan berarti menggunakan kata yang susah dipahami atau menimbulkan kesan ambigu.
Sudah paham bagaimana cara menulis deskripsi diri yang baik dan juga menarik?
Saatnya kamu terapkan dalam membuat lamaran pekerjaan.
Baca juga: Tips Membuat Cover Letter untuk Melamar Pekerjaan
Jika ingin merasakan pengalaman baru dan berbeda dalam melamar kerja, kamu bisa coba unduh aplikasi Ekrutes.id.
Di sana kamu bisa menerapkan tips menulis deskripsi diri untuk membuat profil akun kamu sebagai talent dalam aplikasi.
Sesuai tips di atas, deskripsi tersebut harus cukup berkesan bagi pihak perusahaan yang membacanya.
Dengan aplikasi pencarian kerja cerdas Ekrutes.id, kamu juga akan dibantu menganalisa karakter juga keahlian maupun wawasan melalui fitur psikotes.
Psikotes tersebut dilakukan secara online, sehingga lebih cepat dan bisa langsung didapat hasilnya.
Tujuan dari psikotes tersebut adalah untuk menyesuaikan profil kamu dengan lowongan yang dibuka oleh beberapa perusahaan.
Bahkan kamu juga bisa menambahkan kualifikasi pekerjaan yang kamu inginkan dengan menggunakan filter pencarian.
Ekrutes.id memungkinkan kamu untuk ditemukan oleh perusahaan yang tengah membutuhkan kualifikasi kamu.
Pencarian lowongan kerja bisa kamu lakukan dengan lebih cepat dan aman.
Unduh dan gunakan aplikasi Ekrutes.id untuk menjembatani kamu dengan berbagai perusahaan yang tengah membuka lowongan.
Jadikan Ekrutes.id sebagai pembuka jalanmu memperoleh karir impian, untuk bisa mencapai titik puncak kesuksesan.