5 Tips Membangun Percaya Diri Sebagai Content Creator

content creator

Pernah kepikiran jadi content creator tapi nggak cukup percaya diri untuk memulai? Padahal percaya diri adalah modal utama untuk jadi content creator loh! Percaya diri sebagai content creator bisa menghilangkan perasaan cemas ketika tampil di kamera untuk membuat konten.

Rasa percaya diri memang bukan hal yang tiba-tiba bisa dimiliki dengan mudah. Bahkan para artis dan penyanyi terkenal, membutuhkan waktu yang lama untuk mengembangkan rasa percaya diri agar tidak merasa gugup ketika tampil di depan kamera atau publik.

Percaya diri merupakan hal yang begitu penting bagi seorang content creator untuk mengekspresikan dirinya. Terlebih jika kamu tertarik menjadi seorang content creator untuk mengisi konten di media sosial perusahaan, kamu perlu memberikan kemampuan bicara dengan baik dan tampil percaya diri.

Tips membangun rasa percaya diri dengan mudah

Berikut lima tips yang bisa kamu lakukan untuk membangun rasa percaya diri di depan kamera sebagai content creator:

1. Mempertahankan kontak mata

Ketika kamu berbicara di depan kamera, penting untuk kamu mempertahankan mata ke arah lensa tersebut sama seperti ketika kamu tengah berbicara dengan orang lain. Oleh karena itu, penting untuk kamu persiapkan materi yang ingin dibicarakan. Sehingga kamu dapat menentukan kata pemicu atau kata petunjuk, untuk memudahkan kamu berbicara.

Dengan mempertahankan kontak mata dapat membuat kamu merasa berbicara dengan orang secara langsung. Pastinya hal ini membuat kamu akan merasa lebih nyaman dan percaya diri.

2. Jangan takut tampil di depan kamera

Ketika kamu merasa tidak percaya diri, sorot dari lensa kamera pasti membuatmu terintimidasi langsung ke wajah. Tetapi jangan khawatir, kamu bisa menganggap kamera sebagai sahabat, karena kamera menjadi perantara untuk kamu menyampaikan ide kepada publik.

Jadi kamu bisa mengalihkan pikiran, agar lebih tenang dan rileks. Meski diawal terasa aneh, namun bayangkan bahwa lensa tersebut adalah lawan bicaramu bukan benda mati.

3. Berlatih terus menerus

Ketika kamu ingin menjadi seorang content creator, penting bagi kamu untuk berlatih secara terus menerus agar percaya dirimu semakin meningkat. Berlatih bukan hanya diperlukan ketika kamu tampil di depan kamera, tetapi juga untuk memperlancar kemampuan komunikasi agar berjalan dengan lancar.

Banyak orang yang berpikir karena video dapat diedit, sehingga mereka langsung merekam tanpa melakukan briefing lebih lanjut. Perlu untuk diingat, bahwa tidak semua video editor mampu untuk memahami ide dari pesan yang ingin disampaikan kepada audiens.

Sehingga, dengan berlatih secara terus menerus akan membantu kamu semakin lancar ketika tampil di kamera atau di depan umum.

4. Tidak perlu merubah kepribadian

Hanya karena kamu tengah berada di depan kamera, bukan berarti kamu menjadi pribadi yang lain.  Pembicara yang baik adalah pembicara yang berkesan di hati audiensnya. Sehingga, biarkan diri kamu bersinar dengan apa adanya sesuai kepribadianmu.

Kamu tidak perlu menjadi orang lain untuk mengikuti keinginan orang lain ketika tampil di kamera, seperti ingin menjadi penyiar berita atau lainnya. Karena yang diinginkan oleh audiens adalah keterhubungan, sehingga hal ini akan tercapai jika kamu tampil sebagai dirimu sendiri di kamera.

5. Atur penampilan

Ketika kamu tampil di depan kamera, tentu kamu perlu mengatur penampilan agar bisa tampil dengan sempurna. Perlu untuk kamu ketahui bahwa warna dan motif juga berpengaruh pada penampilanmu di kamera, sehingga penting bagi kamu untuk memantaskan penampilanmu.

Kunci dari penampilan yang baik di kamera adalah pakaian yang membuatmu nyaman di depan kamera. Hal ini karena membuatmu nyaman dan menjadi dirimu sendiri, sehingga kamu juga bisa tampil dengan maksimal ketika membuat konten.

Itulah lima tips yang bisa kamu lakukan untuk membangun percaya diri sebagai content creator. Ketika kamu tampil menjadi content creator bagi perusahaan, penampilanmu merupakan representasi yang ditunjukan kepada audiens. Sehingga penting untuk memperhatikan penampilan dan cara komunikasimu dalam menyampaikan informasi.

Download aplikasi EKRUTES.ID dan dapatkan berbagai informasi seputar dunia kerja, serta ratusan lowongan pekerjaan terbaru setiap harinya dari perusahaan ternama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *