Bahaya Terlalu Lama Begadang bagi Pekerja, Yuk Kurangi!

begadang

Kamu sering begadang demi selamat dari deadline? Sayangnya, aktivitas ini berdampak buruk bagi kesehatan kamu loh! Salah satu dampak buruk yang akan kamu alami jika terlalu sering begadang adalah kelelahan. Kelelahan adalah kondisi yang terjadi jika tubuh mengalami kekurangan energi saat beraktivitas sehari-hari. EKRUTES.ID akan beritahu kamu dampak buruk jika terlalu sering begadang. Yuk, disimak!

 Dampak buruk begadang! Bisa membuat kamu jadi lebih tua loh

Kesehatan itu mahal harganya, makanya nggak heran kalau banyak orang yang memutuskan untuk membayar premi asuransi kesehatan untuk berjaga-jaga jika hal buruk terjadi. Nah, untuk kamu yang masih sehat, yuk jaga kesehatan. Kamu harus tahu apa saja dampak buruk yang bisa terjadi karena terlalu sering begadang.

1. Menurunkan daya ingat

Salah satu dampak negatif dari begadang adalah menurunkan daya ingat. Kondisi ini bisa terjadi karena ketika tidur, otak mengalami proses regenerasi sel yang berguna untuk menguatkan ingatan. Dalam proses ini, otak akan memindahkan ingatan dan memori ke dalam bagian yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan memori jangka panjang.

Sehingga ketika kamu terlalu sering kurang tidur, regenarasi sel akan terhambat oleh aktivitas tersebut. Jika kebiasaan ini terus berlangsung, kamu akan terus merasa kantuk sepanjang hari sehingga sulit berkonsentrasi dan berpikir.

Kamu akan lebih mudah lupa dengan berbagai hal, karena sulit berkonsentrasi. Oleh karena itu, kebiasaaan begadang sangat tidak dianjurkan dalam waktu yang panjang.

2. Gangguan depresi

Dampak buruk dari bahaya begadang selanjutnya terkena gangguan depresi. Kebanyakan orang yang mendapatkan diagnosis depresi atau kecemasan disebabkan karena  jam tidur yang kurang dari enam jam dalam sehari.

Kurangnya jam tidur dalam sehari akan menyebabkan berkurangnya regenerasi sel, sehingga mengakibatkan kelelahan dalam berpikir. Depresi juga dapat muncul jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi kafein untuk mengatasi rasa kantuk.

3. Cepat merasa lelah di siang hari

Terlalu sering begadang akan membuatmu kelelahan di siang hari, hal ini karena badanmu merasa lelah karena sulit tidur di malam hari. Kekurangan tidur di malam hari akan membuatmu juga tidak fokus pada saat bekerja di siang hari.

Sehingga kamu hanya ingin tidur di tempat kerja, dan tidak ingin bekerja. Dampak yang paling parah adalah pasien penderita hipersomnia, sehingga kamu akan sulit untuk bangun dari tidur. Jika tidak ditangani dengan baik, kondisi ini akan semakin parah.

4. Pekerjaan terhambat karena sakit

Dampak negatif dari begadang, salah satunya adalah demam dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Berkurangnya  waktu tidur di malam hari, akan meningkatkan risiko jantung hingga 80 persen.

Tak hanya itu, karyawan yang terlalu sering lembur akan rentan menderita serangan jantung dan stroke. Orang yang mengalami lembur juga rentan dengan penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, hingga penyakit mental seperti stres.

Itulah dampak-dampak buruk yang dapat kamu terima jika terlalu sering begadang. Namun, waktu tidur yang normal tentunya akan memberikan berbagai kesehatan untuk tubuh, serta memberikan berbagai manfaat untuk jangka panjang maupun pendek.

Yuk, download aplikasi EKRUTES.ID untuk mendapatkan berbagai informasi menarik seputar dunia kerja dan puluhan lowongan pekerjaan setiap harinya dari perusahaan ternama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *