Inilah 10 Kebiasaan Entrepreneur yang Harus Kamu Contoh!

kebiasaan entrepreneur

Apakah kamu adalah salah satu orang yang memiliki impian menjadi seorang entrepreneur? Artikel kali ini akan membahas 10 kebiasaan entrepreneur yang harus kamu pupuk mulai dari sekarang!

Tidak ada pencapaian yang instan di dunia ini, semuanya pasti diraih setelah berproses panjang dan mengalami jatuh bangun berkali-kali, sama halnya dengan menjadi seorang entrepreneur.

Sayangnya kebanyakan orang cenderung hanya berfokus pada hasilnya saja padahal proses adalah bagian paling berharga yang tersembunyi di balik setiap kesuksesan.

Proses tentunya harus didukung oleh kinerja yang baik untuk mendapatkan hasil maksimal.

Hal tersebut dapat diwujudkan melalui kebiasaan-kebiasaan yang sebenarnya sederhana tetapi cukup sulit dilakukan.

Kebiasaan-kebiasaan sederhana tersebut satu persatu akan menjadi anak tangga yang bisa mengantarkanmu menuju pintu kesuksesan.

Jangan sampai punya impian menjadi seorang pengusaha, tetapi yang dilakukan sehari-hari hanya menghayal sambil terpaku di dalam layar gadget selama berjam-jam.

Kalau kamu masih jadi orang yang seperti itu, yuk simak baik-baik artikel kali ini!

Dijamin akan memberikan pandangan dan wawasan baru khususnya untuk kamu yang ingin jadi seorang entrepreneur.

Kebiasaan Entrepreneur yang Bisa Jadi Pintu Kesuksesan

kebiasaan entrepreneur 2

Apa saja kebiasaan seorang entrepreneur yang bisa kamu contoh?

1. Menyukai tantangan dan hal baru

Seorang pengusaha pasti adalah tipe orang yang menyukai tantangan dan selalu menyambut hal-hal baru.

Mereka memiliki kepribadian yang pemberani dan tidak takut menghadapi resiko.

Entrepreneur memiliki pola pikir bahwa tantangan dan hal baru akan membawa pengalaman baru pula yang nantinya bisa bermanfaat untuk menjadi bekal dalam berbisnis.

Tetapi tentunya seorang entrepreneur juga harus penuh perhitungan dalam menghadapi resiko, dan tidak semata-mata mengambil langkah dengan asal-asalan.

2. Menjalankan passion dan bakat dengan tekun

Salah satu sikap yang harus selalu diambil oleh seorang entrepreneur adalah pandai memanfaatkan peluang.

Oleh karena itu passion dan bakat yang dimilikinya pun pasti akan dijadikan lahan basah yang akan dikembangkan agar jadi sesuatu yang lebih besar lagi nantinya, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Kalau kamu memiliki passion dan bakat di bidang tertentu jangan ragu untuk mengembangkan dan menekuninya, bisa saja hal tersebut akan menjadi peluang menjanjikan di masa depan.

Tetapi bukan hanya melakukannya saja, kamu pun jangan sampai merasa malu-malu atau rendah diri untuk memamerkan dan memperkenalkan hasil karyamu pada orang lain.

Apalagi saat ini sudah banyak sekali media di internet yang bisa kamu gunakan untuk memajang hasil-hasil karya, dalam bentuk apapun itu.

Tinggal singkirkan rasa malas dan tumbuhkan rasa percaya diri maka peluang akan segera tercipta di pelupuk mata.

Baca juga: Kenali Kepribadian Diri Agar Dapat Menemukan Karir yang Tepat

3. Menyusun rencana dan target

Kalau kamu merasa hidupmu berjalan dengan tidak beraturan, mungkin saja selama ini kamu belum menyusun rencana dan target dengan baik.

Menyusun rencana dan target pun sudah menjadi kebiasaan entrepreneur, karena kalau tidak bisnis yang sedang dijalankan bisa jadi berantakan.

Sebenarnya menyusun rencana dan target adalah hal mudah, yang sulit adalah bagaimana kita bisa dan mau memenuhinya dengan konsisten.

Hal ini bisa dimulai dari hal-hal kecil misalnya dengan membuat jadwal dan target harian.

Misalnya saja selain rencana kegiatan, kamu juga membuat target sederhana yang harus dipenuhi seperti batas maksimal bermain handphone dalam sehari, membaca buku minimal beberapa lembar dalam sehari, berolahraga secara rutin minimal sekian menit dalam sehari, dan masih banyak lagi.

Lama kelamaan kamu akan jadi semakin terbiasa menjalankan keseharian yang produktif.

Kunci dalam membuat rencana dan target oleh diri sendiri dan untuk diri sendiri ini adalah komitmen yang kuat.

Sambil memikirkan betapa ruginya kamu jika sehari-hari hanya menghabiskan waktu dengan gabut dan kurang berfaedah padahal ada banyak waktu terbuang yang seharusnya bisa dimanfaatkan dengan lebih optimal.

Baca juga: 7 Tips Jitu Membangun dan Meningkatkan Skill Leadership

4. Talk less do more

Ada banyak orang yang mempunyai ide brilian tetapi hanya sedikit yang berhasil mewujudkannya menjadi kenyataan.

Mereka yang tidak dapat mewujudkannya pasti merupakan tipikal orang yang lebih banyak berpikir dan membicarakan gagasan-gagasan tetapi tidak kunjung dieksekusi.

Coba kamu bayangkan kalau seorang entrepreneur lebih banyak menggembar-gemborkan keunggulan bisnisnya pada konsumen tetapi tidak dibuktikan dengan tindakan yang sesuai.

Sudah pasti si konsumen akan ogah dan berpaling pada entrepreneur lain yang lebih baik kinerjanya.

5. Konsisten dan visioner

Jika kamu sudah memutuskan untuk menekuni suatu bidang, agar mendapatkan hasil yang maksimal tentunya kamu harus konsisten dan tekun melakukannya.

Jangan sampai mudah berpaling pada hal lain sedangkan yang sebelumnya masih dilakukan dengan setengah-setengah,

Bosan sebenarnya adalah sifat yang sangat manusiawi dan bisa dialami siapa saja, tetapi daripada meninggalkan yang lama lalu memulai hal baru dari 0 dan jadi membuang waktu lebih baik kamu berinovasi sehingga hal yang sudah lama ditekuni akan mendapatkan warna baru dan berkembang secara tidak langsung.

Selain itu kamu juga tentu harus visioner dan terus berpikir jauh ke depan.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi resiko yang belum terlihat, mengatur ekspektasi.

Coba kamu bayangkan kalau seorang entrepreneur tidak memiliki kedua sifat ini?

Pasti bisnis yang sudah susah payah dibangun akan goyah apalagi kalau mereka memiliki karyawan yang dipekerjakan sehingga tentu saja secara tidak langsung kehidupan orang lain akan menjadi taruhannya.

Baca juga: Bagaimana Kriteria Pemimpin yang Baik Bagi Perusahaan?

6. Memiliki kemampuan leadership dan team work

Pengusaha yang memulai sebuah bisnis sekecil apapun itu sudah pasti secara otomatis akan menjadi pemimpin yang akan menentukan ke mana kapalnya akan pergi berlayar.

Pemimpin baik adalah mereka yang tidak gila hormat dan tetap menghormati sesama entah itu karyawan atau kolega bisnis.

Karenanya kemampuan team work pun mutlak harus dimiliki agar bisa bekerja sama dalam atmosfer yang menyenangkan tanpa adanya kesenjangan yang berlebihan.

7. Produktif dan pandai mengatur waktu

Tidak hanya seorang entrepreneur, kamu pun harus selalu produktif dan pandai dalam manajemen waktu.

Kuncinya kamu harus pintar-pintar mengatur skala prioritas, mana yang harus diutamakan lebih dulu, mana yang bisa nanti, dan mana yang bisa belakangan.

8. Menerima kritik dan pendapat orang lain dengan senang hati

Merasa bangga dan mengapresiasi diri sendiri yang kompeten dan banyak keahlian tentunya boleh-boleh saja, tetapi jangan sampai hal itu membuat kita tinggi hati dan tidak mau menerima kritik dan pendapat orang lain.

Kritik yang membangun bisa menjadi sarana bagi kita untuk selalu berkembang jadi lebih baik lagi, sedangkan pendapat yang diutarakan orang lain akan menambah pandangan baru bagi kita.

9. Mengevaluasi diri dan kinerja

Manusia tentunya tidak ada yang sempurna dan luput dari kesalahan.

Tetapi orang yang hebat adalah mereka yang mau mengakui kesalahan dan mengevaluasinya agar terus jadi lebih baik lagi kedepannya.

Evaluasi tentunya termasuk dalam kebiasaan entrepreneur yang sudah seperti makanan sehari-hari selama menjalankan bisnisnya.

Tanpa evaluasi, sebuah bisnis tidak akan bisa berkembang dan jadi stuck di situ-situ saja sebab masalah yang timbul tidak ditangani dengan baik sampai tuntas.

10. Mencintai diri sendiri

Menjadi seorang entrepreneur bukanlah hal yang mudah, jam kerjanya tidak menentu seperti karyawan kantoran biasa dan nyaris tidak bisa libur.

Tetapi seorang entrepreneur yang baik akan senantiasa memperhatikan dirinya dan mengambil waktu istirahat yang cukup untuk me-recharge diri agar siap terjun kembali ke dalam hiruk pikuk pekerjaan.

Sama halnya seperti kamu, ketika sedang merasa lelah sampai-sampai tidak bergairah untuk melakukan hal yang sedang ditekuni, mungkin saja itu adalah sinyal dari dalam diri yang menandakan bahwa kamu membutuhkan istirahat sejenak. Ingat, bukan menyerah tetapi beristirahat sejenak.

Sekian artikel seputar kebiasaan entrepreneur ini, semoga bisa semakin memotivasi kamu untuk lebih semangat meraih impian ya!

Nah, apakah kamu adalah orang yang masih bingung dengan passion dan rencana hidup kedepannya? Masih belum tahu di mana letak keunggulan yang ada pada dalam diri? Ekrutes.id akan menjadi solusi terbaik untuk kamu!

Ekrutes.id merupakan digital talent management platform, dimana dilengkapi juga psikotes online.

Salah satu visi kami adalah mengembangkan SDM yang kompeten dalam masing-masing bidangnya dengan menyediakan alat tes yang user-friendly, kredibel, dan reliabel.

Kamu bisa download aplikasi Ekrutes di smartphone dan nikmati berbagai fitur yang bermanfaat untuk mengembangkan diri!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *