Tips Adapatasi Anak Baru Saat WFH

Siapa disini yang baru aja dapat pekerjaan baru, eh… langsung WFH karena kasus covid-19 kembali meningkat?

Para lulusan tahun 2020 atau 2021 pasti merasakan keadaan ini, barusan aja keterima kerja, belum sempat ngerasain menghias meja kerja, berangkat pagi-pagi ke kantor, eh.. WFH. Pasti ada banyak hal yang belum kamu ketahui karena belum maksimal adaptasi di pekerjaan baru kamu. Namun WFH (Work From Home) seharusnya tidak menghambatmu untuk tetap bisa beradaptasi.

Kali ini, Ekrutes sudah siapun tips adapatasi anak baru saat WFH di kantor baru!

Baca Juga : Tips Psikotes, Anti Gagal!

1. Tepat Waktu Gabung di Meeting Virtual

Sudah pasti dinamika bekerja WFH akan sangat bergantung dengan meeting virtual. Nah…buat kamu si anak baru, jika ada meeting internal secara virtual untuk briefing ataupun closing di akhir hari, usahakan gabung lebih awal ya. Hal ini dimaksudkan agar sebelum meeting dimulai, kamu bisa menyempatkan untuk ngobrol dengan rekan kerja kamu. Siapa tahu ada rekan kerja yang belum pernah kamu temui atau belum sempat berkenalan, sesi ini bisa kamu manfaatkan untuk pendekatan nih!

2. Aktif Bertanya di Group Chat

Sudah pasti ketika WFH kalian akan lebih aktif di group chat kantor untuk membahas seputar pekerjaan. Pakailah kesempatan ini untuk tetap proaktif. Kamu bisa menanyakan job desc, flow kerja ketika WFH, peraturan atau ketentuan perusahaan. dll. WFH bukan berarti nggak bisa ngobrol. Pakailah group chat kantor untuk berkomunikasi dengan rekan kerja kamu agar tetap up to date terkait dengan pekerjaan.

3. Perkuat Koneksi Internet

Hal paling penting ketika WFH adalah koneksi internet stabil. Niat ingin kerja produktif dan tetap terhubung dengan rekan kerja tapi di tengah-tengah meeting virtual kamu justru menghilang. Pastikan koneksi internet kamu stabil sebelum menjalani WFH. Kamu nggak mau dong ketinggalan informasi atau tidak memahami instruksi pekerjaan hanya karena koneksi internet buruk.

4. Pahami Workflow 

Ketika menjalani WFH, banyak perusahaan yang terpaksa menyesuaikan workflow. Karena kamu orang baru, maka kamu juga harus bisa menyesuaikan workflow yang ada. Bisa jadi jam kerja berubah, terdapat jam-jam dimana kamu harus gabung di meeting virtual, berkirim email menjadi lebih intens, memerlukan pulsa untuk telepon sana-sini, atau harus mengirim file melalui jasa pengiriman dan lain sebagainya.

5. Bangun Mood Setiap Hari

Kerja dari rumah terus menerus bisa memunculkan kebosanan buat kamu. Maka dari itu, kamu harus mengusahakan untuk membangun mood setiap hari sebelum kerja di depan laptop. Bangun pagi, dengarkan musik favorit, buat sarapan, berolahraga dan lakukan hal-hal yang bisa membakar semangat kamu.

Tidak ada lagi tuh alasan untuk tidak produktif bekerja atau tidak bisa beradaptasi karena WFH. Yuk anak baru, tunjukkan kalau kamu bisa cepat beradaptasi dalam kondisi apapun!

Untuk kamu yang membutuhkan info terbaru seputar lowongan kerja, tips karir, dan juga psikotes gratis, langsung kunjungi EKRUTES.ID disini ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *