Belajar Strategi Pemasaran untuk Menggapai Karir Impian

mengenal strategi pemasaran

Salah satu cara untuk mengembangkan sebuah bisnis adalah dengan adanya strategi pemasaran pemasaran untuk mencapai target yang diharapkan.

Pemasaran adalah suatu langkah promosi dalam menjual barang ataupun jasa.

Dimana dalam prosesnya, terdapat cara promosi juga target pasar yang sudah disesuaikan dengan produk atau jasa yang dijual.

Dengan begitu, sebuah bisnis akan lebih mudah memperkenalkan juga menjual produk maupun jasanya secara efektif.

Harapannya, dengan langkah pemasaran tersebut, bisa mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan dan terus berkembang.

Lalu, apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran?

Agar kamu lebih mudah dipelajari juga dipahami, kamu harus simak penjelasan singkat berikut ini.

Definisi Strategi Pemasaran

strategi pemasaran

Secara umum strategi pemasaran berarti rangkaian usaha yang dilakukan oleh para pelaku usaha untuk bisa mengenalkan juga memasarkan produk atau jasanya pada masyarakat.

Hal itu dilakukan untuk bisa mewujudkan tujuannya seperti penjualan yang meningkat dan usaha yang kian berkembang pesat.

Namun ada pula beberapa pengertian dari para ahli. Berikut ini adalah definisi strategi pemasaran menurut tiga orang ahli di bidang tersebut.

1. Kurtz

Menurut pendapat Kurtz seperti yang tertuang dalam tulisannya, strategi pemasaran adalah program perusahaan secara menyeluruh dalam menentukan target marketnya.

Strategi tersebut dibuat untuk memuaskan konsumennya, dengan menggabungkan komponen produk, harga, promosi dan juga distribusi.

2. Philip Kotler

Tokoh ini sudah tentu tidak asing lagi di dunia marketing. Beliau menjabarkan bahwa strategi dalam pemasaran ialah langkah menetapkan posisi, marketing mix, juga anggaran untuk kegiatan pemasaran itu sendiri.

Semua pola pikir tersebut yang nantinya digunakan sebagai cara mencapai tujuan dari pemasaran.

3. Amstrong dan Kotler

Pengertian dari strategi pemasaran yang berikutnya yaitu dari Amstrong dan Kotler, yang menyebutkan bahwa strategi tersebut merupakan bentuk logika berpikir atas pemasaran.

Artinya, strategi dibuat untuk membentuk nilai dan menghasilkan keuntungan atas relasi yang tercipta dengan konsumen.

Harapannya, dengan begitu akan lebih mudah menciptakan jaringan yang menghubungkan antara konsumen dengan sebuah bisnis atau usaha.

Baik dengan cara konvensional maupun dengan bantuan teknologi terkini.

Elemen Pembentuk Strategi Pemasaran

Ada lima elemen utama dari pemasaran untuk bisa menempatkan sebuah usaha atau bisnis di posisi yang strategis.

Kelima elemen tersebut dikenal dengan 5P pemasaran atau bauran pemasaran.

Kelimanya merupakan komponen yang senantiasa di bawah kontrol pemilik dan juga manajer dari sebuah usaha.

Sebab dari kelimanya mereka bisa membentuk nilai dari usaha mereka, memuaskan konsumen sesuai dengan target market yang ditentukan, serta membuat usaha tersebut berbeda dari para usaha pesaingnya.

Baca juga: Mengulik Lebih Dalam Profesi Digital Marketing dan Kualifikasinya

1. Product

Elemen produk mengarah pada barang ataupun jasa yang ditawarkan oleh pemilik usaha. Hal terpenting dalam sebuah produk ialah fitur keunggulannya, fungsi atau manfaatnya, keinginan juga kebutuhan konsumen yang menjadi target pasar.

Selain itu juga harus didukung dengan komponen penunjang yang mampu menjadi ciri khas atau keunikan tersendiri.

Diantaranya seperti packaging, kualitas dan juga garansi.

2. Price

Elemen yang kedua yaitu harga atau price. Strategi terkait penentuan harga harus mengacu pada posisi bisnis saat itu, juga efek bagi konsumen kamu nantinya.

Saat kamu menjual produk berkualitas tinggi, tentu harga yang harus ditetapkan juga mencerminkan kualitasnya.

Namun tetap harus sepadan bagi pelanggan baik dari segi manfaat maupun kualitasnya.

Elemen harga tidak hanya soal harga jual, tetapi termasuk juga cara pembayaran, diskon, ketentuan untuk sistem kredit dan lain sebagainya. Sebab itulah elemen ini juga termasuk dalam strategi pemasaran yang harus diperhatikan.

3. Promotion

Aktivitas promosi menjadi salah satu strategi agar sebuah usaha bisa dikenal oleh pasar.

Baik melalui iklan digital, sponsor ataupun menjalin hubungan langsung dengan konsumen.

Strategi pada elemen ini harus benar-benar berdasar pada fakta di lapangan. Jangan sampai membuat anggaran terlalu besar tetapi tidak sepadan dengan apa yang dihasilkan.

4. Place

Tempat berkaitan dengan proses distribusi produk pada konsumen.

Kamu harus bisa memastikan bahwa pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan produk kamu.

Kamu bisa menggunakan jasa pihak ketiga ataupun gerai online.

Semua strategi digunakan untuk memastikan konsumen bisa memperoleh produk dengan mudah. Selain itu pengiriman dari gudang juga bisa sampai tepat waktu.

5. People

Elemen orang di sini yang dimaksud yaitu tenaga penjualan, staff serta berbagai pihak yang berhubungan dengan bisnis tersebut.

Biasanya segala bentuk strategi yang terkait dengan elemen orang ialah tentang pelayanan konsumen.

Bagaimana menjalin hubungan baik dengan konsumen serta memahami kebutuhan juga keinginan konsumen.

Hal ini berhubungan dengan bagaimana membentuk ikatan serta trust antara konsumen dengan suatu produk atau bisnis.

Baca juga: Ingin Menjadi Seorang Marketer? Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawabnya?

Profesi Menjanjikan di Bidang Pemasaran

Setelah kamu paham mengenal dunia marketing dan juga strategi pemasaran, kamu bisa mulai menentukan profesi yang kamu inginkan.

Di era digital seperti saat ini, peluang kerja di bidang marketing jauh lebih luas dengan beragam klasifikasi.

Kamu bisa menjadi desainer grafis, yang memasarkan produk melalui hasil karya visualnya.

Bisa juga menjadi content writer, yang menerapkan strategi pemasaran melalui tulisan yang dibuatnya.

Ada juga copywriter, yang bertugas membuat tagline dengan maksud persuasif serta melekat di ingatan konsumen.

Untuk pilihan profesi yang lebih konvensional tetapi tidak kalah menjanjikan, ada account executive manager.

Tugasnya lebih kepada customer relationship, tetapi masih berhubungan dengan strategi pemasaran. Posisi ini bisa dibilang cukup baik prospeknya dalam sebuah perusahaan.

Kamu hanya harus mempersiapkan diri untuk memenuhi semua kualifikasi. Setelah merasa cukup berkompeten, kamu tinggal mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat juga kemampuanmu.

Temukan Pekerjaan di Bidang Pemasaran Melalui Ekrutes.id

Ekrutes.id bisa menjadi solusi terbaik bagi kamu yang tengah mencari lowongan pekerjaan.

Ekrutes.id merupakan platform digital talent management, yang dilengkapi fitur psikotes online untuk bisa menganalisa karakter, wawasan juga keahlianmu.

Dengan sistem algoritma yang canggih kamu akan dihubungkan dengan perusahaan penyedia lowongan yang sesuai dengan profilmu.

Agar lowongan lebih sesuai dengan harapanmu, ada juga fitur filter pencarian yang bisa membantumu mencari pekerjaan dengan lokasi juga gaji sesuai keinginan.

Kamu tidak perlu khawatir mengenai kredibilitas perusahaan yang tengah membuka lowongan.

Ekrutes.id juga dilengkapi dengan fitur review perusahaan, sehingga akan menghindarkan dari modus penipuan melalui lowongan.

Ekrutes.id merupakan aplikasi pencarian lowongan pekerjaan cerdas, dengan berbagai fitur menguntungkan. Baik untuk perusahaan yang tengah mencari talent, maupun talent itu sendiri.

Dapatkan pengalaman baru dan terbaik dalam mencari kerja bersama Ekrutes.id. Karir impian bisa kamu dapatkan dengan lebih cepat, mudah, aman dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.