Psikotes Online: Pengertian, Kelebihan, dan Jenis Tes

Bagi para pencari kerja, psikotes merupakan hal yang umum dalam proses rekrutmen dan seleksi karyawan. Fungsi psikotes adalah untuk mengukur aspek karakter dan kepribadian calon karyawan yang akan mempengaruhi kinerja saat di tempat kerja.

Di era perkembangan teknologi saat ini, EKRUTES.ID menciptakan sebuah inovasi berupa psikotes online yang diharapkan dapat mempermudah proses rekrutmen calon karyawan. Psikotes online ini sudah diterapkan oleh banyak perusahaan besar karena dianggap lebih efisien dalam berbagai aspek. 

Apa itu Psikotes Online?

Psikotes online adalah sebuah bentuk uji psikologi yang dilakukan secara daring atau melalui platform internet. Tes ini dirancang untuk menilai berbagai aspek psikologis, seperti kecerdasan, kepribadian, dan faktor lain yang relevan pada calon karyawan. Psikotes online memanfaatkan teknologi untuk memberikan tes dan mengumpulkan data, memungkinkan perusahaan untuk melakukan proses rekrutmen dan seleksi karyawan menjadi lebih efisien.

Calon karyawan akan melakukan tes yang objektif, dengan hasil tes yang dapat membantu recruiter dalam mengambil keputusan yang lebih baik dalam perekrutan dan penempatan pekerjaan. Psikotes online yang ada di EKRUTES.ID memiliki berbagai kelebihan, apa saja itu? Yuk simak kelebihan psikotes online:

Kelebihan Psikotes Online

1. Efisiensi dan aksesibilitas

Salah satu kelebihan utama psikotes online adalah efisiensi. Prosedur pengujian dapat dilakukan secara cepat dan mudah tanpa memerlukan penjadwalan atau pengawasan fisik. Para kandidat dapat mengikuti tes dari lokasi yang mereka pilih, asalkan mereka memiliki koneksi internet.

2. Meminimalisir kecurangan 

Dalam pengujian konvensional, bias dapat muncul melalui interaksi langsung antara penguji dan peserta tes. Dengan psikotes online, interaksi manusia berkurang, yang dapat mengurangi kemungkinan curang

3. Penilaian yang real time 

Hasil psikotes akan langsung terlihat apabila kandidat selesai mengerjakan psikotes. Hasil yang real time ini memudahkan recruiter dalam menyeleksi calon kandidat, karena tidak memakan waktu yang lama. 

Jenis-Jenis Tes Psikologi dalam Psikotes Online

Terdapat beragam jenis tes psikologi yang digunakan dalam psikotes online. Beberapa di antaranya meliputi:

1. Tes IQ WMS (Intelegensi)

Tes ini dilakukan untuk mengukur kemampuan kognitif calon karyawan, seperti kemampuan berbahasa, matematika, memori, kecepatan dalam memproses atau mempelajari sesuatu dan kemampuan nalar. 

2. Tes Kepribadian

Recruiter juga melakukan tes untuk kepribadian calon karyawannya, karena tes ini dapat mendeskripsikan bagaimana kecenderungan calon karyawan bertingkah laku seperti sifat, sikap, nilai, minat, pandangan, dan identitas diri.

3. Tes Gaya Kerja 

Tes Gaya kerja digunakan dalam proses rekrutmen untuk mengidentifikasi tingkah laku calon karyawan, dalam situasi kerja seperti sifat dalam bekerja, kemampuan dalam bekerja, etos kerja, kepemimpinan, dan relasi sosial.

4. Tes Self Esteem 

Rasa percaya diri seorang kandidat dapat mempengaruhi performa pekerjaan, jadi diperlukan melakukan Tes Self Esteem untuk mengukur tingkat rasa percaya diri calon karyawan dan menggambarkan nilai individu terhadap dirinya sendiri secara menyeluruh

5. Tes Kepuasan Diri

Tes Kepuasan Diri digunakan dalam rekrutmen untuk mengukur tingkat kepuasan calon karyawan secara menyeluruh terhadap hidupnya saat ini. 

Dalam psikotes, tidak ada konsep benar atau salah. Psikotes digunakan untuk menilai kesesuaian antara budaya dan nilai-nilai perusahaan dengan karakteristik pribadi calon kandidat. Jika kamu merasa sering tidak berhasil dalam seleksi setelah mengikuti psikotes, itu tidak berarti kamu memiliki kekurangan. Hasil psikotes membantu kedua belah pihak, baik kandidat maupun recruiter, untuk mengidentifikasi kondisi yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Jika kamu merasa masih belum bisa mengenali dirimu, coba yuk lakukan psikotes secara online yang hasilnya dapat langsung kamu lihat. Klik disini untuk memulai psikotes online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *