Persiapkan Ini Sebelum Walk-In Interview

Apakah kamu pernah mengikuti proses rekrutmen yang berbentuk walk-in interview? Apakah kamu sudah tahu persiapan apa saja yang dibutuhkan?

Menurut PeopleHum, walk-in interview merupakan sesi wawancara yang diatur oleh perusahaan untuk merekrut sekelompok kandidat dalam waktu yang singkat. Dalam walk-in interview, kandidat tidak perlu membuat janji untuk wawancara. Perusahaan akan membuka kesempatan untuk wawancara secara langsung kepada kandidat yang melamar kerja.

Baca Juga : Baru Masuk Kerja, Udah WFH?

Secara teknis, proses dalam walk-in interview ini cenderung singkat. Para kandidat hanya perlu mengumpulkan surat lamaran, dan dokumen yang dibutuhkan, kemudian dilanjutkan dengan wawancara kerja. Wawancara dilakukan cukup singkat karena dalam wawancara ini perekrut hanya ingin memastikan apakah pelamar cocok ditempatkan pada posisi yang dilamar. Terkadang dalam proses walk-in interview juga diadakan psikotes online massal.

Nah…sebelum mengikuti walk-in interview ada baiknya kamu melakukan beberapa persiapan berikut;

unsplash.com

1. Lakukan Riset

Pastikan kamu sudah mencari informasi tentang profil dan budaya perusahaan peserta walk-in interview. Selain itu, kamu juga harus memilih dan mencari informasi seputar posisi yang kamu inginkan dan tentunya sesuai dengan kemampuanmu. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kebingungan dan ketidaksiapan kamu saat wawancara berlangsung.

2. Persiapkan Dokumen Pendukung

Tentu saja kamu datang ke lokasi walk-in interview tidak dengan tangan kosong. Bawalah sejumlah dokumen pendukung yang sekiranya dibutuhkan seperti surat lamaran kerja, resume, pas foto, dll. Pastikan dokumen kamu tersusun dengan rapi sehingga dapat langsung diserahkan kepada perekrut untuk diperiksa sembari mereka melakukan wawancara terhadapmu.

3. Latihan Interview

Selain persiapan dokumen dan riset, kamu juga harus membekali kesiapan dirimu sendiri. Cobalah untuk berlatih wawancara sebelum walk-in interview. Latihan wawancara ini dimaksudkan untuk meminimalisir perasaan grogi dan tidak percaya diri. Adapun beberapa hal yang sering ditanyakan saat wawancara kerja;

unsplash.com
a. Ceritakan Tentang Dirimu

Jika ada pertanyaan ini, jawablah dengan jujur dan percaya diri. Kamu bisa memperkenalkan diri seperti nama, usia, dan domisili. Setelah itu, kamu juga dapat memberikan informasi seputar latar belakang pendidikan dan juga pengalaman bekerja kamu.

b. Alasan Kamu Melamar di Perusahaan

Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh perekrut untuk melihat motif kamu dalam melamar kerja. Perekrut ingin mengetahui bahwa kamu melamar kerja untuk serius mengembangkan karir, bukan untuk iseng-iseng. Agar dapat menjawab pertanyaan ini, kamu tentu harus mendapatkan info tentang profil dan budaya perusahaan yang kamu lamar, kemudian sesuaikan dengan posisi yang kamu inginkan.

c. Kenapa Harus Merekrut Kamu

Ketika kamu dapat pertaanyaan ini, jawablah dengan menceritakan kemampuan dan kualitas kamu yang sesuai dengan posisi atau jabatan yang kamu lamar. Sebaiknya kamu juga mengetahui visi dan misi perusahaan sehingga nantinya jawaban yang kamu berikan juga dapat mendukung kemajuan perusahaan.

Kurang lebih seperti itu persiapan yang harus kamu lakukan untuk menghadapi walk-in interview. Intinya lakukan riset, latihan, dan tingkatkan percaya diri. Supaya tidak lupa, kamu bisa mencatat tips yang sudah EKRUTES berikan di buku saku kamu ya!

Untuk mendapatkan informasi seputar lowongan kerja, tips pengembangan diri dan juga psikotes gratis, langsung kunjungi EKRUTES.ID disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *