Pentingnya Memilih Pekerjaan Sesuai Minat

Ketika sudah memasuki usia kerja, sebagian orang terkadang hanya memilih untuk bekerja seadanya. Sementara, sebagian lainnya merasa bahwa bekerja harus sesuai dengan minat atau hobi yang mereka miliki.

Sebenarnya tidak ada peraturannya kamu mau bekerja dimana dan seperti apa, asalkan kamu bertanggung jawab dengan setiap pekerjaan yang kamu jalani. Namun, sebenarnya ketika kamu dapat bekerja sesuai minat ataupun hobi akan banyak hal baik yang bisa kamu dapatkan loh!

Unsplash.com

Berikut hal-hal baik ketika kamu dapat bekerja sesuai minat;

1. Meminimalisir Stress

Tidak menutup kemungkinan, bahwa mengerjakan sesuatu yang tidak kamu sukai dapat menimbulkan stress. Berbagai tuntutan mengerjakan hal yang tidak kamu sukai pasti akan menjadi beban. Alhasil, keadaan ini membuat kamu kehilangan semangat, selalu merasa lelah, bahkan mempengaruhi performa kerja. Nah, saat kamu memilih pekerjaan yang sesuai minat dan hobi, harapannya dapat dapat mengurangi tingkat stress kamu.

Baca Juga : Etika di Dunia Kerja Yang Wajib Kamu Tahu!

2. Merasa Nyaman Dengan Pekerjaan

Melakukan pekerjaan yang menarik perhatianmu, sesuai dengan minat dan hobi pasti akan sangat menyenangkan sehingga menimbulkan perasaan nyaman. Kalau kamu sudah merasa nyaman, nggak ada lagi tuh sebutan “kutu loncat” buat kamu karena selalu berpindah tempat kerja.

Unsplash.com
3. Kesadaran Meningkatkan Kemampuan

Pernah nggak sih kamu sama sekali nggak bisa mikir dan nggak ada ide inovatif saat kamu bekerja? Atau bahkan kamu males untuk mengikuti training yang berkaitan dengan pekerjaan kamu? Bisa jadi ini merupakan ciri-ciri kalau pekerjaan kamu yang sekarang nggak sesuai sama minat kamu. Ketika kamu bekerja sesuai minat dan hobi, secara sukarela, kamu pasti akan senang untuk mempelajari dan mengembangkan pengetahuan yang berkaitan dengan pekerjaan kamu. Keadaan ini akan menimbulkan hal baik dimana kamu cenderung akan lebih produktif sehingga hasil pekerjaan akan lebih baik.

Bagaimana? Apakah kamu menjadi mempertimbangkannya? Pilihan akan pekerjaan dan karir, memang ada di tangan kamu sendiri. Namun, tidak ada salahnya untuk mengetahui dan mencoba ketika kamu bekerja sesuai minat dan hobi. Terpenting dari semua ini adalah kamu harus tetap memiliki rasa bertanggung jawab dan ciptakan kebahagiaan versi dirimu sendiri.

Untuk kamu yang ingin mengetahui potensi dan minat kamu, klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.