PENTINGNYA INTERNSHIP UNTUK MENGAWALI KARIR

Kalian sering nggak sih nemuin postingan lowongan kerja “internship”? atau kalian pernah mendapatkan pertanyaan dari interviewer terkait pengalaman internship kamu? Memang sepenting apa sih pengalaman internship?

Magang atau sering disebut juga internship merupakan kerja jangka pendek yang ditawarkan oleh suatu institusi yang ditujukan untuk pelajar atau mahasiswa tingkat akhir, dan juga fresh graduate. Jangka waktu internship rata-rata pada rentang 3 – 6 bulan. Posisi ini ditawarkan oleh suatu instansi guna memfasilitasi para generasi muda untuk memberikan ide baru yang dapat bermanfaat bagi pengembangan instansi itu sendiri. Sedangkan posisi internship menjadi menarik karena siswa mendapatkan pengalaman bekerja secara langsung disuatu industri dan beberapa sekolah menggunakan program internship sebagai persyaratan kelulusan.

unsplash.com

Dalam internship, idealnya perusahaan memberikan pekerjaan sesuai dengan bidang belajar siswa di sekolah. Namun, beberapa perusahaan terkadang memberikan pekerjaan yang tidak berkaitan dengan bidang siswa di sekolah. Dalam internship yang ingin ditonjolkan dan diberikan oleh instansi lebih kepada pengalaman dinamika di dunia kerja dan memfasilitasi peserta internship untuk memperkaya pengetahuan yang sudah mereka dapatkan di sekolah. Tidak hanya itu saja, berikut beberapa manfaat lainnya;

Baca juga : Perhatikan Ini Sebelum Berkarir Di Dunia Startup!

1. Mendapatkan Mentoring

Sebagai peserta internship, kamu akan mendapatkan supervisi langsung dari atasan kamu. Atasan kamu nantinya merupakan mentor selama kamu internship. Ini adalah kesempatan bagus karena kamu mendapatkan arahan, masukan, dan brainstorming dengan seorang profesional. Ini bisa menjadi bekal kamu ketika sudah masuk ke dunia profesional.

2. Pengaplikasian Di Dunia Kerja

Mungkin selama kamu sekolah belum memiliki bayangan mengenai pengaplikasian dunia kerja. Nah…program internship memberikan fasilitas kamu untuk memahami pengaplikasian ilmu di sekolah. Kamu akan mendapatkan pengalaman baru terkait dengan dinamika di dunia industry, bekerjasama dengan bermacam level jabatan.

unsplash.com
3. Menambah Koneksi

Memiliki pengalaman internship merupakan poin plus bagi pemagang. Tidak hanya mendapatkan pengalaman, tapi kamu juga bisa memperluas koneksi. Saat internship kamu pasti akan mendapatkan tugas untuk menghubungi departemen lain. Sangat memungkinkan juga kamu bisa berdinamika dengan berbagai level jabatan, entah itu dari level staff, supervisor ataupun manager. Hal ini memungkinkan kamu untuk bisa membangun relasi dengan mereka di kemudian hari.

4. Kandidat Calon Pegawai Tetap

Beberapa perusahaan membuka kesempatan program internship untuk kepentingan kemudahan proses rekrutmen. Maksudnya gimana? Yap! Perusahaan tidak perlu repot-repot membuka open recruitment, tetapi perusahaan bisa langsung mendapatkan sources yang sudah jelas dan berkualitas dari para peserta internship. Ini juga bisa menjadi kesempatan kamu sebagai peserta internship untuk memberikan performance sebaik mungkin. Siapa tahu kamu ditawarin untuk jadi pegawai tetap.

5. Melengkapi Pengalaman

Sebagai fresh graduate pasti kamu memerlukan adanya pengalaman yang bisa kamu cantumkan di dalam resume. Saat interview, menjadi poin plus ketika kamu memiliki pengalaman bekerja. Selain pengalaman organisasi, pengalaman internship juga menjadi daya jual yang efektif untuk kamu.

unsplash.com

Menjadi pertanyaan, apakah program industrial ini dilindungi dalam undang-undang? Apakah program industrial bukan sebuah eksploitasi karena mempekerjakan seseorang secara gratis?

Program internship sendiri diatur sesuai kebijakan dari masing-masing perusahaan. Rata-rata perusahaan menyesuaikan beban kerja yang diberikan pada peserta internship. Selain itu, dalam Permenaker No. 6 tahun 2020, Tentang Penyelenggaraan Pemagangan Dalam Negeri telah diatur hak dan kewajiban bagi peserta internship. Undang-undang ini mengatur program internship mandiri yaitu program yang bukan untuk dijadikan sebagai syarat kelulusan. Sehingga kamu tidak perlu kahawatir, karena program internship dijamin memiliki perlindungan secara hukum.

Intinya, jika kamu merasa membutuhkan program internship untuk mendapatkan pengalaman dan meningkatkan pengetahuanmu di dunia profesional, sudah saatnya program internship menjadi pilihanmu.

Jika kamu ingin tanya jawab seputar karir dan ilmu psikologi, bisa bergabung sebagai Talent Ekrutes.id. Yuk, buat akun pengembangan karirmu sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published.