Keuntungan Bekerja Di Tim Kecil

Apa enaknya bekerja di small group (tim kecil)?

Ketika kamu bekerja di tim kecil, mungkin kamu berpikir dampak apa dan manfaat apa yang bisa kamu dapatkan. Kamu pasti akan berpikir ketika berada di tim besar, maka pendelegasian tugas menjadi lebih mudah dan tugas proyek juga dapat dikerjakan lebih ringan.  Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya tim kecil justru bisa membawa keuntungan untukmu?

Baca Juga : Ini Kunci Self-Love Yang Bisa Kamu Lakukan!

Berikut beberapa keuntungan dari sebuah kelompok kecil;

1. Komunikasi Yang Lebih Baik

Keuntungan kamu berada dalam tim kecil adalah komunikasi diantara kalian akan berjalan dengan baik. Tim kecil memudahkan untuk berkolaborasi karena ide atau pendapat dari setiap orang dapat dikelola bersama dan cepat menemukan solusi dari sebuah masalah. Hal ini juga yang membuat tim kecil cenderung dapat meminimalisir kesalahpahaman karena komunikasi terbuka dan berjalan efektif.

2. Memiliki Engagement Yang Tinggi

Melansir Camelo Blog, membangun tim kecil memungkinkan tercipta engagement yang lebih tinggi antar setiap anggota tim. Jumlah anggota tim yang lebih kecil dan berada dari latar belakang yang berbeda membuat antar anggota tim dapat menjadi saling bertukar pikiran, pendapat dan respect.

3. Meningkatnya Produktivitas

Karena tim kecil memungkinkan untuk meningkatkan engagement dan komunikasi yang baik, maka keuntungan yang bisa diambilpun yaitu produktivitas yang meningkat. Hal ini dikarenakan atasan lebih mudah mengatur dan memberikan arahan tugas kepada tim. Selain itu, distribusi informasi maupun materi proyek menjadi lebih mudah diakses oleh seluruh anggota tim.

4. Lingkungan dan Budaya Kerja Yang Nyaman

Ketika kamu berada didalam tim kecil, kamu dan anggota lainnya memungkinkan untuk membuat Susana, budaya dan gaya komunikasi yang nyaman ala kalian sendiri. Hal ini membantumu untuk dapat bekerja dengan nyaman dan meningkatkan kekompakan. Lingkungan dan budaya yang bisa kamu create sendiri memungkinkan kamu dan anggota tim lainnya dapat bebas mengatur schedule meeting, mudah melakukan training, dan tentunya manajemen yang efisien.

5. Mendorong Inovasi dan Transparansi

Karena jumlah anggota tim yang sedikit dalam sebuah diskusi, setiap anggota memiliki waktu untuk menyampaikan ide. Hal ini yang membuat tim kecil dapat menjadi media untuk mendorong inovasi. Selain itu, tim kecil juga mendorong transparansi sehingga membantumu untuk mengetahui progres pekerjaan dengan mudah dan tidak adanya diskriminatif.

Jadi, jangan pandang sebelah mata apabila kamu diberikan kesempatan untuk bergabung di tim kecil. Dengan semua keuntungan itu, kamu justru dapat menggerakkan tim kecilmu menjadi tim yang dapat memberikan dampak besar karena kinerja dan kekompakan kalian.

Informasi seputar lowongan kerja terbaru, tips pengembangan diri dan psikotes online kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.