Ini Yang Harus Kamu Lakukan Setelah Dapat Gaji Pertama!

Kamu barusan dapat kerja? Pasti yang ditunggu gaji pertama kan? Kamu pasti juga sudah membayangkan untuk membeli berbagai macam barang yang kamu inginkan?

Wajar sebenarnya ketika kamu memiliki pikiran tersebut karena rasa lelah dari kerja kerasmu terbayarkan. Tapi, kamu juga perlu punya control diri agar tidak terburu-buru untuk menghabiskan gaji pertama kamu. Perlu kamu ingat untuk mulai membagi gaji kamu ke beberapa pos anggaran agar gajimu tidak hilang tak terasa begitu saja. Yuk simak cara menggunakan gaji pertama secara bijak;

1. Dahulukan Kebutuhan Pokok

Jika kamu bekerja jauh dari rumah atau merantau, pastinya gaji pertamamu adalah untuk mencukupi kebutuhan pokok selama sebulan. Mulailah mencatat kebutuhan pokok yang harus kamu keluarkan selama sebulan seperti biaya kos, listrik, makan, transportasi, dll.

Baca Juga : Sudahkah Kamu Bekerja Sesuai Minat?

2. Berbagi dengan Orang Tua atau Teman

Tidak ada salahnya membagikan euphoria gaji pertamamu kepada orang yang selalu support kamu seperti orang tua, saudara atau sahabat kamu. Bisa kamu mengirimkan sejumlah uang untuk mereka, mentraktir makan malam, atau memberikan sejumlah barang. Berbagi dengan mereka menjadi bukti bahwa kamu telah mencapai titik yang kamu harapkan dan kamu syukuri. Hitung-hitung ini merupakan sedekah untuk orang sekitar ya.

3. Investasi dan Tabungan

Gaji pertama kok malah suruh nabung? Hmm.. lagi-lagi tabungan atau invenstasi sebenarnya sangat berguna sebagai persiapan di masa depan. Apabila kamu bekerja merantau, tabungan atau investasi ini dapat mencegah kamu dari hutang apabila terdapat keperluan mendadak.

4. Self-reward

Kamu sudah bekerja keras, maka kamu juga layak untuk mendapatkan self-reward dari gaji pertama kamu. Ini merupakan bentuk terima kasih karena kamu sudah bekerja dengan baik, maka tidak ada salahnya jika kamu membeli makanan enak, beli baju yang kamu inginkan, atau melakukan hal yang kamu suka.

Setelah kamu mendapatkan gaji pertama, kamu harus mulai membuat rancangan pengeluaran gaji setiap bulan. Hal ini akan membuat kamu mengeluarkan gaji secara bijak dan tentunya mencegah kamu dari penyesalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.