Ini Persiapan Sebelum Cuti Lebaran

Resmi cuti bersama Idul FItri 1443 Hijriah ditetapkan tanggal 29 April dan 4 sampai 6 Mei 2022.

Pemerintah telah memberikan pengumuman resmi terkait dengan cuti bersama. Pasti kamu sebagai karyawan sudah mulai mempersiapkan agenda cuti kamu. Namun, supaya kamu dapat cuti dengan nyaman, sebaiknya kelola cuti lebaran kamu sebelum libur panjang. Berikut tips kelola cuti lebaran;

Baca Juga : Tips Mudah Adaptasi Di Kantor Baru

1. Umumkan Cuti Jauh Hari

Informasikan rencana cuti kamu agar bisa mendapatkan tanggal cuti yang diinginkan. Menginformasikan cuti membantu perusahaan untuk mengelola timeline ataupun deadline kerja kamu sebelum dan sesudah cuti. Dengan begitu, kamu bisa libur dengan tenang karena rencana cuti kamu sudah jelas dan sudah di approve juga oleh perusahaan kamu.

2. Selesaikan Semua Pekerjaan

Sebelum liburan, pastikan semua pekerjaan sudah kamu selesaikan. Buat deadline pekerjaan kamu menjadi H-2 cuti. Hal ini membantu kamu agar tidak membawa pekerjaan saat cuti dan juga ini bisa jadi cara terbaik untuk mendapatkan persetujuan cuti dari atasan. Tentu saja, karena kamu pastinya dinilai bertanggung jawab atas pekerjaan sebelum meninggalkannya untuk liburan.

3. List Rencana Kerja Setelah Cuti

Mungkin terdapat beberapa pekerjaan yang belum selesai saat kamu mengambil cuti, maka berinisiatif lah untuk memasukkan daftar pekerjaan tersebut ke dalam list prioritas untuk diselesaikan setelah cuti. Kamu perlu mempertimbangkan durasi kerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Hal ini menyangkut seberapa prioritas dan timeline kerja kamu ketika kepotong dengan cuti.

4. Informasikan Jadwal Cuti Ke Atasan dan Rekan Kerja

Jangan langsung main kabur aja karena cutimu sudah di approve. Sebelum cuti, informasikan jadwal cutimu ke atasan dan rekan kerjamu. Hal ini peru agar atasan ataupun rekan kerjamu siap dengan ketidakhadiranmu di kantor yang mungkin mereka butuhkan saat itu.

Jika pekerjaanmu berhubungan dengan departemen lain, beri tahu mereka juga yang pekerjaannya bersinggungan denganmu. Hal ini membantumu untuk bisa mendelegasikan tugas ke rekanmu yang tidak cuti apabila memang ada pekerjaan yang mendesak.

5. Batalkan Meeting Pada Tanggal Cuti

Buat kamu si anak meeting, pastikan kamu sudah membatalkan meeting di tanggal – tanggal cuti kamu. Daripada lupa, ada baiknya tulis tanggal cuti di notes laptop/komputer kamu. Sehingga jika terdapat permintaan jadwal meeting ditanggal tersebut, kamu dapat mengajukan izin, atau reschedule. Nah… jika meeting tetap berjalan, ada baiknya jika kamu mendelagasikan tugasmu ke rekan kerja atau titip informasi kesimpulan dan MOM-nya pada peserta meeting lainnya. Oya, pastikan juga bahwa kamu tetap dapat dihubungi selama liburan. Kadang terdapat pekerjaan atau informasi penting yang wajib kamu ketahui saat itu juga.

Walaupun cuti adalah hak karyawan, tapi jangan sampai lalai dengan kewajiban pekerjaan kamu. Selesaikan dan bereskan semua pekerjaanmu agar kamu bisa menikmati cutimu tanpa beban pikiran pekerjaan ya..

Informasi seputar lowongan pekerjaan terbaru, tips pengembangan karir dan psikotes online gratis, kunjungi EKRUTES.ID disini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.